Breaking News
Loading...
Monday, August 25, 2008

Bikin Duit Dengan RSS Feeds

2:56:00 PM

image

Kang Kombor yakin bloger yang menggunakan layanan manajemen pengumpan (feed) dari FeedBurner sudah tahu bahwa RSS feed dapat dimonetasi alias digunakan untuk menghasilkan uang. Sebagaimana ruang pada halaman wesbite atau blog kita, RSS feed pun bisa disisipi iklan. FeedBurner menawarkan opsi untuk melakukan monetasi pengumpan blog kita melalui FeedBurner Ad Network dan/atau Google AdSense.

image

FeedBurner pada tulisan di blognya tertanggal 30 Mei 2008 sudah menulis mengenai AdSense for feeds. Pada saat itu, iklan untuk pengumpan itu hanya diberikan pada kelompok kecil penerbit (small group of publisher). Untuk mengaktifkan monetasi umpan itu dilakukan melalui panel kontrol Feedburner. Akan tetapi, pada 15 Agustus 2008 yang lalu blog AdSense sudah mengumumkan bahwa pada tab AdSense Setup kita sudah akan muncul opsi AdSense for feeds. Layanan ini sudah dibuka untuk umum. Tentu saja, saat ini Adsense for feeds diintegrasikan dengan Feedburner, yang seperti kita tahu, telah diakuisisi oleh Google sejak lama.

Cara Mengaktifkan AdSense for feeds



Pada AdSense setup, klik AdSense for Feeds. Berikutnya akan muncul halaman untuk mengatur iklan yang akan diterbitkan melalui RSS feeds. Apabila belum ada feeds yang ditambahkan ke dalam akun AdSense, kita akan diminta untuk menambahkannya.

image

Pada gambar di atas kita bisa memindahkan pengumpan-pengumpan kita di feedburner ke Google atau menambahkan feed baru (burn a new feed). Apabila Sampeyan sudah punya pengumpan yang menggunakan layanan Feedburner, sebaiknya dilakukan migrasi saja. Apabila belum, silakan bakar (burn) pengumpan baru. Petunjuk untuk melakukan migrasi pengumpan ke Google dapat dilihat di sini. Sayangnya, saat ini proses migrasi manual sedang dihentikan sementara oleh Google karena banyaknya antrian. Begitu seluruh permintaan migrasi pada gelombang pertama selesai dilayani, Google akan membuka kembali layanan migrasi tersebut.

Tipe Iklan Yang Didukung

AdSense for feeds mendukung tiga jenis iklan standard, yaitu: text/image, text ads only dan image ads only. Sedangkan, posisi penempatan iklan dapat dipilih apakah akan diletakkan di atas item umpan atau di bawah item umpan.

--*--

Blog Sampeyan memiliki penggemar yang banyak yang berlangganan pengumpan Sampeyan? Tidak ada salahnya kalau Sampeyan coba AdSense for feeds. Lumayan buat nambah-nambah sumber pendapatan.

26 comments:

  1. Wah tambah joss aja mas kombor tipsnya, makasih banyak mas..bisa tak cobaknya :D

    ReplyDelete
  2. silakan bakar.. hehe agak susah juga ya kang klo mau diterjemahin semua :)

    ReplyDelete
  3. makin banyak aja ragam bisnis internet..ayo tambah semangat dulu

    ReplyDelete
  4. aku dah ngikut itu dah cukup lama :D
    tapi tetep ajah kalo postingan pake boso wong kitu mbah adsense ndak ngerti hehe

    ReplyDelete
  5. makasih tipnya ya kanG, cuman bahasan ku masih indon ya kitu2 wae, jadi belum support euy mah NGKONG GOGLE

    ReplyDelete
  6. saya pernah mencoba, mas arif, tapi kok ndak muncul kodenya, yak? ada solusi?

    ReplyDelete
  7. saya udah tau sejak lama tapi kayaknya males banget untuk setting itu karena pengumpan blog saya kurang banyak peminatnya nih..

    ReplyDelete
  8. Saya sudah mendengar tentang hal ini beberapa waktu yang lalu namun belum sempat membacanya secara lebih seksama dan baru di blog kang Kombor ini saya sempat memperhatikannya. Terima kasih atas infonya ya Kang.

    ReplyDelete
  9. Ada ide baru, ada peluang baru,
    Semoga bisa membuat ladang subur dan makmur,
    Sip deh infornya.

    ReplyDelete
  10. adsense untuk feed udah liat cuma belum nyobain kang :)

    ReplyDelete
  11. kalo feed yang dikirim via email muncul ga kang adsensenya di email tsb?

    ReplyDelete
  12. Kalau blognya memakai bahasa yang disupport adsense, iklannya muncul.

    ReplyDelete
  13. Wah terima kasih Bang udah dibantu translate, segera coba dimanfaatin... TOP MARKOTOP pokoknya....

    ReplyDelete
  14. Ini sebetulnya kita bicara umpan mengumpani atau bakar bakaran? sebetulnya lebih afdol pakai umpan udang dan mancing kakap di laut, hasilnya baru di bakar-bakar untuk mengumpani teman-teman yang kelaparan... Asli gak nyambung lohhh :D

    ReplyDelete
  15. wah, nambah lagi adsen-adsenan, kapan2 boleh lah dicoba. makasih kang ^^

    ReplyDelete
  16. Ga begitu ngerti sampeyan yang baca ;)

    masih butuh waktu

    ReplyDelete
  17. munculnya iklan seperti apa bos ? bisa di printscreen gak buat kita2 ? terima kasih

    ReplyDelete
  18. wew... jadi nambah ilmu lagi nih.. Mantapz...

    ReplyDelete
  19. pantesan aja kemarin nyoba ga bisa..
    ternyata lagi di tutup to?
    kira2 gelombang 2 kapan ya di buka?

    ReplyDelete
  20. [...] - bookmarked by 3 members originally found by SSBSmashBrosBrawl on 2008-09-13 Bikin Duit Dengan RSS Feeds http://kombor.com/2008/08/25/bikin-duit-dengan-rss-feeds/ - bookmarked by 3 members originally [...]

    ReplyDelete
  21. mantep...sayang account adsense saya udah di banned..gmn solusinya ya supaya jd pub ads lg..bs ga daftar dengan blog baru tp id sama ama yg di banned.Mhn pencerahan..tank's

    ReplyDelete

 
Toggle Footer