Pak Irwan Karamba

Nama panjangnya Kang Kombor tidak tahu. Kang Kombor menyimpan nomor hp Pak Irwan dengan Irwan Karamba. Sebabnya adalah Pak Irwan membudidayakan ikan air tawar dengan karamba jaring apun di "danau" bekas galian pasir di Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang.

Pak Irwan ini lulusan Perikanan sehingga ia ahli dalam budidaya ikan air tawar. Pernah karamba jaring apungnya ditanami ikan patin. Akan tetapi, saat ini Pak Irwan sedang tidak membudidayakan ikan patin melainkan lele dan gurami. Khusus lele, Pak Irwan melakukan pembenihan sekaligus pembesaran. Sekeliling rumahnya penuh dengan kolam terpal untuk pembenihan lele dan kolam gali untuk pembesaran lele dan gurame.

Hari Sabtu (20/11/2010) Kang Kombor dan Andi Sakab berkunjung ke tempat Pak Irwan. Rencananya kami berdua ingin survei lokasi guna kuliah kewirausahaan Bunda Sulis (penulis Bunda Luar Biasa, 101 Ide Bisnis di Rumah Tanpa Kantor untuk Wanita, pemilik waralaba Lucky Crepes dan Ulir Kriuk) kepada KBBC. Eh, ternyata saung di pinggir danau sudah dibongkar oleh Pak Irwan karena sering disalahgunakan orang untuk berkhalwat. Jadinya, Kang Kombor dan Andi Sakab justru memohon kesediaan Pak Irwan untuk membagi ilmu soal budidaya lele kepada anggota KBBC karena ada anggota KBBC yang sangat berminat untuk belajar budidaya lele. Alhamdulillah Pak Irwan tidak keberatan.

Pak Irwan tidak pelit untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan budidaya lele karena permintaan lele sangat jauh lebih besar daripada pasokan yang berhasil disediakan peternak lele. Permintaan yang sangat banyak itu pun selalu meningkat. Rejeki dari lele ibaratnya tidak akan habis walaupun yang membudidayakan lele bertambah banyak. Mantap sekali. Salut untuk Pak Irwan.

Untuk lokasi kuliah kewirausahaan, Andi Sakab akan menyurvey lokasi outbound di komplek Diklat Pemda di Curug. Alternatifnya, bisa di sekolah alam di Mekar Bakti atau di rumah Bunda Sulis sendiri.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

2 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Juni 21, 2013 4:24:00 PM

TOKO ABADY CELL discount 50%
BLACKBERRY LAPTOP DN LAIN2
INFO Hub/SMS 085333333492
Atau kunjungi situs kami
www.abady-cell.blogspot.com

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 11:23:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan