Padusan, Pantai Baron Disesaki Pengunjung Menjelang 1 Ramadhan 1432H

Pantai Baron di pesisir Selatan Kabupaten Gunungkidul disesaki pengunjung pada hari Minggu (31 juli 2011). Kang Kombor tidak menanyai pengunjung Pantai Baron mengenai alasan mereka berkunjung ke Pantai Baron pada hari Minggu kemarin tetapi sebagian besar masyarakat Jawa memiliki budaya padusan, sehari sebelum puasa Ramadhan. Kang Kombor menduga, para pengunjung Pantai Baron yang menyesaki Pantai Baron itu sedang melakukan padusan.

Kepadatan pengunjung memasuki areal parkir Pantai Baron
Kang Kombor sendiri ke Pantai Baron untuk mengantar Yu Kombor membeli oleh-oleh ikan yang dijual di Pantai Baron. Sebelumnya, Kang Kombor bersama keluarga dan ponakan berkunjung ke Pantai Sundak.


Tebaran pengunjung Pantai Baron (31/7/2011)

Kami memang berencana untuk pergi ke Pantai Sundak. Bukan untuk padusan, melainkan untuk rekreasi. Sedianya kami akan berangkat hari Sabtu (30/7/2011) tetapi karena adik Kang Kombor akan ikut, keberangkatan ditunda ke hari Minggu (31/7/2011).

Kami berangkat dari Medari pada 08:30 WIB. Dari Medari menuju Wonosari melewati Kebun Binatang Gembira Loka di Kota Yogyakarta. Untuk menuju Pantai Sundak, sesampai di Wonosari, kita tinggal mengikuti arah menuju Pantai Baron karena Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Krakal, Pantai Drini, Pantai Kukup dan Pantai Baron berada di satu garis pantai di pesisir Selatan Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Sundak memiliki pasir putih di tepian daratannya. Di bawah hamparan pasir putih terdapat gugusan karang selebar kira-kira 30 meter - 50 meter sebelum akhirnya bertemu dengan laut lepas. Di gugusan karang, kita dapat menemukan rumput laut, ganggang laut, karang, landak laut, bintang laut dan beberapa biota laut lainnya. Hamparan pasir putih di Pantai Sundak dipisahkan oleh sebuah karang. Pada saat air surut, pengunjung dapat menyeberang ke hamparan pasir yang terputus karang itu melalui bagian bawah karang yang tergerus air laut.

Lokasi Pantai Sundak berada di antara Pantai Indrayanti atau sering disebut dengan Pantai Sundak Timur dan Pantai Krakal. Berikutnya dari Pantai Krakal menuju ke Barat adalah Pantai Drini, Pantai Kukup dan Pantai Baron.

Berikut beberapa pemandangan di Pantai Sundak yang Kang Kombor abadikan melalui kamera yang Kang Kombor bawa, siapa tahu bisa membuat Kawan-Kawan tertarik untuk berkunjung ke Pantai Sundak.


Foto lain Pantai Sundak dan pantai-pantai lainnya di pesisir Selatan DIY dapat dilihat di album Pantai di DIY.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

6 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Agustus 01, 2011 11:52:00 AM

mantep kang liburanya saya kira tadi gambarnya lagi mau kepasar eh liburan kepantai toh heheheh

gimana kabarnya om...?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Agustus 01, 2011 2:18:00 PM

lagit birunyaaaa biruuu banget :3

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Agustus 01, 2011 4:22:00 PM

Awesome place for having a good time..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Agustus 01, 2011 9:10:00 PM

semoga kelar kegiatan ga kotor.. (:

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 10:40:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Juli 25, 2016 6:37:00 PM

Ramadan is the holy month for the muslims. If you are there you have to follow their traditionts very carefully. Look in here essay editing services - edit-ing.services Enjoy your travel!

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan