Firefox dan Chrome Impoten Menghadapi Facebook Tapi Opera Penuh Tenaga

Maaf, ini pengalaman pribadi Kang Kombor. Mungkin saja Sampeyan tidak mengalami hal yang sama dengan pengalaman ini.

Sebagai makhluk internet (halah… istilah apa lagi), Kang Kombor tidak mau ketinggalan dari yang lain. Saat pada punya Twitter, Kang Kombor ikut bikin. Saat pada punya Jaiku, Kang Kombor ada yang ngundang. Saat pada punya Plurk, Kang Kombor juga diundang. Saat yang lain bikin LinkedIn, Kang Kombor bikin. Saat makhluk internet lain punya Facebook, Kang Kombor pun juga bikin. Lagipula Facebook asyik, nggak seperti FriendSter.

Kang Kombor punya Facebook. Teman Kang Kombor di Facebook lumayan juga, sudah ada 756 sampai hari ini. Bahkan, Kang Kombor juga punya Facebook Page, selain Facebook Profile.

Sebagai pengguna Buku Wajah, Kang Kombor tentu ingin menggunakan fitur yang disediakan. Salah satu yang selalu gagal Kang Kombor lakukan adalah membuat album foto. Kang Kombor menggunakan Firefox sebagai peramban baku di komputer. Nah, si Rubah Api ini ternyata impoten menghadapi Facebook. Setiap kali Kang Kombor mencoba membuat album, selalu saja Firefox diam menggantung (hang). Gagal maning – gagal maning.

Kang Kombor pun mencoba menggunakan Google Chrome yang ringan punya dan setiap tab memiliki proses sendiri sehingga pada saat satu tab menggantung, yang lain tidak terpengaruh. Ternyata sama saja sami mawon. Google Chrome tidak mampu mengeksekusi pembuatan album foto. Google Chrome ternyata sepakat dengan Firefox. Keduanya mogok kerja pada saat diminta mengerjakan album foto di Facebook.

Berkali-kali Kang Kombor mencoba membuat album foto dengan Firefox maupun Chrome. Kang Kombor berpikir bahwa mungkin saja jaringan sedang kurang bagus saat eksekusi gagal. Lain waktu Kang Kombor berpikir bahwa bandwidth internet sedang langka seperti gas elpiji 3 kg atau premium pasca penurunan harga. Pokoknya Kang Kombor tidak berprasangka buruk pada Firefox maupun Chrome. Kegiatan bodoh mengulang-ulang operasi membuat album foto di Facebook dengan Firefox dan Chrome akhirnya Kang Kombor hentikan saat mendengar hasutan anak kantor yang lain, “Pakai Opera saja, Kang. Opera sangat bertenaga menghadapi Facebook.”

Wah, Kang Kombor tidak pernah berpikir bahwa Opera ini sangat poten. Pada saat Firefox dan Chrome impoten, masa iya Opera akan penuh tenaga dan bisa memuaskan hasrat Kang Kombor bikin album foto. Akan tetapi, daripada mengulang-ulang tindakan bodoh tanpa referensi, Kang Kombor ikuti saran teman kantor itu. Itung-itung Kang Kombor bisa mendamprat dia kalau ternyata Opera juga impoten. Terhadap penggunaan Firefox dan Chrome, Kang Kombor tidak bisa mendamprat siapa pun karena tidak ada yang memberi referensi. Terhadap Opera ini kan lain. Ada pemberi rujukannya.

Eh, ternyata Kang Kombor tidak perlu mendamprat siapa pun. Opera memang poten menghadapi Facebook yang seksi nggak terkira-kira itu. Baru melihat wajah Facebook saja Opera sudah berkilat-kilat ingin segera mengelus-elus. Kang Kombor tentu saja tidak gegabah membiarkan Opera seenaknya menggagahi Facebook. Kang Kombor tetap pada rencana semula: hanya membuat album foto.

Ternyata, Saudara-Saudara, setelah judul album foto dibuat, ada java aplet yang harus diluncurkan. Java aplet itu adalah penjelajah (explorer) yang berfungsi seperti Windows Explorer sehingga kita dapat menjelajahi isi cakram keras komputer kita untuk mencari file gambar yang akan diunggah ke album foto. Kang Kombor heran saja mengapa Firefox dan Chrome tidak mampu melaksanakan operasi peluncuran aplet itu dengan baik dan malah nggantung bingung macam orang nganggur nggak tahu apa yang mesti dilakukan selain diam melamun mengkhayalkan hidup mewah bak raja minyak timur tengah yang punya harem 1000.

Akhir cerita, Kang Kombor sudah bisa membuat album foto di Facebook berkat Opera. Opera memang moiii… Eh, tapi sebenarnya Flock juga punya alat unggah (uploader tool) ke Facebook. Juga ke Flickr, Photobucket, dll. Hanya saja, Kang Kombor belum pernah coba. Nanti deh kalau sudah dicoba Kang Kombor ceritakan lagi di sini.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

16 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Desember 18, 2008 1:45:00 PM

dari sekian banyak yg disebutkan diatas saya hanya punya twitter :D dasar katrok gak gaul blas hahaha

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Desember 18, 2008 2:40:00 PM

Saya lebih senang dengan Facebook, jadinya lebih aktif di situ, padahal punya twitter, myspace, friendster juga.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Desember 18, 2008 3:20:00 PM

hidup opera....

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Desember 18, 2008 4:47:00 PM

Aku malah lum nyoba Facebook, masih suka di Friendster, hehehehhehe

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Desember 18, 2008 7:09:00 PM

Sudah dicoba firefox 3.1 Beta 2 belum Kang? Kalau belum coba download di: http://www.mozilla.com/en-US/firefox/all-beta.html. Lebih jossss lho....

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Kamis, Desember 18, 2008 7:27:00 PM

Segera meluncur deh. Kang Kombor masih pakai 3.0.5. Terimakasih infonya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Desember 18, 2008 8:23:00 PM

saya lebih seneng facebook daripada friendster om

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Desember 19, 2008 8:39:00 AM

Wah, dapat tips bagus nih ... makasih kang kombor

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Desember 21, 2008 1:52:00 AM

Walah koq aneh ya..saya memblusukkan poto-poto di facebook pake FF 3.0.4 lancar-lancar wae tuh...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Desember 21, 2008 5:51:00 AM

Sebagai opera user sejati saya ikut bangga... :mrgreen: *halah*

Yak, saya masih menunggu Opera 10 rilis... *baru nyoba versi alpha-nya*

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Desember 21, 2008 1:52:00 PM

Opera emang tob markotob he he

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Desember 23, 2008 10:52:00 AM

Iya kang, saya heran kenapa orang-orang gak pake opera, ya?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Desember 24, 2008 12:20:00 PM

Hidup Opera euy! :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Januari 04, 2009 7:54:00 PM

hidup opera! dulu gw pake ie, trus pake mojila, kadang2 pake safari. trus g tw knp laptop gw error, n browser yg bisa cuma opera. terpaksa pake opera

sekarang malah keenakan pake opera. sekalinya pake mojila kebiasaan shortcut nya opera. wkwkwk

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Januari 07, 2009 12:46:00 PM

Malah ane gak punya babar blas

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 8:41:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan