Jumat, Januari 13, 2012

Tutorial Membuat Artikel Terkait LinkWithin Hanya Muncul di Halaman Posting Blogspot

Cara Membuat Artikel Terkait Link Within Hanya Muncul di Halaman Posting

Menurut para pakar internet, salah satu cara untuk meningkatkan lama waktu pembaca berada di blog kita dan menurunkan bouncing rate adalah dengan menampilkan artikel terkait di bawah kiriman blog kita. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menampilkan artikel terkait di bawah kiriman blog kita. Salah satu yang paling mudah adalah menggunakan LinkWithin. Tutorial ini akan memandu Anda membuat LinkWithin hanya muncul pada individual posting, dan tidak muncul di homepage blog Blogger/blogspot.

Aksi LinkWithin



Membuat LinkWithin Dari Awal

Bagi pengguna Blogger yang belum memiliki widget artikel terkait dari mana pun dan ingin membuat artikel terkait dari LinkWithin, ikuti langkah-langkah berikut.

#1 Pastikan Anda login ke Blogger

#2 Buka tab baru lalu buka LinkWithin

#3 Isi formulir seperti di bawah lalu klik tombol Get Widget!


#4 Pada halaman baru yang muncul klik link Install Widget


#5 Pilih blog yang akan dipasangi widget


#6 Klik Edit Template


#7 Ganti kode yang ada di sana dengan kode seperti gambar di bawah ini lalu klik Add Widget


Salin kode di bawah agar lebih mudah:

<b:includable id="main"><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><data:content/></b:if></b:includable>

#8 Setelah muncul halaman baru sunting tata letak blog, geret widget LinkWithin ke bawah elemen Posting Blog


#9 Klik tombol Save


#10 Selesai. Silakan lihat blog Anda sudah ada artikel terkait dari LinkWithin


Sudah Ada Instalasi LinkWithin

Jangan panik. Walaupun LinkWithin sudah terpasang, Anda tetap dapat membuat LinkWithin hanya muncul pada halaman kiriman. Silakan ikuti langkah-langkah berikut.

#1 Login ke Blogger dan masuk ke tab Desin (Rancangan)


#2 Klik Edit HTML

#3 Klik Expand Widget Template


#4 Klik Ctrl + F lalu ketik LinkWithin


#5 Temukan bagian seperti gambar di bawah


#6 Ganti bagian yang diblok dengan warna biru pada langkah #5 dengan dengan kode yang diblok biru seperti gambar di bawah

Salin kode di bawah agar lebih mudah:

<b:includable id="main"><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><data:content/></b:if></b:includable>

#7 Simpan Template


#8 Selesai. Silakan lihat perubahannya di blog Anda.

---

Mudah kan? Semoga pengunjung betah berlama-lama di blog Anda.

Related Posts

Tutorial Membuat Artikel Terkait LinkWithin Hanya Muncul di Halaman Posting Blogspot
4/ 5
Oleh

68 comments

Jumat, Januari 13, 2012 5:19:00 PM delete

wah, edisi tutorial. kalo aku sih, entah ya, belum tersentuh kali ya. gak semua tulisanku ada gambarnya siiih.

Reply
avatar
Jumat, Januari 13, 2012 5:55:00 PM delete

HIhihi.....
Mbok nggonaku kae geretke ta Kangg...

Reply
avatar
Jumat, Januari 13, 2012 5:58:00 PM delete

aku suka linkwithin, dari dashboard terlihat statistik dari linkwithin sangat tinggi

kotak komentar bertingkat cara pertamaku dulu, bisa 3 tingkat paling tidak

Reply
avatar
Jumat, Januari 13, 2012 6:42:00 PM delete

hmm .. dulu pernah pake, tapi sekarang udah gak lagi, ;)

Reply
avatar
Jumat, Januari 13, 2012 7:48:00 PM delete

Aku dulu pake kang tapi gak tau tuh kemana. soalnya ngotorin mainpage blogku. terlalu baanyak tumbnail. tp kl di indiviidual posting kyk gini. boleh juga... disimpen dulu.komendl dulu. besok online PC langsung eksekusi :)

Reply
avatar
Jumat, Januari 13, 2012 10:07:00 PM delete

Tidak ada gambarnya juga tidak apa-apa. Ada widget yang menampilkan artikel terkait berupa text link.

Reply
avatar
Jumat, Januari 13, 2012 10:09:00 PM delete

Tujuannya memang seperti itu, Bos. Meningkatkan lama waktu berada di blog kita, meningkatkan pageviews dan menurunkan bounce rate.

Reply
avatar
Jumat, Januari 13, 2012 10:10:00 PM delete

Mau piye rasane pas mbukak iki? Rak wis ana LinkWithin-e neng blog iki.

Reply
avatar
Jumat, Januari 13, 2012 10:12:00 PM delete

LinkWithin dihapus diganti yang lain itu di blog Stupid Monkey. Kalau tidak salah itu related post to category ya?

Reply
avatar
Jumat, Januari 13, 2012 10:13:00 PM delete

Ya. Kalau muncul di homepage/mainpage memang bikin terlalu rame. Makanya aku hanya munculkan di individual post saja, Mbak.

Reply
avatar
Jumat, Januari 13, 2012 10:15:00 PM delete

Self-hosted WordPress dan TypePad juga bisa, Mbak. Kalau wordpress.com tidak tersedia opsinya.

Reply
avatar
Jumat, Januari 13, 2012 10:58:00 PM delete

pake Link within yagh,

salam kenal yagh sob

thanks atas sharenya

Reply
avatar
Sabtu, Januari 14, 2012 5:41:00 AM delete

hehehe, betul sob, habisnya terasa rame banget gitu, maklum masih bodo soal utak atik script dan HTML sob, hehehe ;)

Reply
avatar
Sabtu, Januari 14, 2012 12:43:00 PM delete

udah saya praktekin om, berhasil.. halaman home jadi lebih bersih :D

Reply
avatar
Sabtu, Januari 14, 2012 2:56:00 PM delete

ditunggu lho komentarnya hari ini di supid monkey ;)

Reply
avatar
Sabtu, Januari 14, 2012 7:29:00 PM delete

Betul Sob, pakai LinkWithin.

Salam kenal kembali.

Reply
avatar
Sabtu, Januari 14, 2012 7:31:00 PM delete

Keren! Itu Mbak sYam dari Makassar tadi ngetuwit kalau blionya juga dah bisa.

Halaman muka jadi bersih, enak ngeliatnya kan.

Reply
avatar
Minggu, Januari 15, 2012 3:41:00 PM delete

wah, sudah lama seklai saya ndak ngoprek blogspot saya, mas arif. tiba2 kok jadi kepikiran utk menengoknya.

Reply
avatar
Minggu, Januari 15, 2012 5:27:00 PM delete

Saya kembali lagi ke Blogger, Pak. Sudah capai kena tangguh melulu akun hosting saya :(

Reply
avatar
Rabu, Februari 01, 2012 8:46:00 PM delete

Dulu sy pake Link Within di blog www.yayanty.co.cc, tp setelah sy ganti nama menjadi www.kumpul-info.co.cc, widget Link Within itu mengarahkan ke www.yayanty.co.cc..

Gmana yah??
tolong yaa, tolong dibantu yaa....
heheheh

Reply
avatar
Kamis, Februari 02, 2012 3:02:00 AM delete

Widget dilepas lalu bikin baru saja dengan www.kumpul-info.co.cc. Dia nggak bisa otomatis karena yang tercatat di databse linkwithin masih yang lama.

Reply
avatar
Sabtu, Februari 04, 2012 12:22:00 PM delete

Maaf Kang, sy lupa pasang Sumbernya.
Maklum, mungkin lantaran udah ngantuk.
heheheh
Maaf ya kang. Tolong jangan lapor DMCA.

Reply
avatar
Sabtu, Februari 04, 2012 12:31:00 PM delete

Kang, kok postinganku double2 ya.
Setelah postingan kan ada Tag Permalink, trus di bawahnya ada lagi postingan.
Cara mengatasinya gmana ya??
Maaf, komentar saya tidak berhubungan dengan artikel di atas...

Reply
avatar
Senin, Maret 12, 2012 12:01:00 PM delete

aku dah ikutin step by step....tapi kok tampilnya tidak di semua posting yaa...malah di postingan cuman tampil linkwithin nya aja ya...

Reply
avatar
Senin, Maret 12, 2012 1:20:00 PM delete

wah, maaf baru dibaca komentarnya. saya kurang jelas dengan pertanyaannya. apabila diberi ilustrasi gambar mungkin akan lebih jelas.

Reply
avatar
Senin, Maret 12, 2012 1:22:00 PM delete

apabila diikuti langkah demi langkah, linkwithin akan bekerja sesuai yang saya pandukan pada artikel di atas. yang lain yang mengikuti panduan itu berhasil kok. punya saya juga berhasil.

apabila linkwithinnya baru, mungkin perlu beberapa saat bagi linkwithin untuk mengindeks semua isi blog.

Reply
avatar
Senin, Maret 12, 2012 8:09:00 PM delete

terimakasih gan, kebetulan lagi nyari trik ini, jadi mampir kesini dah.....semoga bisa mempererat tali persaudaraan....salam..

Reply
avatar
Kamis, Maret 15, 2012 6:16:00 PM delete

kenapa post yang sudah di delete masih muncul di linkwithin??? tolong bantu emel saya zulhairiaziz@yahoo.com

Reply
avatar
Jumat, Maret 16, 2012 2:44:00 AM delete

data yang di linkwithin tidak terhapus. linkwithin hanya mengumpulkan post yang pernah dibuat, tidak ada fasilitas untuk ikut menghapus posts yang sudah dihapus dari blog.

sebagai alternatif mungkin bisa dicari script untuk menampilkan artikel terkait yang langsung disisipkan ke template blogspot. coba kata kunci "membuat artikel terkait bergambar blogspot".

Reply
avatar
Senin, Maret 26, 2012 2:16:00 PM delete

ijin repost boleh ya... (+link akang)
klik here: www.ubetzubaidi.tk

Reply
avatar
Kamis, Mei 10, 2012 6:47:00 PM delete

Kang ko error ya


Don't Forget To Visit
http://pantastukdibaca.blogspot.com/

Reply
avatar
Senin, Mei 21, 2012 12:40:00 PM delete

makasih mas... sukses..!!

mudah-mudahan trafiknya naik deh...

Reply
avatar
Sabtu, Mei 26, 2012 8:45:00 PM delete

di atas ada dua cara, cara yang mana yang dipakai, gan?

Reply
avatar
Selasa, Mei 29, 2012 11:11:00 AM delete

tiap ganti template pasti mampir disini, hihi... ta' bookmark kang :)

Reply
avatar
Minggu, Juni 03, 2012 8:05:00 AM delete

thanks gan infonya sngat bermanfaat,,.....

Reply
avatar
Jumat, Juli 06, 2012 7:39:00 PM delete

maaf mas saya mau tanya,

kenapa ya walaupun saya udah memasang widget ini, tapi artikel terkait / linknya tidak muncul?

mohon enjelasannya

terimakasih

Reply
avatar
Selasa, Agustus 21, 2012 7:05:00 PM delete

thank infonya gan, udah tak coba!!!
mohon kritik n saranya,
Http://ysardika.blogspot.com

Reply
avatar
Senin, September 03, 2012 12:07:00 AM delete

mantap kang... dari sekian cara,ini cara yang paling simple dan mudah, tanpa mengutak-atik template lagi.. salam blogger...

Reply
avatar
Rabu, Oktober 24, 2012 1:56:00 PM delete

thanks for this information...
http://oke-lifestyle.blogspot.com/

Reply
avatar
Jumat, Desember 07, 2012 9:47:00 AM delete

terimakasih infonya..by www.alkalinware.com

Reply
avatar
Rabu, Desember 26, 2012 4:57:00 PM delete

ternyata tidak begitu sulit Gan......semoga berkat tutorial Agan... saya juga bisa mempraktekkannya dengan baik.
terima kasih

Reply
avatar
Jumat, Februari 08, 2013 8:33:00 AM delete

makasih bang tutornya, ane akan coba deh. makasih kakak.

Reply
avatar
Kamis, Februari 28, 2013 9:18:00 AM delete

Mantap gan.. blog saya jadi lebih bagus.. thanks

Reply
avatar
Sabtu, Maret 02, 2013 8:37:00 PM delete

Gan ane udah pasang widgetnya udah 3 kali, caranya hapus yang 2 mya itu gmana? kalau gak dihapus jadi duplicate gak?

Reply
avatar
Senin, Maret 04, 2013 6:39:00 AM delete

Maaf, Gan, saya kurang jelas dengan pertanyaannya.

Reply
avatar
Senin, Maret 04, 2013 6:43:00 AM delete

Blog yang infothanks muncul tetapi di home juga muncul. Mungkin pengaturannya belum benar.

Reply
avatar
Senin, Maret 04, 2013 6:45:00 AM delete

Mungkin pengaturannya belum benar.

Reply
avatar
Senin, Maret 04, 2013 6:47:00 AM delete

Sering-sering ya, ganti templatenya.

Reply
avatar
Rabu, Maret 13, 2013 10:05:00 AM delete

Matur Suwun mbah. Wis tak cobo oke tenan iki

Reply
avatar
Rabu, Maret 20, 2013 11:46:00 AM delete

mas thanks yagh atas info na ..
mohon balesannyah ..
ke email saya abrizalababil@gmail.com

saya dari tanggerang mas mau tau secret mas kumpul sama blogger tanggerang di manah tempat'a ..

Reply
avatar