Comparing Yahoo’s New Homepage Design With The Old One

Bisa jadi ini bukan berita baru. Sudah basi malah. Akan tetapi, Kang Kombor baru menjumpainya hari ini. Kang Kombor memang sering membuka homepage Yahoo! untuk mengintip-intip apa yang ada di sana. Salah satu yang Kang Kombor intip adalah Today’s Top Searches yang ada di sana. Bukan untuk nembak keywords melainkan untuk mencari tahu saja apa yang terbanyak dicari oleh orang pada hari ini. Kalau mau nembak keywords, tentu yang dipakai oleh kebanyakan orang sebagai patokan masih tetap Google, bukan Yahoo!.

Saat membuka Yahoo!, pada bagian atas homepagenya ada pesan yang berbunyi: Take a sneak peak at the New Yahoo! Homepage. Try it now.

Kang Kombor adalah makhluk yang memiliki rasa ingin tahu cukup tinggi. Oleh karena itu, Kang Kombor nggak ragu pencet Try it now. Kang Kombor langsung dibawa ke homepage Yahoo! dengan design baru tersebut yang alamatnya ternyata di m.www.yahoo.com.

Sekilas tidak nampak terlalu banyak perbedaan. Akan tetapi, tentu ada perbedaannya. Design baru tentu memberikan sesuatu yang lebih baru daripada design yang lama. Ternyata, apabila kita tunjukkan mouse ke arah setiap menu layanan Yahoo! yang terdapat di sebelah kiri, akan ada preview yang muncul kecuali untuk Games dan Maps.

Yang menarik, kita dapat mengintip aktivitas Facebook kita dari homepage Yahoo!.

Perbedaan lainnya adalah:

Popular Searches

Pada design lama, lema pencarian terbanyak dimasukkan dalam box Today’s Top Searches. Letaknya di bagian kanan bawah dari hompage Yahoo!. Sedangkan, pada design baru, lema pencarian terbanyak itu dimasukkan dalam box Popular Searches yang diletakkan pada bagian kanan atas dari homepage Yahoo!. Menurut Sampeyan, asyik yang mana?

Featured News

Design lama menampilkan featured news di bagian tengah atas dalam sebuah tab beserta beberapa tab untuk Entertainment, Sports dan Life. Pada tab featured, di bawahnya terdapat teaser berita dengan thumbnail images. Di bawah teaser tersebut terdapat text links berupa: More: Featured | Buzz. Sedangkan, pada design yang baru, pada bagian tengah atas homepage Yahoo! tersebut hanya ada Featured tanpa ada tab untuk Entertainment, Sports dan Life. Di bawah teaser featured tidak ada lagi text links More: Featured | Buzz melainkan tanda < dan > yang apabila diklik akan menggulung teaser tersebut ke kanan atau ke kiri sesuai arah panah yang kita klik. Dengan demikian, kita tidak perlu pindah halaman untuk melihat more features seperti yang dimiliki oleh design homepage Yahoo! yang lama.

Check Mail

Design lama menyediakan tempat untuk Sign in pada box kanan atas yang digusur oleh Popular Searches pada design yang baru. Menu pengecekan email tersebut digantikan dengan menu Mail di sidebar kiri yang apabila disorot dengan mouse akan langsung menunjukkan preview mailbox kita apabila kita sudah login ke Yahoo! Apabila belum, maka kita akan menemukan menu untuk login.

Market Place

Homepage Yahoo! lama menyediakan tampilan Market Place di bawah box News, World, Local dan Finance. Market Place ini dihilangkan pada design homepage Yahoo! yang baru.

Yahoo! TV

Box Yahoo! TV pada design homepage lama dihilangkan pada design homepage yang baru. Box tersebut digantikan dengan box untuk Take Your Business Online.

Pulse

Box untuk Yahoo! Pulse yang terdapat pada design homepage lama dihilangkan pada design yang baru. Box tersebut digantikan dengan box untuk Yahoo! Autos.

Footer

Footer pada design homepage lama berupa text links untuk Yahoo! Services yang ada. Untuk design homepage baru, menu-menu tersebut ditampilkan dalam box yang berisi empat bagian berupa: Featured Services, Do Business With Yahoo, Develop For Yahoo, dan About Yahoo. Di bawahnya barulah disediakan perihal copyright di luar box.

-*-

Menurut Kang Kombor, design homepage Yahoo! yang baru memiliki beberapa hal yang baru. Tampak bahwa Yahoo! ingin memberikan kemudahan kepada para penggunanya untuk mengakses beberapa layanan di luar Yahoo! melalui homepage-nya seperti Gmail, Facebook dan MySpace. Dengan demikian, pengunjung akan membelanjakan waktunya lebih lama di homepage Yahoo!

Bagaimana menurut Sampeyan?

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 3:37:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan