Tools Praktis Untuk Checking SERP Rank di 6 Search Engine

SERP sangat penting. Itulah yang menjadi tujuan utama para ahli SEO, yaitu agar keywords yang diseokan bisa tampil di ranking pertama SERP. Berbagai teknik SEO dan trik SEO baik yang white hat SEO maupun yang black hat SEO sampai black magic SEO diterapkan. Tujuannya adalah supaya tampil pada urutan teratas halaman 1 SERP.

Checking SERP ranking

Untuk mencek ranking keywords di SEO, kita bisa bolak-balik buka search engine kemudian menuliskan keywords yang kita bidik. Setelah klik search atau enter dan result page muncul, maka kita bisa mencari apakah halaman dari situs web/blog kita muncul. Halaman 1 dicek. Tidak ada, halaman 2 dicek. Tidak ada lagi, halaman 3 dicek. Begitu seterusnya sampai capai sendiri, hehehe… Padahal, apabila halaman kita muncul di ranking pertama pada halaman pertama SERP, tentu kita akan melonjak-lonjak kegirangan walaupun keywords tersebut bukan termasuk keywords yang banyak dicari.

Nggak percaya? Mau bikin Kang Kombor melonjak-lonjak kegirangan? Silakan cari kombor di Google. Insya’ Allah ranking 1 di halaman 1 SERP masih blog ini. Akan tetapi, apakah keyword kombor penting dan sering dicari orang? Kang Kombor percaya bahwa hanya orang-orang kurang kerjaan saja yang mencari kombor di Google.

Cara praktis checking SERP ranking

Nah, daripada capai setiap kali bolak-balik ngetik keywords di Google lalu ngintipin setiap halaman SERP untuk mencari kutu apakah halaman kita sudah terindeks dan apakah nangkring di halaman-halaman SERP atau tidak maka sebaiknya kita menggunakan tools yang praktis dan memudahkan kita. Dengan tools ini, kita bisa melihat ranking SERP domain dan keywords kita di enam search engine utama yaitu Google, Yahoo, MSN, ASK.com, Altavista dan Alexa. Sayangnya, untuk search engine lokal, Google.co.id belum masuk di tools ini.

image

Selain itu, kita dapat mengatur untuk melihat sampai halaman ke-50 pertama SERP. Ada empat pilihan sebenarnya:

  • lima halaman pertama SERP
  • sepuluh halaman pertama SERP
  • duapuluh lima halaman pertama SERP
  • limapuluh halaman pertama SEP

Hehehe… Kang Kombor sih ngecek sampai lima halaman pertama SERP saja. Kalau muncul di halaman 50, buat apa kita nembak keywords? Mending nggak usah membidik kayak sniper, dar der dor aja seperti pemakai senapan otomatis. Masa sih dari seratus tembakan tidak ada yang kena?

Oh ya, tools itu ada di http://www.serprank.com/serp-check.php. Silakan pakai. Selain untuk checking SERP rank, di sana juga tersedia tools untuk checking pagerank dan checking link popularity. Selain itu, ada SEO articles, SEO Tools dan Privacy Policy Generator untuk membuat halaman privacy policy bagi website/blog kita.

Kang Kombor sejak dua mingguan lalu (kalau tidak salah ingat) mengganti judul blog ini menjadi bisnis online sambilan. Karenanya, Kang Kombor mencek apakah blog ini muncul di lima halaman pertama Google dan Yahoo untuk keywords bisnis online sambilan dan bisnis sambilan. Dan… hasilnya adalah…

image image

Nah, silakan ditafsirkan sendiri hasil dari penggantian judul blog ini ke bisnis online sambilan.

Sekarang adalah waktunya Sampeyan ngecek SERP rank keywords dari domain Sampeyan. Nggak usah bolak-balik buka setiap search engine yang ingin kita cek.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 3:18:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan