Bisnis Online Sambilan Cara Dapat Uang Dari Blog

Bisnis Online Sambilan. Ya, bisnis online sambilan. Judul blog ini di title bar peramban Sampeyan saat ini berbunyi Bisnis Online Sambilan. Bukan apa-apa, saat ini Kang Kombor memang sedang menjalankan bisnis online sambilan. Maksudnya, sambil ngeblog sambil bisnis online.

Bisnis Online Sambilan Kang Kombor maksudkan sebagai bisnis sambilan yang dilakukan secara online di internet. Jenis bisnisnya sendiri sama dengan macam-macam bisnis online atau bisnis internet yang lain. Bisa melalui blog monetization, bikin online store, menjadi ads publiser, menulis job review, dan lain-lain. Bedanya adalah bisnis ini dilakukan secara sambilan, bukan menjadi main business yang menjadi main income source atau tulang punggung pendapatan kita.

Bisnis Online Sambilan ini Kang Kombor lakukan sambil ngeblog. Yang Kang Kombor pakai ada dua macam yaitu menjad ads publisher dan jualan text links. Makelar iklan yang Kang Kombor pakai ada dua yaitu adsense dan kliksaya. Sedangkan, makelar text links adalah TLA.

Jujur saja, adsense memang Kang Kombor paksakan pasang di blog ini karena Kang Kombor sulit cari web traffic untuk blog Boso Inggris kelinggis. Ini memang sedikit melanggar ketentuan layanannya tetapi Kang Kombor lihat masih banyak juga yang lain yang juga memasang di blog berbahasa kebanggan bangsa kita ini. Untuk PPC lokal, Kang Kombor menggunakan KlikSaya. PPC lokal yang sedang saya coba di blog lain adalah AdsenseCamp. Namun, karena blog lain itu web traffic-nya masih rendah, belum kelihatan ada hasilnya.

Untuk makelar text links Kang Kombor pakai TLA karena pialang yang satu ini sudah berhasil Kang Kombor daftari. Ada infolinks yang sampai saat ini belum berhasil Kang Kombor daftari. Ada blog Boso Inggris yang pernah didaftarkan tetapi ditolak. Alasannya, isinya tidak sesuai dengan kebijakan makelar text links itu. Entah yang mana yang tidak sesuai, Kang Kombor tidak tahu. Rasa-rasanya sih isinya sama saja dengan blogs yang lain. Dus, oleh karenanya, Kang Kombor masih setia pada TLA. Kang Kombor belum akan mendaftar ke infolinks menggunakan blog ini. Kang Kombor belum meneliti ketentuan layanan TLA apakah boleh atau tidak untuk mengawinkan dua pialang text links di satu blog. Namun, Kang Kombor hanya tidak ingin memadu TLA. Poligami hanya akan bikin pusing saja, menurut Kang Kombor walaupun Kang Kombor tidak anti poligami yang diijinkan Tuhan itu.

Cara Melakukan Bisnis Online Sambilan

Bisnis online sambilan dapat dilakukan di sela-sela waktu yang kita punya. Banyak cara yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis online sambilan. Akan tetapi, Kang Kombor hanya akan menunjukkan cara menjalankan bisnis online sambilan dengan media blog. Sambil ngeblog sambil bisnis online. Adapun cara-cara bisnis online sambilan menggunakan blog itu adalah:

Jadi Penerbit Iklan

Gunakan blog untuk menerbitkan iklan. Ada iklan yang dibayar berdasarkan klik yang dipanen, biasanya disebut PPC. Ada yang dihitung berdasarkan kelipatan 1000 kali tayang, biasa disebut CPM. Ada yang dihitung berdasarkan lama waktu tayang berdasarkan kontrak yang disepakati. Yang terakhir ini Kang Kombor sebut saja direct ads.

Makelar PPC

Makelar CPM

Catatan:

Khusus AdBrite ini dia saat ini menawarkan text ads, inline ads, banner ads, BritePic dan full page ads. Program terbaru adalah CPC, silakan pelajari di websitenya.

Makelar Direct Ads

  • Nggak usah pakai makelar. Yang ada adalah penjual ads space, yaitu Sampeyan sendiri

Jualan Text Links

Jualan text links artinya menyediakan teks yang ada di dalam blog kita untuk dibeli oleh pemasang iklan. Cara ini dapat dilakukan menggunakan makelar text links atau secara langsung tanpa perantara. Masing-masing cara ada keunggulan dan kekurangannya. Menurut Kang Kombor, memakai makelar lebih mudah supaya kita tidak pusing untuk memantau kapan kontrak iklan akan berakhir.

Makelar Text Links

  • Infolinks

Jadi Makelar Melalui Affiliate Program

Siapa bilang kita tidak bisa jadi makelar. Bisa! Bisa banget. Kita bisa menjadi makelar untuk menjualkan produk orang lain melalui blog kita. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memasang iklan produk itu di sidebar atau menuliskan rayuan maut di blog posts ataupun membuat rayuan pemikat melalui landing pages. Untuk jadi makelar ini, kita melakukannya melalui dua cara, bergabung dengan super makelar atau langsung bergabung dengan affiliate program yang disediakan oleh pemilik produk. Tugas kita adalah membantu pemilik produk menjual produknya, baik itu barang maupun jasa. Apabila tidak mau disebut makelar, ya katakanlah diri sendiri sebagai freelance marketer.

Super Makelar

Direct Affiliate

Hanya contoh saja:

Menulis Paid Review

Menulis paid review artinya kita menulis kiriman/blog posts berdasarkan pesanan. Dalam menulis paid review, apabila kita mendapat pesanan job review maka kita harus menulis seperti apa yang diminta oleh pemesan. Yang paling sering diminta oleh pemesan review adalah memberikan text links sebanyak tiga buah dalam satu tulisan. Text links tersebut anchor text dan target URL-nya telah ditentukan. Selebihnya, kita bisa menulis apa-apa yang diminta baik itu menulis tentang hal positif mengenai produk/website atau memberikan full criticism. Pokoknya kita menulis sesuai dengan yang diminta oleh pemesan review atau pemberi job review.

Apabila Sampeyan memiliki kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris yang tinggi, Sampeyan bisa menulis paid review melalui paid review broker internasional. Namun, apabila Sampeyan seperti Kang Kombor, hanya mau menulis dengan Bahasa Indonesia, ada pialang review lokal yang bisa kita pakai.

Untuk bisa mendapatkan job review, kita bisa bergabung kep pialang review atau mengiklankan sendiri secara langsung melalui blog kita. Kita jualan review sendiri. Yang umum sih bergabung ke beberapa pialang review.

Pialang Review Internasional

Pialang Review Lokal

Rekomendasi

Tentunya masih ada cara lain lagi untuk menjalankan bisnis online sambilan. Akan tetapi, empat cara di atas Kang Kombor kira sudah mewakili. Kang Kombor merekomendasikan Sampeyan untuk mencoba keempat cara berbisnis online di atas kecuali apabila Sampeyan ingin bebas menulis seperti Kang Kombor, jadi penerbit iklan atau makelar text links juga sudah cukup. Kang Kombor pernah menyampaikan portfolio pendapatan blog ini yang masih berupa recehan. Akan tetapi, karena namanya sambilan, itu juga sudah cukup. Untuk mendapatkan lebih banyak lagi, Sampeyan harus benar-benar fokus pada bisnis online yang Sampeyan jalani. Sudah banyak kok yang berhasil. Kalau yang lain bisa, Sampeyan pun PASTI BISA!

Rekomendasi bacaan (Ebook Gratis):

Nah, selamat berbisnis sambilan di internet!

Pfff… I am tired enough to write post that long. LOL.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

2 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, September 19, 2009 6:02:00 PM

Great post, keep on
thanks

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 3:23:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan