Desa Caturharjo Desaku Yang Kucinta


Desaku Yang Kucinta


Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
dan handai tolanku
Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai

Lagu gubahan L Manik yang sering Kang Kombor nyanyikan di kala kecil dulu sangat meresap di sanubari Kang Kombor. Syairnya sederhana tetapi sangat mengena. Itu pula yang membuat Kang Kombor selalu bercita-cita untuk kembali ke desa. Cita-cita yang sudah Kang Kombor penuhi sejak Senin 27 Juni 2011 pukul 00:45 WIB saat Kang Kombor, Yu Kombor dan Dhenok tiba di Desa Caturharjo.

gapura desa caturharjoDesa Caturharjo adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Caturharjo terhampar di atas dataran seluas 702 hektar yang terdiri dari 20 Pedukuhan dengan 108 RT dan 49 RW. Sembilan belas dari duapuluh pedukuhan yang ada terdapat di sebelah Selatan Jalan Raya Yogya Magelang atau di sebelah kiri jalan yang menghubungkan Kota Yogyakarta dan Kota Magelang, apabila kita berangkat dari Yogyakarta menuju Magelang. Jalan masuk Desa Caturharjo ditandai dengan sebuah gapura yang juga merupakan pintu masuk Pedukuhan Jetis, pedukuhan di mana Kang Kombor tinggal saat ini.


Kang Kombor tidak lahir di Pedukuhan Jetis. Menurut cerita orang tua, Kang Kombor dulu lahir di rumah Mbah Putri di Pedukuhan Bangunsari, Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman pada tahun 1974. Yang Kang Kombor ingat, masa balita dulu Kang Kombor habiskan di Desa Sabrang Rowo di dekat Candi Borobudur di Kabupaten Magelang karena Bapak dulu menjadi pegawai Proyek Pemugaran Candi Borobudur. Keluarga Kang Kombor baru kembali ke Pedukuhan Jetis pada tahun 1979, saat Kang Kombor berusia lima tahun.

peta desa caturharjo

Setelah kembali dari Borobudur ke Sleman, Kang Kombor tinggal sampai pertengahan 1990. Dari 1990 sampai pertengahan 1993 Kang Kombor sekolah di Kabupaten Magelang. Pertengahan 1993 sampai pertengahan 1994 Kang Kombor tinggal di Pedukuhan Jetis lagi kemudian pertengahan 1994 sampai pertengahan 2002 Kang Kombor tinggal di Tangerang. Pertengahan 2002 sampai akhir 2003 Kang Kombor kembali tinggal di Pedukuhan Jetis. Akhir 2003 sampai pertengahan 2011 Kang Kombor tinggal lagi di Kabupaten Tangerang dan mulai akhir Juni 2011 Kang Kombor sekeluarga kembali lagi ke Pedukuhan Jetis. Hahaha, bukan tentara, polisi, atau pegawai Bea Cukai tetapi ternyata dari riwayat itu Kang Kombor memang senang pindah-pindah domisili. Tapi lihatlah, Kang Kombor selalu kembali ke Desa Caturharjo. Itu karena Desa Caturharjo adalah pujaan hati Kang Kombor seperti syair lagu Desaku Yang Kucinta karya L Manik di atas. Mudah-mudahan kali ini Kang Kombor akan menetap di Desa Caturharjo dan tidak pindah lagi ke wilayah lain sesuai niat Kang Kombor. Amin.

Kawan-Kawan KBBC dan TopiBambu, lihat peta di atas maka Kawan-Kawan akan mudah menemukan Kang Kombor apabila ingin main ke Sleman.

Oh ya, Desa Caturharjo juga memiliki website yang dibuat oleh para mahasiswa yang KKN di Desa Caturharjo. Alamatnya di Caturharjo.com. Saat kiriman ini dipublikasikan, website Desa Caturharjo memang belum ditangani dengan baik. Kawan Kang Kombor yang sedang menjabat sebagai Pak Makmur pernah menawari Kang Kombor untuk membantu mengelola website tersebut. Insya' Allah Kang Kombor akan segera membantu mengelola website tersebut agar Desa Caturharjo semakin dikenal luas oleh dunia.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

8 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juli 06, 2011 3:29:00 PM

I am being penalized by Google and I am planning to make a fresh one. But is it worth ?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juli 07, 2011 2:03:00 PM

I think it is up to your purpose.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juli 07, 2011 3:08:00 PM

walahh.. orang jogja jg toh mas :D
saya jg jogja mas.. daerah gedong kuning ehhehe

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Juli 08, 2011 10:36:00 AM

@tomi:
siap, mas. baru per 27/6/11 saya tinggal di caturharjo lagi.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juli 09, 2011 11:15:00 AM

asyik dapet job baru :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Juli 10, 2011 7:25:00 PM

catuHarjo Asri...
hehe

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juli 14, 2011 10:33:00 AM

@Andi Sakab: Job apa, Om?
@briliansyah: Betul... Caturharjo memang asri

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 10:46:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan