PonselJakarta.Com Suspended

Whoa... Celaka! PonselJakarta.Com ternyata akun hostingnya ditangguhkan oleh penyedia layanan hosting. Paling tidak, hari ini, 13 November 2007, PonselJakarta.Com hanya menampilkan tayangan seperti gambar di bawah:





Mudah-mudahan pengelola PonselJakarta.Com segera mengaktifkan kembali akun hostingnya karena:
  1. Kang Kombor suka buka situs itu untuk melihat-lihat harga HP baru/bekas.
  2. Kang Kombor mau cari nomor telpon KFK Cellular. Ada sedikit masalah jual-beli yang perlu diselesaikan.
Waktu di Google mencari dengan kata kunci KFK Cellular malah nemu tulisan yang meminta hati-hati untuk belanja online melalui KFK Cellular. Wadaw! Kang Kombor sih sudah pernah sampai ke lokasi gerai KFK Cellular di dekat Mal Puri Indah. Memang yang jadi masalah, nomor telepon KFK Cellular yang di 021-70007729 pada minggu lalu selama seminggu telpon dalam posisi tidak aktif. Baru saja ditelpon, nada sambung ada tetapi panggilan tidak diangkat.

Pada bulan puasa lalu Kang Kombor membeli Audiovox 6700 bekas dari KFK Cellular. Karena HTC Apache atau PPC6700 (nama lain Audiovox 6700) itu Kang Kombor nilai cukup OK, Kang Kombor minta dikirim PPC6700 yang baru supaya tambah OK. Singkatnya, Mas Iwan dari KFK kembali bertemu Kang Kombor di kantor. Mas Iwan mengirimkan sebuah unit PPC6700 yang baru untuk mengganti PPC6700 bekas yang telah Kang Kombor beli sebelumnya. Tentu Kang Kombor nambah sedikit uang lagi untuk yang baru ini.

PPC6700 memiliki OS default Windows Mobile 5. Pada PPC6700 lama, WM5 yang ada. Pada PPC6700 yang baru, WM6. Kang Kombor sempat menanyakan kok isinya WM6. Bukankah defaultnya WM5? Tapi okelah, Kang Kombor akan coba. Ternyata, PPC6700 yang baru ini sama sekali tidak handal. Performanya kalah sama PPC6700 bekas yang sebelumnya Kang Kombor beli. Masalah utamanya adalah pada menu SMS, PPC6700 selalu menampilkan sms yang berada pada urutan paling atas tidak peduli sms mana yang Kang Kombor pilih untuk ditampilkan. Yang kedua, PPC6700 itu tidak bisa melakukan penambahan nomor telepon ke dalam kontak yang sudah ada. Padahal, fasilitas untuk itu tersedia pada WM6. Kang Kombor komplain ke KFK Cellular. Langsung ditanggapi. Bagus sekali, Kepada Kang Kombor langsung diberi unit baru sebagai pengganti. PPC6700 ini memang tidak ada garansi resminya. Hanya garansi toko selama 3 bulan atau tergantung kesepakatan. Tentu Kang Kombor senang karena diganti unit. Kang Kombor bilang mudah-mudahan tidak terjadi lagi.

Selama semingguan setelah PPC6700 pengganti dikirim, Kang Kombor tidak mengalami masalah. Akan tetapi, sekitar empat hari sebelum lebaran PPC6700 itu mengalami kejadian serupa seperti PPC6700 baru yang diganti, yaitu selalu menampilkan sms yang berada pada urutan paling atas. Yang lebih parah, ketika PPC6700 direstart, booting WM6 tidak pernah selesai sampai akhirnya PPC6700 mati sendiri kehabisan setrum dari baterai. Kang Kombor hubungi lagi KFK Cellular minta hal itu diperbaiki. Setelah lebaran, kira-kira tanggal 24 Oktober 2007, Mas Iwan datang lagi ke kantor. Saya sampaikan keluhan saya dan saya minta OS-nya diganti ke WM5 sesuai default dari PPC6700. Mas Iwan membawa kembali PPC6700 untuk diperbaiki.

Selama seminggu Kang Kombor menghubungi KFK Cellular untuk minta PPC6700 segera dikirim lagi tetapi sulit untuk menghubungi. Nomor 70007729 tidak diangkat. Nomor Mas Iwan juga tidak diangkat. Awal November sebenarnya Kang Kombor sudah ditelpon oleh Mas Iwan yang menginformasikan kalau PPC6700 sudah selesai diperbaiki. OS sudah diganti ke WM5. Semuanya stabil dan tidak bermasalah. Waktu itu Kang Kombor minta segera diantar ke kantor tetapi barang tidak segera diantar.

Kemarin, Senin (12 November 2007) Mas Iwan ke kantor saya mengirimkan PPC6700. Saya sedang tidak di kantor karena Si Berseri-seri Cahaya Kemuliaan harus kontrol ke dokter. Si Berseri-seri Cahaya Kemuliaan sedang dalam pengobatan kelenjar paru-paru yang membengkak dan harus minum obat selama enam bulan. Kang Kombor sempat bicara dengan Mas Iwan untuk mengkonfirmasi bahwa PPC6700 sudah stabil dan sudah dicoba oleh Mas Adhi (bos Mas Iwan). Mas Iwan bilang iya. Karena saya percaya pada Mas Iwan, saya minta PPC6700 itu untuk dititipkan kepada rekan kerja saya sekantor.

Hari ini PPC6700 Kang Kombor coba. Kang Kombor sisipkan kartu SIM Flexi dan hidupkan PPC6700 tersebut. Weleh... ternyata, menu kontak tidak bisa dibuka sama sekali. Ketika diklik Contacts, PPC6700 hanya ngedip sebentar tetapi tidak sampai membuka menu contacts. Kang Kombor pikir ini karena kontak masih kosong. Kang Kombor sinkronisasi dengan notebook Toshiba milik kantor. Sinkronisasi mengidentifikasikan kalau kontak sudah tersinkronisasi. Kang Kombor coba lagi klik Contacts. Ternyata sama saja. PPC6700 hanya ngedip nggak sampai satu detik ketika menampilkan menu kontak. Kang Kombor tidak tahu apakah kontak dari Outlook sudah tersimpan di sana.

Tidak puas, Kang Kombor buka menu SMS. Kang Kombor coba untuk bikin SMS baru. Kang Kombor klik "To" untuk menampilkan kontak. Tidak ada kontak yang muncul untuk dipilih. Hmm... ini celaka.

Lalu Kang Kombor coba menelpon. Kang Kombor pencet gambar telepon warna hijau. Tidak ada kontak yang bisa dipilih. Secara manual Kang Kombor masukkan angka 70007729. Nomor KFK Cellular! Kang Kombor tekan "Talk" untuk melakukan panggilan. Tidak sampai connected, panggilan putus dan layar kembali ke home. Kang Kombor coba telpon dari nomor mentari. Ada nada sambung tetapi tidak diangkat. Sekalian nyoba sms, Kang Kombor kirim sms dari PPC6700 ke nomor 70007729. Pesan terkirim. Notifikasi pesan terkirim diterima oleh PPC6700. Artinya, entah Mas Adhi atau Mas Iwan KFK Cellular seharusnya membaca sms yang Kang Kombor kirim. Kang Kombor sih percaya bahwa KFK Cellular masih akan tetap melayani pelanggannya dengan baik. Ukurannya jelas kok, bahwa PPC6700 yang sudah diperbaiki pun masih bermasalah. Kang Kombor kan bukan orang yang suka mengada-ada. Kalau barang tidak masalah masa harus komplen-komplen.
Kang Kombor coba untuk kirim sms ke istri. Tadi malam badannya demam. Kemarin kami bertiga ke RS untuk kontrol Si Berseri-seri Cahaya Kemuliaan. Eh... malamnya malah ibunya demam. Pagi tadi masih agak panas. Si Berseri-seri Cahaya Kemuliaan ke sekolah bareng Kang Kombor dan pulangnya nitip bareng temannya. SMS terkirim. Karena nomor pengirim belum ada di kontak, nama pengirim tidak ada. Kang Kombor coba masukin nomor itu ke kontak. Kang Kombor klik nomor pengirim sms. Muncul dialog bertuliskan:
This person is not in your contact list. Do you wish to create a new contact for this person?
Yes  No
Kang Kombor pilih Yes. Yang muncul adalah:
Cannot create a contact for this person.
Berdasarkan apa yang dialami PPC6700 seperti Kang Kombor ceritakan di atas, sepertinya menu contacts pada PPC6700 ini tidak berfungsi dengan baik. Kemungkinan penyelesaiaannya adalah Windows Mobile 5 di-install ulang. Hmm... Kang Kombor butuh KFK Cellukar untuk melakukannya karena Kang Kombor tidak memiliki tools dan knowledge untuk melakukannya.
Yang jadi masalah saat ini adalah PonselJakarta.Com yang akun hostingnya ditangguhkan sehingga Kang Kombor tidak bisa mencari nomor lain KFK Cellular selain yang 021-70007729. Soalnya, nomor IM3 Mas Iwan tidak aktif terus. Kata Mas Iwan, dia tidak punya hp lagi, dijual untuk pulang kampung mendadak. Kang Kombor tidak dalam posisi tidak mempercayai Mas Iwan. Lah mau gimana? Kemarin Mas Iwan ujug-ujug nongol di kantor. Biasanya dia sms atau telpon dulu kalau mau ke kantor.

Mudah-mudahan PonselJakarta.Com segera membayar akun hostingnya. Semoga KFK Cellular segera membalas sms Kang Kombor.

Update:
Barusan (13/11/2007 18:00 WIB) sms pengelola PonselJakarta menanyakan mengenai hal tersebut dan apakah hosting belum dibayar. Jawabannya:
bkn blm byr, tp pindah colocation tp sdh aktif. bpk mnggunakan speedy? dari isp lain sudah berubah.
Update 14/11/2007:
Web PonselJakarta.Com sudah bisa dibuka. KFK Cell juga bisa dilihat nomor telponnya tetapi kedua nomor yang ada di sana tidak aktif. Hari ini kirim email ke marketing@ponseljakarta.com minta info nomor telepon KFK Cell yang bisa dihubungi.

Update 16/11/2007:
Mas Iwan dari KFK Cellular datang ke kantor. Problem menu kontak yang tidak bisa dibuka dapat diatasi dengan hard-reset. Akan tetapi, ada masalah lain yang menurut Kang Kombor adalah cacat hardware, yaitu pada saat speaker on/aktif pada saat melakukan percakapan, Audiovox6700 langsung mati ketika tombol volume di samping kanan digeser ke atas untuk memperbesar volume. Mas Iwan pun tidak bisa mengatasi sehingga akhirnya Audiovox6700 itu dibawa olehnya. Praktis sejak membeli Audiovox baru refurbished dari KFK Cellular saya baru memakai sekitar 2 minggu saja.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

10 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, November 13, 2007 8:57:00 PM

Pelajaran berharga, Kang. Banyak hikmah yang bisa dipetik.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, November 14, 2007 12:28:00 AM

makanya aku ampe sekarang susah percaya belanja online kang

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, November 14, 2007 7:48:00 AM

cari langsung aja harga serta barang IT..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, November 14, 2007 10:03:00 AM

Di flash ulang ke WM5 aja kang, dulu pernah baca-baca tutorialnya di forumponsel, tapi lupa threadnya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kang Kombor
Rabu, November 14, 2007 12:31:00 PM

@imcw:
Setuju

@extremusmilitis:
Kalau ponseljakarta sebenarnya bisa dikatakan bukan belanja full online. Tentu ini buat yang di Jakarta ya, karena bisa mendatangi alamat pengiklan. Yang di luar kota mungkin yang jadi seperti belanja lewat katalog.

@cempluk:
Maksude opo kuwi?

@abahapis:
Nah... aku udah minta dikembalikan ke WM5 cumak kayaknya nggak sempurna. Contacts nggak bisa dibuka sama sekali. Ngedip doang kalau menunya diklik.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, November 17, 2007 12:43:00 PM

Wah... saya penggemar 6700 juga tuh kang. Sempet pikir2 mau beli, tapi karena banyak pertimbangan lain malah pilih N6275. Sekarang lagi pikir2 lagi buat ambil 6700, buat tuker tambah sama Avx Thera jadul bin bandel ini. Tapi syerem juga kalo ceritanya demikian.
Audiovox di kita barang refurbish semua ya?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, November 17, 2007 8:34:00 PM

@kurt:
Amin. Minum obatnya baru dua bulan dari enam bulan yang direncanakan.

@dhan:
Aku malah beli 6700 untuk nggantiin 6275 yang nggak bisa buat ngecas batre. 6700 masalah kalau diisi wm6. Kalau mau beli yang second aja. Yang baru hanya refurbish. Htc sendiri kan udah nggak bikin lagi.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, November 27, 2007 3:43:00 PM

[...] Ini sekuel dari PonselJakarta.Com Suspended. [...]

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Desember 27, 2007 4:21:00 PM

[...] ini sebagai lanjutan dari tulisan yang berjudul PonselJakarta.Com supspended dan Jualan HP Via PonselJakarta.Com Kok HP-nya mati terus. Seperti saya ceritakan di tulisan yang [...]

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Oktober 25, 2015 10:10:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan