Negara Pemenang Miss Universe Terbanyak

Kontes kecantikan atau beauty pageant yang bernama Miss Universe dilaksanakan pertama kali pada tahun 1952. Kontes ini didirikan oleh sebuah perusahaan pakaian yang bernama Pacific Mills. Kontes ini kemudian menjadi bagian dari Kayser-Roth dan selanjutnya Gulf and Western Industries. Pada 1996, Donald Trump mengakuisisi kontes kecantikan ini. Saat ini, Miss Universe dikelola oleh Miss Universe Organization.

Pada tahun pertama, 1952, yang menjadi pemenang adalah kontestan dari Finlandia, Armi Kuusela.

image

Sejak itu, pemenang kontes Miss Universe berpindah dari negara ke negara. Miss Universe 1953, Cristiane Martel dari Perancis. Miss Universe 1954, Miriam Stevenson, Amerika Serikat. Miss Universe 1955 Hillevi Rombin dari Swedia, dan seterusnya.

Negara Pemenang Miss Universe Terbanyak

Selama sejarah penyelenggaraan kontes Miss Universe, Amerika Serikat merupakan negara asal kontestan Miss Universe yang paling banyak memenangi kontes tersebut dengan tujuh kali. Venezuela di tempat kedua dengan enam kali. Puertorico di tempat ketiga dengan lima kali dan Swedia di tempat keempat dengan 3 kali kemenangan. Ada sembilan negara yang memenangi kontes ini dua kali, yaitu Jepang, Kanada, Australia, India, Trinidad & Tobago, Thailand, Finlandia, Philipina dan Brasil.

image

Tabel di atas dapat memberikan visualisasi mengenai hal tersebut. (sumber: wikipedia).

Ternyata, ada empat negara di Asia yang pernah memenangi kontes Miss Universe tersebut, yaitu Jepang, India, Thailand dan Philipina. Dua negara Asean pernah memenangi kontes tersebut masing-masing dua kali, yaitu Thailand dan Philipina.

Kontes Miss Universe menilai 3 hal, yaitu swimsuit (bikini), gaun malam (evening gown) dan wawancara (interview). Rujukan keterangan pers Miss Universe 2009. Kostum nasional (national costume) tidak menjadi bahan penilaian. Yayasan Putri Indonesia seharusnya mempertimbangkan hal tersebut. Bagi sebagian kalangan, swimsuit merupakan kendala. Alasan bahwa swimsuit atau bikini dapat diterima asal tidak dipakai di depan umum adalah tidak dapat diterima. Dalam ajang kontes Miss Universe, setiap kontestan Miss Universe melenggak lenggok dengan swimsuit di muka umum. Bahkan, disiarkan secara langsung di televisi. Itu bukan umum lagi, melainkan super umum.

Komentar

Posting Komentar