Kapan Pertama Kenal Internet?

rocketmail2Kapan pertama kenal internet? Kang Kombor sendiri kenal internet pertama kali pada 1995. Bulannya apa, Kang Kombor tidak ingat.

Waktu itu Kang Kombor sedang kuliah di sebuah Perguruan Tinggi di Lippo Karawaci (yang nama awalnya adalah Lippo Village). Di perpustakaan kampus ada sebuah komputer yang terhubung dengan internet. Kawan-Kawan Kang Kombor, terutama yang berasal dari Jakarta sudah sering menggunakan komputer berinternet itu untuk memeriksa surat elektronik. Kang Kombor waktu itu hanya melihat saja Kawan-Kawan menggunakan internet. Kang Kombor, jujur saja, waktu itu masik kamso alias kampungan tur ndeso.

Bagaimana tidak kamso? Beberapa waktu sebelumnya, saat perpustakaan belum pindah dari lantai 3 Menara Asia, Kang Kombor bengong melihat komputer yang sudah memakai mouse dan bersistem operasi Windows. Kalau tidak salah waktu itu memakai Windows 95. Lucu apabila mengingat waktu itu. Kang Kombor hanya melihat seorang kawan mahasiswi Jurusan Desain berambut kriwil bernama Ina. Ia kadang bermain minesweeper atau solitaire dan itu pun membuat Kang Kombor terpaku mengamati.

Kang Kombor baru melihat komputer yang pakai mouse di kampus itu. Waktu SMA ada komputer tetapi masih pakai DOS. Perangkat pengolah katanya WordStar (WS) dan spread sheet nya masih pakai Lotus. Di SMA ada pelajaran komputer selama 3 tahun tetapi sampai lulus SMA Kang Kombor tidak pernah tahu caranya melakukan booting komputer menggunakan DOS karena setiap masuk laboratorium, komputer sudah pada menyala. Lah… ini di perguruan tinggi kok melihat komputer ada binatang mirip tikus dan CPU tidak perlu booting pakai disket DOS. “Hmm… mati aku!” begitu kata Kang Kombor dalam hati waktu itu. Makanya, Kang Kombor selama tiga hari hanya mengamati Ina itu bermain komputer di perpustakaan lantai tiga Menara Asia.

Waktu kampus pindah gedung, perpustakaan dibuat di lantai dasar. Di situlah Kang Kombor melihat komputer yang tersambung ke internet. Pada awalnya hanya dua komputer yang tersambung ke internet. Kang Kombor pun, lagi-lagi hanya mengamati kawan-kawan yang pada bermain internet. Nasib jadi orang kampung ya seperti itu, selalu ketinggalan oleh perkembangan teknologi.

Untunglah Kang Kombor memiliki seorang kawan sejurusan bernama Dhito. Dari dialah Kang Kombor mengenal internet lebih lanjut. Waktu itu Dhito sudah bermain-main pembuatan website dengan MS FrontPage. Kang Kombor pun diajari cara membuat surel saat menginap di rumah Dhito. Surel pertama Kang Kombor dulu dibuat di RocketMail. Sudah banyak yang pakai Hotmail tetapi Kang Kombor disarankan untuk membuat yang RocketMail. Alamat surelnya apa, Kang Kombor sudah lupa. Ya, namanya juga setelah buat nggak pernah buka lagi, hahaha…

1995 itulah saat pertama Kang Kombor mengenal internet. Waktu itu, yang banyak dibicarakan orang hanya Yahoo! dan Hotmail. Google masih berupa mesin yang dipakai oleh Yahoo! Tempat membuat website gratis yang banyak dipakai dulu adalah Geocities yang belakangan dibeli Yahoo! kemudian ditutup. Untuk chatting waktu itu pengguna internet masih menggunakan mIRC.

Itulah saat Kang Kombor pertama kenal internet. Kawan-Kawan sendiri kapan pertama kali kenal internet?

Tampilan website RocketMail waktu itu seperti gambar di bawah. Gambar diambil dari WikiPedia.

Rocketmails

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

7 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Januari 25, 2012 12:35:00 AM

Hahaha...
aku kalo keinget pertamakali tau internet ya malah ketawa ngikik jee.. intine gak jauh ama sampean Knagg, Kamso.... malah ketambahan nggunungkluthuk meneh..
:))

eh saiki ya isish ding...
:P

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Januari 25, 2012 10:06:00 AM

ane kenal internet waktu kelas 7 om :) n skrng kelas 10 jadi 3 tahun lalu. pertama diajarin bikin email n facebook sama ayah :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Januari 25, 2012 10:17:00 AM

Aku dulu soal komputer memang benar-benar culun. Kalau ingat ya suka ngikik sendiri...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Januari 25, 2012 10:48:00 AM

Wah, asyik dong. Kelas 7 sudah kenal internet. Aku dulu kelas 7-nya tahun 1987 - 1988. Sepertinya di Indonesia belum masuk ya, internet?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, April 23, 2012 6:14:00 PM

Mau bilang gak ngerti lagi soal booting....
Tapi kok, aku pikir- pikir, komentarku di sini kok banyakan gak mengertinya?? heheheh....
Memangnya komputer jaman dulu pakai apa kalo tdk pakai mouse dan CPU??
Penasaran pingin liat komputer jaman dulu.... Ntar di cari google ^^

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Juni 24, 2012 11:01:00 AM

kenal internet sewaktu belajar dan cari tutorial photoshop ver 5, abis itu malah pake internet buat jualan online hehehehe

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 9:11:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan