Breaking News
Loading...
Saturday, June 06, 2009

Alexa Rank Blogger.Com Masih Ungguli Wordpress.com

8:23:00 PM

Wordpress.com terkenal sebagai giant killer alias Si Pembunuh Raksasa. Situs internet penyedia layanan blog berplatform wordpress milik Automattic Inc. itu diyakini memiliki pertumbuhan pengguna yang sangat tinggi. Selain blogger baru, banyak blogger yang semula menggunakan Blogger bermigrasi ke wordpress.com.

Wordpress disukai oleh blogger karena kemudahan pemakaiannya dan kemudahan untuk berinteraksi antara pengunjung dan pemilik blog. Memang, formulir komentar yang sederhana dan memiliki cookie memudahkan pengunjung untuk meninggalkan komentar di sana. Bandingkan dengan formulir komentar Blogger yang memberikan macam-macam pilihan sehingga malah membuat pengunjung setiap kali harus memilih identitas apa yang akan dipakai untuk berkomentar, kecuali apabila pengunjung itu dalam keadaan logged in di Blogger. Ini membuat banyak blogger memilih untuk pindah ke wordpress.com.

Bandingkan dengan zaman baheula di mana untuk memberi komentar di Blogger harus mengklik link post a comment yang berarti pengunjung harus me-refresh kembali halaman blog tersebut atau diberi formulir komentar dalam bentuk pop up. Makin sengsara saja para pengunjung…

Wordpress memiliki pengguna yang tumbuh pesat luar biasa. Blogger baru dipercaya lebih banyak yang menggunakan wordpress.com kecuali blogger baru yang ingin melakukan monetasi blog gratisnya. Dengan demikian Kang Kombor mengira Wordpress.com akan memiliki ranking Alexa yang lebih tinggi dari Blogger. Apalagi, sebagian besar kawan blogger Kang Kombor pun sudah pada menjadi loyalis wordpress.com, termasuk yang dulu menggunakan Blogger.

Akan tetapi, ketika hari ini Kang Kombor ngecek top sites di Alexa, Blogger memiliki posisi lebih tinggi dari Wordpress.com. Ingat ya, hari ini. Bisa saja pada hari-hari mendatang akan berubah posisinya. Hari ini Blogger berada pada urutan ke-8 dan wordpress.com urutan ke-19.

Kang Kombor tidak akan menuliskan daftar itu di sini tetapi untuk jaga-jaga apabila ada yang minta bukti, Kang Kombor sudah cetak scrolling page halaman itu ke dalam file PDF. Buat yang mau, silakan dunduh di Box.Net.

Ternyata Blogger masih lebih banyak diakses oleh orang-orang sedunia daripada wordpress.com.

keterangan: logo alexa dari sini.

1 comments:

 
Toggle Footer