AdSense untuk Bahasa Indonesia Ada atau Tidak Ada?

Kwartal ke-4 tahun lalu jagad pemburu dolar daring Indonesia sempat gembira dengan adanya kabar AdSense untuk Bahasa Indonesia sudah tersedia. Bahasa Indonesia sudah masuk dalam daftar bahasa-bahasa yang didukung oleh AdSense. Akan tetapi, hal itu tidak berlangsung lama. Dalam beberapa hari saat halaman bahasa-bahasa yang didukung AdSense itu dibuka, Bahasa Indonesia sudah hilang tetapi masih ada Hungarian dan Italian. Beberapa hari ke depannya lagi, ruang kosong itu sudah hilang dan kembali ke keadaan sebelumnya.

Bahasa-bahasa yang didukung AdSense
AdSense untuk Bahasa Indonesia Ada atau Tidak ada?


Kang Kombor sebenarnya bingung juga dengan sikap AdSense dalam hal ini. Kalau tidak ada mengapa ada. Kalau ada mengapa tidak ada?

Kalau tidak ada mengapa ada?

Coba lihat di MetroTVNews, AntaraNews dan portal dalam grup Detik. Di sana ada iklan dari AdSense. Keterangannya pun memakai Bahasa Indonesia: Iklan oleh Google.

Nah, kalau tidak ada, mengapa ada? Bingung kan?

AdSense di AntaraNews.com

Adsense di Detikinet

AdSense di DetikNews

AdSense di MetroTVNews
Kalau ada mengapa tidak ada?

Di atas sudah diperlihatkan iklan AdSense dalam Bahasa Indonesia di beberapa situs berita. Ada kan? Lalu, kalau ada, mengapa dalam bahasa-bahasa yang didukung AdSense tidak ada? Bingung kan?

Google memang membingungkan

Google memang membingungkan kok. Sebagai contoh, Google meminta penerbit iklannya untuk membuat konten yang unik dan berkualitas. Konten yang berisi satu gambar saja walaupun diberi keterangan atau kiriman pendek yang berisi 100 kata bisa dikatakan tidak berkualitas. Akan tetapi, Google menyediakan AdSense for Domains. Come on, Google! Konten apa yang disediakan oleh sebuah domain????

Google tidak suka situs MFA (Made For AdSense) tetapi dengan menyediakan AdSense for Domains itu Google secara tidak langsung merestui MFA. Bingung kan?

AdSense for Domains
Ya sudah nggak usah bingung. Kalau mau pasang AdSense di blog Bahasa Indonesia pasang saja seperti Kang Kombor pasang di blog ini. Sebenarnya Kang Kombor mau cari tahu kalau Kang Kombor pasang akan di-banned oleh Google atau tidak akun AdSense Kang Kombor. Ternyata sejak September 2011 sampau sekarang belum di-banned. Mungkin karena tidak ada penghasilannya, hahaha...

Komentar

  1. Kalau untuk yang situs-situs semisal Detik, MetroTv, VivaNews, Antara dan lain sejenisnya pembicara dari Google pada saat Blgshop Vlog memaparkan (tanpa ditanya) kalau website-website tersebut ada MoU langsung dengan pihak Google.

    Alasannya memang web-web tersebut memiliki trafik tinggi dengan konten yang unik. Dimana trafiknya bisa melampaui blog/website yang berbahasa Inggris (bahasa yang didukung AdSense. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artinya ada atau tidak ada, Om Ocid? Hahaha...

      Ternyata ada dengan MoU. Wah, berarti ada dong. Eh, tapi kok tidak ada ya?

      Ah, Google memang suka menerapkan standard ganda. Bahasa tidak didukung dan menurut TOS dan Program Policy mereka sendiri tidak boleh dilakukan kok malah di-MOU-in sama mereka?

      Hapus
  2. Yo emang lucu kok kang, kemaren pas ikut workshop di fX Plaza ada orang google yang bilang kalau awal tahun ini bakal didukung bahasa Indonesia.

    Ini baru Adsense, belum tentang Paid Review (kemaren baca di seobook.com) yang juga kayak gini kasusnnya, antara didukung dan dibenci. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamtiyono :terus terang workshop kemaren gak greget, yang jelasin cuma basic nya saja, kl itu mah tinggal baca aja dari google info.

      tapi gpp kok kita tunggu kabar baiknya dari si mbah gogle kali ya. ;)

      Hapus
    2. Kamtiyono, Ya, Google memang selalu pakai standard ganda. Nggak konsisten. Perkara ada MoU dengan situs-situs berita itu contohnya. Jelas nggak sesuai TOS dan program policy mereka toh?

      Stupid monkey, ya mari kita tunggu saja. Yuk mari...

      Hapus
    3. @Stupid monkey, betul bro, sangat - sangat mengecewakan, seperti salah satu posting di blog saya, kayaknya lebih cocok buat mereka yang baru kenal internet selama 4 jam, bukan buat saya.

      Hapus
  3. Ya begitulah Google dengan segala kebijakan kontroversialnya, jadi tunggu saja kebijakan selanjutnya dari mereka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebijakan selanjutnya yang tidak kalah kontroversialnya ya, Bro? Hahaha...

      Hapus
  4. google yang membingungkan, google yang menggiurkan ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sedang tidak menggiurkan untuk Kang Kombor, hehehe...

      Hapus
  5. Hihihi..
    Nek ngrasakna polahe google kae sing dho ternak adsense njuk di banned tanpa alasan jelas (nglirik demange juga ahhh) paling ya wis dho nglalu 'bunuh diri' kok Kang...
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aja ngono, aku biyen kurang rong dina nampa kiriman WU ya kena banned jeeee... Sasi Juli 2011...

      Hapus
  6. Bukan cuma situs2 berita itu kok, beberapa situs saya pernah nemu iklan adsense bahasa Indonesia. Makanya heran juga... kok bisa ya? hehehe... *ngarep bisa juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Situs berita itu hanya contoh paling mudah untuk dicari. Situs-situs yang lain milik penerbit AdSense top dari Indonesia yang diberi kesempatan ujicoba AdSense Bahasa Indonesia oleh Google.

      Hapus
    2. hebat juga ya web bahasa indonesia boleh pakai adsense. kita harus bisa MoU dengan google. wakakakka

      Hapus
    3. Widhi, ayo kita MoU yukkk... wakakakak

      Hapus
  7. kalau google adsense gak tersedia buat B.Indo, siapa yang masang iklan adword b.Indo yg muncul di web-web kayak metro dan detik ? bener-bener bingung.. :-/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasang AdWords pakai Bahasa Indonesianya boleh. Nerbitin AdSense di Bahasa Indonesia nggak boleh.
      Itulah ajaibnya Google.

      Hapus
  8. Kalaupun ada dalam bahasa indonesia, kami pengguna blog numpang di wordpress hanya bisa gigit jari... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah, ya berdayakan yang di blogspot dong... asopusitemus...

      Hapus
  9. Iya kang Asop, udah tahu wordpress.com ga bisa pasang Adsense masa maksa pake wordpress terus seumur hidup. Saatnya beralih ke blogspot atau pake domain n hosting sendiri.

    BTW kang, blog ini perasaan ga ada pasang Google Adsense nya kang? Apa kadang muncul kadang enggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang muncul kadang tidak iklannya tergantung AdSense bisa baca kontennya atau tidak.

      Hapus
  10. Kalau mau dapet informasi resmi dari adsense lihat di twitter.com/IDadsense <-- ini twitter resmi dari google adsense untuk indonesia. Adsense sekarang ini belum support bahasa indonesia tapi sebentar lagi akan support dan sekarang masih dalam tahap uji pada beberapa situs indonesia. Mungkin juga ada kaitannya dengan kantor google di indonesia yang segera buka . Soal hal ini sudah saya bahas di blog saya http://mahdi-syahbana.blogspot.com/2012/01/adsense-for-content-segera-tersedia.html Silakan dibaca selangkapnya! *kalau ditulis di comment kepanjangan hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mas Mahdi. Segera meluncur ke TKP.

      Hapus

Posting Komentar