Breaking News
Loading...
Monday, October 18, 2010

KADARKUM

2:15:00 PM

KADARKUM adalah produk orde baru. KADARKUM adalah akronim dari Keluarga Sadar Hukum. Sepengetahuan Kang Kombor, KADARKUM adalah sebuah gerakan untuk membuat setiap Warga Negara Indonesia sadar hukum. Sadar dalam arti memahami hukum sehingga setiap WNI menjadi warga negara yang taat hukum.

Kang Kombor masih ingat, waktu itu kalau tidak salah Kang Kombor masih SMP di kisaran tahun 1987 – 1990, almarhum Bapak menggunakan kaos berkerah yang di bagian belakangnya ada tulisan KADARKUM dan dibawah tulisan KADARKUM itu ada tulisan Keluarga Sadar Hukum. Zaman itu ada penyuluhan mengenai KADARKUM di Balai Desa.

Saat ini semestinya KADARKUM masih dijalankan. Kang Kombor melalukan pencarian di Google menggunakan kata kunci KADARKUM dan menemukan 35.300 hasil pencarian. Salah satunya adalah berita mengenai Sosialisai Kelompok Kadarkum Kelurahan dan Desa Pemerintah Kota Prabumulih. Berita itu bertanggal 24 November 2009, hampir setahun yang lalu. Untuk tahun 2010 ada berita berjudul Kelompok Kadarkum Tunas Harapan Maju ke Tingkat nasional. Di facebook juga ada sebuah halaman bertajuk Kadarkum. Apabila membaca dinding yang ada di sana sepertinya halaman itu ada hubungannya dengan KADARKUM yang sedang Kang Kombor bicarakan ini.

KADARKUM masih sering dilombakan. Ini artinya bahwa warisan Orde Baru yang bagus itu masih dilestarikan. Baguslah, tidak semua produk Orde Baru jelek. Ada yang bagus yang perlu terus dilestarikan seperti KADARKUM, Pos Yandu, PKK, UPGK, KB.

Di bawah ini ada foto mengenai lomba KADARKUM yang diambil dari beritajakarta. Lomba KADARKUM tahun 2009 di Jakarta Utara.

lomba kadarkum

Sudahkah Sampeyan sadar hukum?

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer