Pengalaman Dengan Flexi Unlimited dan Flexi Time di Jogja

image

Saya saat ini berada di Sleman. Mudik.

Kami berangkat pada Kamis (17/9) siang dari Tangerang, via Jalur Selatan Jawa Barat. Alhamdulillah masih belum macet sehingga pada pukul 00:45 WIB lewat tengah malam kami sudah sampai di Sleman.

Kawan setia saya yang selalu membantu untuk mengisi blog Bisnis Online Sambilan ikut bersama saya. Kasihan apabila ditinggal di Tangerang ia akan sendirian kesepian. Padahal, apabila saya bawa ia akan bisa menampilkan cerita silat Api di Bukit Menoreh atau membantu saya melayari internet untuk searching atau blogwalking. Saat blogwalking itu kadang-kadang kawan saya itu saya ajak menyelam dalam.

Untuk berlayar atau menyelam di internet, saya menggunakan Flexi Unlimited yang di Tangerang tokcer-tokcer saja. Di Sleman, pengalaman ber-Flexi Unlimited tidak seceria di Tangerang. Sinyal Flexi yang tiga bar tidak dapat menunjukkan performa Flexi Unlimited sesuai pengalaman saya di Tangerang. Untuk download, di Tangerang biasanya saya mendapat kecepatan di atas 10 KBps. Di Sleman, ternyata dapatnya kurang dari 1 KBps. Sehingga, download file buku ke-374 Api Di Bukit Menoreh yang hanya 1,4 MB selalu gagal.

Saking lambatnya mendownload, saya ketiduran. Saat bangun, notebook sudah dalam keadaan tidak aktif. Download pun terputus.

Saya tidak putus asa. Saya redial kembali Flexi Unlimited untuk download kembali. Eh… tidak berhasil. Ada error 691. Katanya username dan password saya tidak dikenali dalam domain yang saya dial. Lah… kok bisa? Padahal sebelumnya tidak masalah. Saya coba lebih dari tiga kali tetapi masih gagal juga. Akhirnya, saya kitim STOP ke 2255 untuk menghentikan Flexi Unlimited Mingguan yang saya langgani kemudian kirim REG MINGGUAN ke 2255 kembali. Saya dapat username dan password. Ternyata, password dan username itu sama dengan password yang saya dapat sebelumnya. Nggak pakai mikir, saya pun dial kembali ke Flexi Unlimited. Masih sama, error 691.

Yah… gimana nih Telkom Flexi…

Saya masih tidak putus asa. Dengan handphone yang sama saya dial Flexi Time, akses internet dari Flexi dengan tarif berdasarkan waktu penggunaan (time based). Tarif Flexi Time adalah Rp100,- per menit.

Yang lucu, begitu dial Flexi Time, saya langsung tersambung ke dalam jaringan data Telkom Flexi. Hmm…

Nggak sempat marah karena nggak tahu mau marah sama siapa, saya langsung kembali mendownload kitab 374 Api di Bukit Menoreh. Jangan terkejut Kawan-Kawan, apabila Kalian saya kasih tahu bahwa dua skren shot pada posting ini adalah screen shot saat saya download menggunakan Flexi Time. Yang di atas menggunakan Safari 4 dan yang di bawah ini menggunakan Chrome.

image

Sebenarnya default browser saya dalah Firefox. Akan tetapi, dengan firefox pun saya sudah berkali-kali gagal mendownload file yang hanya 1,4 MB itu. Dengan demikian, Chrome lalu Safari pun harus saya keluarkan untuk menggantikan Firefox yang tidak berhasil menyelesaikan misi mendownload kitab 374 Api di Bukit Menoreh.

Alhamdulillah, saat handphone saya sudah berkali-kali layarnya menyala terang dan memberikan peringatan “BATERAI LEMAH!” dan pada saat yang sama saya menginstal FlashGet, kecepatan download stabil di angka 1,5 KBps. Saya pun berdoa semoga handphone tidak mati sebelum misi download selesai.

Puji Tuhan. Ternyata doa orang yang berpuasa didengar dan dikabulkan Allah. Walaupun puasanya siang tadi tetapi doa saya dikabulkan. Handphone belum mati saat download selesai. Download yang akhirnya berhasil itu terlaksana sekitar pukul 23 WIB. Sedangkan, yang berkali-kali gagal saya mulai dari pukul 20-an (saat download yang kedua saya ketiduran).

--- saya simpan ini sebagai draf dulu, handphone sedang saya cas. saya akan baca kitab 374 api di bukit menoreh dulu. sebelum kirim ini ke blog saya akan restard dulu notebook lalu dial ke flexi unlimited untuk mencoba apakah setelah notebook saya restart masih akan ada eror 691 ---

Pukul 01:18 AM

Setelah restart notebook.

image

Setelah restart handphone sama saja. Masih error 691. Aneh, padahal sebelumnya berhasil dial dengan username dan password yang diberikan oleh sistem Telkom Flexi sendiri. Ya sudah, dengan demikian, kirim saja STOP ke 2255 dan selanjutnya pakai Flexi Time dulu untuk sementara.

Telkom Guys, any comment about that?

Update pukul 03:00

Bisa dial dengan Flexi Unlimited. Kecepatan download juga sudah meningkat. Mungkin orang-orang justru sudah disconnect dari Flexi Unlimited, baik untuk tidur atau sahur.

image

Saya download kitab 375 Api di Bukit Menoreh :)

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

3 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, September 25, 2009 6:38:00 PM

wakakaka.. minta aja ama saya mas.. lengkap sampai 396

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, September 26, 2009 6:36:00 AM

Minta dong, Om Didit. Tega nian udah punya lengkap nggak bagi-bagi.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 2:10:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan