Apa yang dicari orang di blog setahun ini?

Pelecehan agama yang salah tempat menduduki urutan ke-6
Kang Kombor sebelumnya tidak pernah tertarik untuk menganalisis apa yang dicari dibaca diklik orang di blog Kang Kombor selama setahun terakhir ini. Akan tetapi, karena ada tulisan Blogku masih bayi, Kang Kombor tertarik untuk mencari tahu apa yang sudah diklik oleh orang-orang selama setahun ini di blog Kang Kombor. Berbekal ilmu statistik blog yang diberikan Pak Urip, kang kombor melihat tulisan teratas untuk 365 hari terakhir



Ternyata, LOTS of LINKS FOR EBOOKS menduduki ranking nomor wahid dengan hampir 4800 klik. Jadwal MotoGP 2007 yang akhir-akhir ini banyak diunduh di urutan kedua tetapi hanya mampu membukukan 10% saja dari jumlah klik ke links ebook. Namun, Jadwal MotoGP bisa menjadi 688 kalau digabung antara Jadwal MotoGP 2007 dan Jadwal MotoGP yang menempati urutan keempat.
Info Penerimaan Siswa SMA Taruna Nusantara di tempat ketiga, hanya 4,7% dari links ebook. Jumlah segala hal berhubungan dengan SMA Taruna Nusantara pada 12 urutan paling atas tulisan yang diklik hanya mencapai 445. Nggak sampai 10% dari links ebook (hanya 9,3%).
Pelecehan terhadap agama yang salah tempat menduduki ranking ke-6 dengan 151 klik. Kang Kombor sebenarnya prihatin dengan hal ini tetapi mau menghapus atau menutup komentar kok ya seperti kurang demokratis rasanya.


Statistik Gombal!
Coba bayangkan, pada 100 hari terakhir ada 833 klik ke Info Penerimaan SMA Taruna Nusantara. 200 hari terakhir bukannya nambah malah berkurang menjadi 510 klik. 300 hari terakhir turun lagi menjadi 226, angka yang sama dengan 365 hari terakhir. Ini WordPress yang sentimen sama SMA Taruna Nusantara atau bagaimana ini, Dik Pendi? Kok jumlah klik setahun dengan jumlah klik sebulan banyakan jumlah klik sebulan? Nggak percaya? Silakan pelototi lagi tabel di bawah

 Statistik X hari terakhir
 Jumlah klik Info Penerimaan Siswa SMA TN
 30
 332
 100
 833
 200
 510
 300
 226
 365
 226


Kalau sudah begini, apakah Sampeyan akan percaya pada statistik yang disediakan WordPress?

Komentar

  1. wah survei Kang Kombor membuktikan lemahnya statistik WP, kalo nggak salah Mas kuncoro juga pernah melakukannya juga.

    kang kuncoro pernah bahas ya? Nanti akan saya baca analisis kan kun.co.ro yang pastinya moncer.

    BalasHapus
  2. Nek statistik-ku ra goblok lho kang, makanya aku malih terganggu begitu ngerti ono statistik2kan, itu analisanya berdasarkan rata2 perbulan atau gimana sih kang? klo bisa berkurang click-nya? ra mudheng aku...

    Tidak tahu nih wp. Saya kan ngambilnya harian, 30, 100, 200, 300 dan 365 hari.

    BalasHapus
  3. Makanya gak usah digubris lah kang, tapi kalau gak dikasih tahu ke wp.com mungkin saja mereka gak tahu kalau di Indonesia ada masalah statistik. BTW di luar sana apa yah diam saja atau gak tahu yah?

    Mungkin di luar sana belum ada yang iseng mengutik statistiknya, Pak Guru.

    BalasHapus
  4. emang statistik penting ya kang? sudah lah, gak usah ngintip statistiknya. yang penting nulis dan hati tentrem :P

    Statistik penting, Mbak?, makanya kita punya BPS. Tapi kok WP ikutan BPS ya? Datanya ngga valid.

    BalasHapus
  5. Wah, gak relevan dan signifikan ini Pak Wapres :-)

    Iya Dik Pendi, eh Kang Luthfi.

    BalasHapus
  6. kang ne aku ki melo WP sing penting iso ngobrol tuker pikiran ro konco... statistik ra mudheng :P

    Betul Mbak. Tapi coba siapa tahu Mbak ingin tahu tulisan apa yang paling banyak diklik di xwoman, maka di sanalah statistik diperlukan. Kang Kombor ingin tahu info pendaftaran SMATN banyak dibaca atau tidak. Maka yang ditanya adalah statistik.

    BalasHapus
  7. udah dilaporin blom, kang?

    Belum. Aku masih pingin lihat wp itu ngitung statistiknya bagaimana

    BalasHapus
  8. Iya ya....

    saya sendiri masih cari cara gimana wordpress menghitung statistiknya (berbekal ilmu statistik dari kuliahan dulu), tapi masih belum ketemu.

    mungkin (ini praduga bersalah saya) wordpress memotong statistik berdasarkan hari. jadi misalnya dalam 30 hari maka yang dihitung adalah 30 hari itu saja, kalau 200 hari malah digeneralisasikan ke semua hari sampai sekarang ini. jadi semacam double-standard berdasarkan hari tertentu.

    tapi masih ada yang kelewa nih.... ntar dianalisis lagi, kalo bener-bener "gombal" baru dilaporin ke wordpress :-)

    Wah, tengkyu Fer. Aku tunggu analisis Kamu.

    BalasHapus
  9. Waduh, Kang Kombor kok tlatén sanget nggih?
    Ayo selidiki terus Kang...

    Dalam hal seperti ini ilmu Kang Luthfi sangat kita butuhkan Mas Ceking.

    BalasHapus
  10. Saya beberapa kali nengok statistik malah bingung Kang, soale seperti overlap kalau dibandingkan berdasarkan interval, akhirnya saya abaikan. Karena Kang Kombor mengangkat masalah ini, saya menjadi tertarik lagi. Rasanya perlu feedback ke wp.

    Saya wakilkan kepada Cak Moko untuk memberi umpan balik ke WP.com, Cak.

    BalasHapus
  11. Yang lucu punya saya Kang, ternyata dari keyword yang banyak di masukan di search adalah hal-2 yang berbau pornografi. Itu mungkin pengunjung terjebak dengan salah satu postingan saya yang berjudul "Masturbasi, salahkah?" padahal jelas-2 itu tulisan bukan soal esek-2.

    Hahaha... untung tempat saya nggak ada yang seperti itu, Kang. Justru yang banyak itu Gempa di Padang karena dulu Kang Kombor penah posting gempa tektonik di Padang setelah gempa di Aceh yang menimbulkan tsunami itu.

    BalasHapus
  12. [...] sama kang Kombor, menulis refleksi setahun (gak tahu istilah tepatnya, kang. mohon dikritik) dengan apa yang dicari orang di blog selama setahun? bagaimana kang kombor menyediakan tampilan statistik mbelgedhes blog beliau? Silahkan cek. [...]

    BalasHapus
  13. yaa bolehlah buat nambah nambah ilmu

    BalasHapus
  14. mungkin software nya error karena resesi

    BalasHapus
  15. kok namanya kombor lucu bgt.. ga sekalian kompor ja..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari dulu sudah kombor, kalau ganti kompor harus pakai upacara tradisional...

      Hapus

Posting Komentar