Kamis, Desember 08, 2011

9 Cara Menjual Lewat Internet

Menjual adalah kegiatan menawarkan produk baik berupa barang atau jasa agar ada yang membeli produk tersebut. Umumnya sih, menjual itu dilakukan di pasar, toko atau dilakukan dengan menjajakan dari rumah ke rumah atau dari pintu ke pintu (door to door). Akan tetapi, sebenarnya menjual dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Nggak percaya? Jamaah pengajian ibu-ibu dapat membawa dagangannya berupa baju muslim untuk dijual pada saat kegiatan pengajian. Peserta arisan yang punya dagangan biasanya juga membawa dagangan mereka ke tempat arisan dan menjual dagangannya di tempat arisan. Bahkan, waktu ngobrol di pos kamling pun orang juga bisa melakukan penjualan. Dus, di mana saja dan kapan saja, kita bisa menjual.

Baiklah. Baiklah. Menjual dapat dilakukan di mana saja. Akan tetapi, kali ini Kang Kombor ingin bercerita mengenai kegiatan menjual lewat internet. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki komoditi yang akan dijual.

[+] : Memang Kang Kombor pernah menjual lewat internet?
[=] : Jangankan menjual, membeli lewat internet pun Kang Kombor pernah
Cara Menjual Lewat Internet

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjual lewat internet. Di antara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan:
  • Website/Blog pribadi
  • Website Iklan Baris
  • Website Profil Perusahaan
  • Website Toko Online Milik Sendiri
  • Website Toko Online Gratis
  • Forum Jual Beli
  • Website Jejaring Sosial
  • Website Microblogging
  • Pesan Email
Mari kita babar satu per satu butir-butir yang ada di atas itu agar makin ruwet jelas bagaimana cara menggunakannya.


#1 Menjual Melalui Website/Blog Pribadi

Apabila kita memiliki website/blog pribadi, kita dapat memanfaatkan website/blog pribadi itu untuk menjual produk yang ingin kita jual. Caranya adalah dengan membuat kiriman yang isinya penawaran produk yang ingin kita jual. Jangan malu untuk menggunakan kata-kata "dijual" pada judul kiriman blog kita karena kita memang bertujuan untuk menjual. Orang yang mencari barang tentu ada yang mencari dengan kata kunci "dijual ...", itulah yang kita manfaatkan untuk menjaring pembeli lewat mesin pencari.

#2 Menjual Melalui Website Iklan Baris

Cara ini serupa dengan menjual melalui iklan baris di media cetak. Hanya saja, iklan penjualan kita kirimkan ke website iklan baris. Di internet banyak sekali website iklan baris gratis yang dapat dipergunakan untuk menjual barang. Silakan dicari sendiri. Eh, tapi, kalau mau mencari blog iklan baris yang sekali kirim akan tampil di 10 blog iklan gratis yang juga memberi fasilitas untuk melampirkan foto, silakan lirik website JasaJual. Iklan penjualan yang dikirim akan bercitarasa kiriman blog. Kita tidak perlu daftar menjadi anggota untuk kirim iklan di sana. Di situe iklan baris yang lain bisa jadi kita harus jadi anggota dulu untuk bisa kirim iklan.

#3 Menjual Melalui Website Profil Perusahaan

Website profil perusahaan? Sudahlah, jangan dibahas mengenai penamaan itu. Kang Kombor membuat penamaan sendiri untuk website seperti itu. Apakah ada banyak? Kalau secara global banyak. Di Indonesia, yang Kang Kombor tahu adalah indonetwork.co.id. Kang Kombor punya kawan yang bertani jamur tiram yang membuat profil perusahaan di indonetwork.co.id dan banyak menerima pesanan jamur tiram dari sana.

#4 Menjual Melalui Website Toko Online Milik Sendiri

Apabila kita ini pedagang yang punya toko atau pedagang yang punya barang tetapi tidak punya toko, tidak ada salahnya membuat sebuah website toko online. Sudah banyak contohnya pedagang yang membuat toko online dan menghasilkan banyak pembelian melalui penjualan yang dilakukan melalui website toko onlinenya itu.

Membuat website toko online juga tidak sesulit yang kita bayangkan. Saat ini sudah banyak perangkat lunak toko online berbasis opensource yang dapat dipergunakan untuk membuat website toko online. Yang diperlukan hanya membeli nama domain dan menyewa webhosting lalu menginstal perangkat lunak toko online dan mengatur penampilan website toko online yang akan dipergunakan untuk menjual. Apabila hal itu memusingkan, bisa juga membuat toko online menggunakan blogspot dengan formulir pemesanan yang dibuat dengan Google Docs. Kang Kombor punya panduan membuat toko online semi otomatis dengan blogspot dan Google Docs, silakan dibaca apabila ingin tahu.

#5 Menjual Melalui Website Toko Online Gratis

Apabila ingin membuka toko online tetapi tidak ingin ribet membeli nama domain, menyewa webhosting dan menginstal perangkat lunak serta mengatur tampilan toko online kita, pergunakan saja penyedia toko online gratis. Sudah banyak penjual yang memanfaatkan website seperti itu. Sebagai contoh, silakan kunjungi Berniaga.com dan Bejubel.com. Atau, bisa juga membuat toko online di Multiply.com. Menggunakan website toko online gratis seperti itu sangat mudah. Kita hanya perlu mendaftar sebagai anggota di situs-situs itu lalu mulai membuat toko online kita sendiri. Nggak pake ribet dan nggak pake pusing.

Hehehe, maaf saja, karena ini bukak kiriman berbayar, Berniaga.com, Bejubel.com dan Multiply tidak saya beri taut. #pelit

#6 Menjual Melalui Forum Jual Beli

Udah deh, nggak usah panjang lebar. Forum Jual Beli yang Kang Kombor maksud adalah forum jual beli di Kaskus. Banyak juragan eh, kaskuser, yang menjadi pedagang lewat forum jual beli milik forum paling besar dan paling terkenal di Indonesia itu. Untuk mulai menjual di sana, kita harus jadi anggota dulu. Silakan buka Google dan ketik "forum jual beli kaskus" untuk sampai ke sana, bikin akun dan mulai menjual. Nggak ada salahnya, Kawan-Kawan juga mencari "panduan jual beli di forum jual beli kaskus" karena menurut penerawangan Kang Kombor banyak yang bikin buku elektronik tentang forum jual beli kaskus itu.

#7 Menjual Melalui Website Jejaring Sosial

Yang Kang Kombor website jejaring sosial adalah facebook. Yang lain lupain saja karena kurang atau belum terkenal. Untuk menjual melalui facebook, bisa melalui profil facebook kita atau melalui halaman facebook. Kalau melalui profil, usahakan kita punya teman yang banyak atau buat profil agar bisa dilihat semua orang tanpa harus menjadi teman. Untuk pedagang sih yang penting dagangan laku, nggak usah terlalu privat-privat banget tetapi sebaiknya kalau mau mengatur profil bisa dilihat semua orang, hal-hal yang tidak penting seperti saudara atau teman dekat tidak usah diisikan. Itu bahaya karena kalau kita isikan keluarga atau teman dekat atau bahkan istri/suami, apabila ada orang berniat jahat, semua data orang-orang yang dekat dengan kita dengan mudah akan dia peroleh.

#8 Menjual Melalui Website Microblogging

Yang Kang Kombor maksud dengan website microblogging di sini adalah website cuap-cuap 140 karakter alias twitter. Jadi, kicauan atau status di twitter pun dapat kiat pergunakan untuk menjual. Bukan hanya itu, kicauan kita pun bisa dibayar orang. Sudah banyak pengicau yang memiliki pengikut segambreng yang kicauannya diselingi kicauan berbayar titipan dari pengiklan. Nah, apabila Kawan-Kawan punya akun twitter dan punya banyak pengikut, tidak ada salahnya bila sekali-sekali menjual barang melalui kicauan Kawan-Kawan. Jangan sering-sering banget agar pengikut tidak dibuat jengkel karena kicauan dagang yang selalu Kawan-Kawan publikasikan.

#9 Menjual Melalui Pesan Email

Namanya menjual, mau pakai brosur, leaflet, stiker atau sarana yang lain ya boleh-boleh saja. Apabila kita punya akun email, menjual melalui pesan surat elektronik pun bisa.

Menjual melalui pesan email dilakukan dengan mebuat pesan email yang berisi promosi produk yang kita tawarkan. Alamat email dapat diperoleh melalui tawaran untuk berlangganan kiriman artikel webiste/blog kita atau, bisa juga melalui pencarian baik menggunakan perangkat lunak maupun manual. Banyak perangkat lunak yang dapat dipergunakan untuk mencari alamat email untuk dikirimi pesan jualan. Jualan melalui pesan email ini dapat dilakukan baik mengirim email kepada penerima secara langsung atau pun melalui mailing list. Yang perlu kita hindari adalah jangan sampai kita melakukan spam. Kalau sampai melalukan spam, bisa-bisa alamat email kita nanti dilaporkan sebagai spammer dan berujung pada diblokirnya alamat email kita oleh banyak penyedia email.

Pengalaman Menjual Lewat Internet

Walaupun orang desa, Kang Kombor punya pengalaman menjual lewat internet baik secara langsung atau pun tidak langsung. Secara langsung, Kang Kombor lakukan waktu Kang Kombor menjual rumah yang di Provinsi Banten sana. Kang Kombor menjual melalui website kawasan yang Kang Kombor buat sendiri tetapi sekarang sudah tidak Kang Kombor pertahankan lagi keberadaannya. Tetangga Kang Kombor tidak ada yang tahu kalau Kang Kombor jual rumah. Justru yang tahu adalah orang-orang yang mencari rumah dijual melalui Google. Alhamdulillah, pembeli rumah Kang Kombor pun adalah orang yang mengetahui informasi penjualan rumah Kang Kombor melalui internet.

Sedangkan, penjualan tidak langsung dialami oleh tetangga Kang Kombor di Citra Raya Tangerang sana yang jualan wedang ronde di Citra Raya Tangerang. Kang Kombor tulis mengenai nikmatnya wedang ronde yang dijual oleh tetangga Kang Kombor itu. Dan ternyata, ada juga pembeli yang datang ke warung wedang rondenya setelah membaca kiriman Kang Kombor tentang wedang rondenya yang nikmat.

Nah, buat kita -- nggak peduli orang desa atau orang kota --, sudah saatnya keajaiban dunia yang bernama internet dan www ini kita manfaatkan dengan positif untuk mendukung kegiatan kita. Apabila ada orang yang belum melek internet di antara kita, bolehlah kita bantu dengan mengajarinya internet atau membantunya mengiklankan produknya melalui internet karena internet terbukti sudah mampu memberikan kebaikan bagi para penggunanya yang baik.

Related Posts

9 Cara Menjual Lewat Internet
4/ 5
Oleh

27 comments

Kamis, Desember 08, 2011 2:51:00 PM delete

Terimakasih mass...
jadi nambah ilmu saya :D

Reply
avatar
Kamis, Desember 08, 2011 10:05:00 PM delete

Sip sip sip Kangg.....
Nuuwn ngelmuneeee....

Lumayan nambahi makin optimis...

Reply
avatar
Kamis, Desember 08, 2011 10:27:00 PM delete

jujur saja, saya belum pernah berjualan lewat internet. tulisan ini sangat pas utk saya jadikan sbg rujukan. siapa tahu suatu saat saya bisa ikutan jualan lewat internet. matur nuwun share infonya, mas arif.

Reply
avatar
Kamis, Desember 08, 2011 10:45:00 PM delete

bisnis yg sejak lama pingin saya geluti secara pribadi.. namun sepertinya masih banyak kendala :(

Reply
avatar
Jumat, Desember 09, 2011 12:01:00 AM delete

Persada, sama-sama, mas. terimakasih atas kunjungannya.

maztrie, harus selalu optimis. internet membuka peluang tanpa batas. batasnya adalah kemauan dan kemampuan kita sendiri. nanti ditulis soal itu.

sawali tuhusetya, secara tidak langsung sebenarnya pak sawali sudah menjual melalui internet. menjual keahlian dan kepakaran pak sawali melalui blog pak sawali.

majalah masjid kita, internet dapat menunjang segala urusan kita kok, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya.

Reply
avatar
Jumat, Desember 09, 2011 12:22:00 AM delete

hidup wong ndeso mas...ndeso kan mung asal e..ehehehe, sampai saat ini cuma masih di FJB saja...

Reply
avatar
Jumat, Desember 09, 2011 4:11:00 AM delete

Jadi nambah ilmu nih Sob. Trims atas pembelajaran.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Reply
avatar
Jumat, Desember 09, 2011 4:57:00 AM delete

Biasanya cuma beli lewat online,
Ternyata begitu ya cara jualan online.. :)

Reply
avatar
Jumat, Desember 09, 2011 12:24:00 PM delete

wah, kayaknya lumayan kalo dicoba, bisa buat nambah penghasilan

Reply
avatar
Jumat, Desember 09, 2011 12:47:00 PM delete

Siip kang info dan tipsnya. Blog walking sambil baca baca nich. Udah lama tidak berkunjung ke blog kang kombor

Reply
avatar
Jumat, Desember 09, 2011 10:28:00 PM delete

mampir Mas..
belum ada product yang mau disell.

Reply
avatar
Sabtu, Maret 10, 2012 11:56:00 PM delete

jangan hanya beli, kalau bisa jual.

Reply
avatar
Sabtu, Maret 10, 2012 11:57:00 PM delete

mungkin masih ada cara yang lain lagi yang saya belum tahu

Reply
avatar
Minggu, Maret 11, 2012 12:06:00 AM delete

tidak ada salahnya kita mencoba. kalau yang lain bisa, kita semestinya juga bisa.

Reply
avatar
Minggu, Maret 11, 2012 12:14:00 AM delete

makasih mas mukti atas kunjungannya. saya kebangeten banget ya, komentar bulan desember 2011 baru dibalas maret 2012... mohon maaf ya.

Reply
avatar
Selasa, Maret 20, 2012 6:47:00 AM delete

saya ketemu blog kang kombor di blogger benteng...setelah mampir disini wah dapet info cara berjualan lewat internet..suwun yo kang...

Reply
avatar