5 Mitos Bisnis Online Sambilan

image

Bisnis Online sudah bukan barang langka lagi. Hampir semua yang mengenal internet saat ini sudah tahu mengenai bisnis online. Kue keberuntungan mengatakan bahwa pelaku bisnis online akan sukses. Sayangnya, tidak semua pelaku bisnis online sukses. Ada mitos mengenai bisnis online sambilan yang beredar di internet. Mitos yang dapat menyesatkan mereka yang hanya bermodalkan ikut-ikutan.

Mitos #1 – Memulai Bisnis Online Itu Mudah

Ini adalah mitos yang paling terkenal. Sayangnya, hal itu tidak benar. Memulai sebuah bisnis online merupakan pekerjaan yang berat dan menyita waktu. Untuk terjun ke bisnis online, kita harus melakukan riset dan menyiangi opini para “ahli” yang sangat banyak. Selanjutnya, kita akan melangkah ke dalam kegiatan trial and error berkaitan dengan SEO dan bentuk internet marketing yang lain.

Potensi pendapatan bisnis online memang tidak terbatas. Akan tetapi, jangan salah memandang bisnis online sebagai sesuatu yang mudah supaya Anda tidak menyerah ketika menemukan kenyataan bahwa Anda pun harus bekerja keras dalam berbisnis online.

Mitos #2 – Pasar Sudah Sangat Jenuh

Di luar sana memang sangat banyak persaingan. Akan tetapi, potensi pelanggan pun masih sangat banyak. Jutaan pelanggan potensial melakukan internet searching setiap hari. Carilah ceruk pasar (niche market) untuk dilayani. Pasar pada bisnis online tidak selalu jenuh untuk produk yang diperlukan audiens yang sangat luas.

Jangan bersaing dalam pasar “make money online”. Pasar itu tentu sudah kumuh. Carilah ceruk lain untuk dilayani.

Mitos #3 – Bisa Kaya Dalam Sebulan

Jangan percaya pada internet marketer yang menjanjikan matahari, bulan dan jutaan dolar. WWW menawarkan peluang yang sangat banyak. Akan tetapi, bisnis online bukan merupakan sebuah lotre. Mitos bisa kaya dalam sebulan ini merupakan mitos yang paling merusak. Ada banyak pelaku bisnis online yang akhirnya menyerah karena setelah beberapa bulan, ia tidak kunjung mendapatkan hasil seperti yang diharapkannya.

Sangat sulit untuk kaya dalam sebulan.Jangka waktu yang realistis untuk mendapatkan hasil dari sebuah ventura bisnis online adalah enam bulan sampai satu setengah tahun. Pada titik ini, kebanyakan pelaku bisnis online sedang fokus untuk mendorong trafik ke websitenya. Menjadi kaya akan mengikuti apabila pelaku bisnis online memiliki sistem yang baik di websitenya.

Mitos #4 – Jika Aku Buat, Mereka Akan Datang

Kita bicara tentang website, tentu saja. Banyak orang yang berpikir bahwa apabila kita bikin website maka pengunjung akan datang dengan sendirinya. Sayang, kenyataannya tidak seperti itu. Pengunjung tidak datang begitu saja melainkan harus disetir untuk datang. Driving traffik memerlukan banyak kerja. Kita harus mendaftarkan website kita ke banyak search engine dan direktori, membuat iklan di situs-situs iklan baris, membuat artikel di forum, mengirim email dan lain-lain. Bahkan, kita pun harus melakukan off line marketing walaupun yang kita lakukan adalah bisnis online.

Membuat website tidak menjamin bahwa pengunjung dan pembeli akan datang dengan sendirinya. Seperti bisnis konvensional yang membutuhkan advertising, bisnis online juga membutuhkan advertising yang tidak kalah gencarnya.

Mitos #5 – Saya Harus Keluar Dari Pekerjaan Utama

Anda akan kaget untuk mendapati berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga Anda cukup profitable untuk memiliki pendapatan yang hampir sama dengan pendapatan 9 – 5 Anda. Pendapatan 9 jam per hari selama 5 hari seminggu. Belum tentu dalam waktu setengah tahun Anda sudah akan memiliki pendapatan sama dengan gaji Anda saat ini. Oleh karena itu, ada alasan mengapa sebaiknya Anda memulai bisnis online Anda secara sambilan. Kecuali Anda yakin bahwa Anda memiliki cukup tabungan yang dapat mendukung sebagai full time online businessman, mulailah binsis online Anda secara sambilan dan pertahankan pekerjaan Anda saat ini. Secara realistis, Anda membutuhkan tabungan yang dapat menghidupi Anda selama 9 bulan sampai satu tahun hingga Anda mampu hidup dari bisnis online secara penuh.

- * o * -

Nah, jangan lagi termakan mitos. Siapkan diri Anda apabila Anda akan menekuni bisnis online. Saran saya, mulailah secara sambilan dulu.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

8 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 15, 2009 6:43:00 PM

ada yang nawarin 51 m dalam 15 bln,he he koruptor aja gak secepat itu

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 15, 2009 10:16:00 PM

bagaimanapun usaha perlu proses dan waktu untuk bisa menghasilkan..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 15, 2009 11:03:00 PM

memang banyak mitos dalam bisnis online, tapi bila tidak ada mitos-mitos di atas, mungkin saya tidak akan terjun di bisnis online. Jadi mitos-mitos di atas punya manfaat positif bagi saya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, September 16, 2009 9:47:00 AM

info tips yang luar biasa... :) makasih kang kombor... :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, September 16, 2009 10:31:00 AM

bener tuh.. mending jangan dijadiin usaha utama, sampingan aja... kalau udah earning manteb baru pikir2 utk resign dr usaha utama..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, September 16, 2009 2:22:00 PM

Wah benar banget kang..Intinya masih banyak yg berpikir "cepat kaya" hanya punya blog seharga 350 rb/th

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 22, 2009 7:41:00 PM

memang banyak mitos dalam bisnis online, tapi bila tidak ada mitos-mitos di atas, mungkin saya tidak akan terjun di bisnis online. Jadi mitos-mitos di atas punya manfaat positif bagi saya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 2:10:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan