Berbagai Jenis Peternakan di Dunia Maya

Ternyata beternak tidak hanya dapat dilakukan di dunia nyata. Di dunia maya pun ada peternakan yang menjadi bisnis besar. Lalu, apakah jenis peternakan di dunia maya yang menjadi bisnis besar itu?



Kiriman ini mungkin belum mencakup semua jenis peternakan di dunia maya yang ada karena perkembangan di dunia maya sangatlah cepat. Hanya saja, mudah-mudahan informasi peternakan di dunia maya ini dapat sedikit menambah khazanah pengetahuan kita.

Jenis-Jenis Peternakan di Dunia Maya


Peternakan Klik

Peternakan klik ini dilakukan untuk sesuatu yang nilainya didasarkan pada klik atas sesuatu di web. Yang paling umum adalah untuk iklan berbasis klik. Ada penerbit iklan yang ingin pendapatan dari iklan yang ditampilkan di webnya tinggi kemudian beternak klik. Tentu saja, cara seperti itu tidak fair dan apabila ketahuan dapat dikenai sanksi oleh penyedia layanan iklan.

Peternakan Follower

Follower yang banyak di suatu akun twitter merupakan sesuatu yang 'patut dibanggakan' dan menjadi prestise tersendiri untuk seorang tweep. Jangan disangka tweeps biasa yang melakukan itu. Disinyalir, selebriti di Negeri Paman Sam pun ada yang menyewa peternak follower untuk menambah jumlah pengikut di akun twitternya.

Peternakan Koneksi

Jejaring sosial para pekerja profesional semacam LinkedIn ternyata juga menjadi sasaran bisnis peternak koneksi. Seorang pemilik akun LinkedIn akan kelihatan tinggi nilainya apabila memiliki koneksi yang banyak. Pemilik akun LinkedIn yang ingin secara instan memiliki koneksi yang banyak adalah target bagi peternak koneksi untuk ditawari jasa membeli koneksi yang mereka tawarkan.

Peternakan Suka

Peternakan suka atau peternakan like adalah peternakan yang menyasar para pemilik halaman fans di Facebook agar halaman itu memiliki banyak suka atau like. Ternyata, banyak selebriti di Negeri Paman Sam yang membeli like dari peternak like. Di Indonesia pun banyak peternak suka yang menjajakan ternaknya. Silakan dicari apabila Kamu ingin membeli like sejumlah yang Kamu inginkan.

Peternakan Fans Page

Nah, kalau sebelumnya ada peternakan suka, ada juga peternakan fans page. Ada loh facebookers yang punya banyak fanspage dan setiap fanspage itu memiliki banyak like. Kunci membuat fanspage yang akan memiliki banyak like terdapat pada kreativitas dan kejelian untuk memotret apa yang menjadi kesukaan banyak orang. Misalnya saja, ABG saat ini pada suka pada KPOP. Nah, fanspage KPOP bisa menjadi fanspage yang akan panen like.

Peternakan Video

Siapa yang tidak kenal YouTube? Situs video yang sudah dimiliki oleh Google itu merupakan situs video terbesar saat ini. Banyak lembaga maupun individu yang beternak video di Yan asal tahu saja, ternak video di YouTube bisa mendatangkan pundi-pundi uang bahkan ketenaran.

Peternakan Blog/Website

Selain ternak-ternak yang ada di atas, masih ada ternak website atau blog. Tidak sedikit orang yang beternak website dan blog baik untuk hobi maupun mencari uang baik melalui program afiliasi atau penerbitan iklan. Tidak sedikit pula peternak website/blog yang berhasil meraih pendapatan ribuan dolar perbulannya dari peternakan website/blog mereka.

-*-

Nah, kira-kira di atas itu lah jenis-jenis peternakan di dunia maya. Mungkin masih ada jenis peternakan yang lain yang belum tercakup, mohon maaf. Sekarang, silakan diputuskan Kamu akan menjadi peternak untuk jenis peternakan dunia maya yang mana.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

3 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Januari 09, 2014 7:38:00 AM

Ada juga peternakan klik ya di dunia online...
Di tahun 2014 ini sepertinya akan ada lagi jenis-jenis baru alam peternakan di dunia maya mengingat begitu pesatnya perkembangan sosial media dan internet

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Januari 10, 2014 3:36:00 PM

Solanya banyak juga yang mau beli, Mas. Macam follower atau like itu kan ada yang mau beli...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 2:08:00 PM

Nice article! Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan