Bisnis Online Untuk Apa?

Bisnis online untuk apa? Ya, untuk apa bisnis online? Ada enggak sih orang yang iseng mengajukan pertanyaan seperti itu?

Kalau nggak ada, biarlah Kang Kombor yang bertanya sendiri. Bisnis online untuk apa sih? Hehehe… aneh. Kok Kang Kombor bertanya sendiri?

Begini Saudara-saudara. Sebelum pertanyaan itu dijawab, Kang Kombor juga punya pertanyaan, yaitu: bisnis untuk apa sih?

Apabila pertanyaan yang berbunyi bisnis untuk apa sih itu dapat dijawab, tentu pertanyaan tentang bisnis online untuk apa, juga bisa dijawab. Namanya bisnis, ya terserah yang menjalankan. Akan tetapi, tentu antara satu dan lainnya tujuannya sama, yaitu mendapatkan penghasilan atau keuntungan dari bisnis yang dijalankan itu. Mau bisnis offline atau pun bisnis online, yang dicari adalah penghasilan atau keuntungan. Hanya, motif untuk berbisnis online tiu yang mungkin berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Bisnis online, dalam bahasa Indonesia saat ini dapat dikatakan sebagai bisnis daring. Online sudah memiliki padanan dalam Bahasa Indonesia, yaitu daring. Jadi, bisnis online disebut juga bisnis daring. Sedangkan, offline padanannya luring. Bisnis offline disebut juga bisnis luring. Akan tetapi, menulis artikel dengan judul bisnis daring untuk apa tentu akan beda tariknya daripada apabila judul itu dibuat bisnis online untuk apa. Kata online lebih terkenal daripada daring sehingga bisnis online akan lebih terkenal juga daripada bisnis daring.

Terus terang Kang Kombor sedang mencoba agar blog Kang Kombor ini bisa tampil di halaman pertama SERP. Untuk keyword bisnis online, domain kombor.com belum muncul di halaman pertama SERP. Hanya bisnis online sambilan dan bisnis sambilan yang sudah berhasil bertengger di halaman pertama SERP. Mudah-mudahan posisi bisnis online sambilan dan bisnis sambilan tidak berubah, tetap di first page of SERP.

Wah, Kang Kombor jahat sekali, nulis kiriman berjudul bisnis online untuk apa tetapi tujuannya hanyalah untuk mencari posisi di halaman pertama SERP untuk keywords bisnis online!

Eh, maaf Saudara-saudara, walaupun Kang Kombor tidak suka ikutan kontes SEO, akan tetapi, boleh dong apabila Kang Kombor membidik keywords yang Kang Kombor sukai. Siapa tahu, keywords itu banyak dicari orang di search engine daripada keywords yang dikonteskan. Lagipula, Kang Kombor tidak suka ikut kontes SEO karena Kang Kombor tidak jago SEO. Rasa-rasanya Kang Kombor lambat banget memahami SEO sehingga daripada pusing belajar, Kang Kombor nggak mikirin lagi SEO.

Hahaha… bohong banget!

Jadi, bisnis online untuk apa?

Kalau Kang Kombor sendiri, bisnis online untuk sambilan saja. Kang Kombor ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan ngeblog atau berinternet. Daripada kegiatan berinternet digunakan untuk sesuatu yang tidak produktif seperti mencari gambar bugil Vanessa Hudgens, lebih baik untuk mendukung bisnis online kan? Hehehe… nggak pada tahu saja kalau vanessa hudgens leaked photos itu juga oleh banyak orang digunakan untuk berbisnis online. Banyak sekali blogs yang menulis soal itu ketika hal itu menjadi trend di Google.

Nah, karena bisnis online bagi Kang Kombor adalah kegiatan sambilan, Kang Kombor melakukannya ya sambil nyambi. Berbeda dengan mereka yang sudah menjadi full time blogger. Bagi mereka, bisnis online merupakan kegiatan utama. Walaupun, untuk sebagian besar bloggers, melakukan bisnis online bagi mereka itu tidak seperti kerja. Mereka kelihatannya jalan-jalan atau berpesiar. Padahal, sebenarnya mereka itu kerja juga. Misalnya, di mall mereka buka laptop. Atau di hutan mereka buka laptop. Asal masih ada akses internet, mereka bisa bekerja. Nggak butuh kantor khusus atau lokasi tertentu seperti mereka yang bisnis luring. Bahkan, makelar pun kadang perlu kantor. Nggak percaya? Lihat itu makelar property macam RayWhite. Mereka butuh kantor agensi. Padahal, mereka nggak ada bedanya dengan makelar kambing atau makelar sepeda motor yang tidak punya kantor kecuali rumah mereka sendiri.

Nah, terserah apakan Sampeyan mau berbisnis online atau tidak dan terserah Sampeyan melakukan bisnis online untuk apa. Bagi Kang Kombor bisnis online adalah bisnis online sambilan. Kalau bagi Sampeyan?

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 3:18:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan