Migrasi Website Komunitas Topi Bambu ke Blogger

Yang dibutuhkan dari keberadaan sebuah website/blog adalah keselalutersediaannya di ranah dunia maya alias webiste tersebut harus selalu daring (online). Website Komunitas TopiBambu sudah beberapa kali mengalami kejadian webiste tidak dapat diakses karena beberapa sebab. Yang terakhir adalah kejadian akhir 2011 dan awal 2012 di mana website topibambu.com mengalami luring. Setelah Kang Kombor cek ke webhosting ternyata ruang webhosting untuk topibambu.com itu kosong melompong tidak ada isinya. Pengurus TopiBambu segera berembug dan setuju untuk melakukan migrasi website topibambu.com ke Blogger atau blogspot.

Andi Sakab bertugas membuat sebuah blog di blogspot. Kang Kombor kemudian yang meginstal template untuk topibambu.com yang disamakan dengan caturharjo.com dan memindahkan semua kiriman yang ada di website lama ke lokasi baru. Karena unduhan database rusak dan ekspor file wxr dari wordpress gagal, Kang Kombor terpaksa melakukan salin - rekat semua kiriman yang ada di sana. Lumayan, sebanyak 92 kiriman selama setahun Kang Kombor salin - rekat semua.


Fasilitas Komunitas yang selama di website lama didukung oleh plugin Buddypress tidak dapat dilanjutkan lagi di lokasi yang baru. Karenanya, fasilitas itu dipindahkan ke facebook melalui facebook page Komunitas TopiBambu.

Akibat proses migrasi konten yang dilakukan dengan cara salin - rekat, seluruh komentar yang ada di website lama tidak terbawa. Mohon maaf kepada para anggota dan pengunjung website TopiBambu yang pernah meninggalkan jejak tanggapan di sana selama 2011 yang lalu karena tanggapan Anda semua terpaksa tidak terbawa dalam proses perpindahan ini.

Komunita TopiBambu percaya bahwa konten adalah segalanya sedangkan platform hanyalah pendukung. Oleh karena itu, perpindahan dari sebuah website yang diletakkan di sebuah ruang webhosting berbayar ke ruang webhosting gratis dari Blogger itu diharapkan tidak memiliki pengaruh banyak kepada antusiasme para anggota Komunitas TopiBambu untuk terus menyebarkan informasi yang positif, mencerahkan dan memberdayakan kepada khalayak melalui website Komunitas TopiBambu.

Semoga.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 9:25:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan