Manohara dan Manuhara

Siapa yang nggak tahu Manohara? Kang Kombor yakin Sampeyan semua paling tidak pernah mendengar namanya dari berita atau dari infotainment. Akan tetapi Manuhara, Kang Kombor tidak yakin Sampeyan semua pernah mendengar namanya seperti nama Manohara yang sangat sering menghiasi layar kaca. Apalagi Manohara kini konon akan menjadi bintang sinetron dan kisah hidupnya akan diangkat ke layar lebar.

[+] Kang Kombor ini lama nggak posting. Eh, sekalinya posting aneh-aneh saja.

[=] Ini soal penting. Soal Manuhara.

Manuhara adalah seorang yang pilih tanding. Seorang yang memiliki ilmu sangat tinggi. Manuhara memiliki seorang saudara seperguruan yang juga memiliki ilmu sangat tinggi bernama Samepa. Ilmu kanuragan dan ilmu kadigdayan, bukan ilmu komputer atau ilmu internet.

Manuhara berasal dari Pati. Bersama Samepa dan gerombolannya, Manuhara bermaksud membuat kerusuhan di Mataram. Tujuannya adalah agar Mataram menjadi lemah sehingga Mataram tidak akan pernah menang apabila harus berperang melawan Pati.

Manuhara muncul pertamakali di Mataram untuk membuat kerusuhan pada saat Mataram sedang melaksanakan bermacam-macam pertandingan untuk anak-anak muda. Manuhara dan pengikutnya melepaskan lembu jantan liar yang akan dilawankan dengan anak-anak muda yang sudah mendaftar. Ternyata, ada lima orang anak muda yang mendaftar dan kesemuanya adalan murid Manuhara. Mereka tidak bermaksud mengalahkan lima lembu jantan itu melainkan justru melepaskannya untuk membuat kekisruhan.

Sayang, petualangan Manuhara harus berakhir di tangan Agung Sedayu. Apabila adik seperguruannya, Samepa, terbunuh oleh Agung Sedayu di Tanah Perdikan Menoreh, maka Manuhara terpaksa melepas nyawanya di Tegal Wuru. Ilmunya yang nggegirisi, Guntur Manunggal ternyata tidak mampu melawan kekuatan puncak ilmu Orang Bercambuk.

Manuhara tidak ada di berita televisi atau infotainment. Manuhara hanya dapat ditemui di buku cerita asli nusantara Api di Bukit Menoreh.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 3:37:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan