Rabu, Februari 22, 2012

Google Doodle HUT ke-155 Heinrich Hertz

Google merayakan ulang tahun ke 155 Heinrich Rudolf Herts melalui Google Doodle. Doodle pada 22 Februari 2012 itu dibuat animasi berupa grafik gelombang elektromagnet yang bergerak-gerak.

Heinrich-Rudolf-Hertzs-google-doodle-2012-02-22

Heinrich Rudolf Herts adalah seorang ahli fisika dari Jerman yang eksperimen elektromagnetiknya mengarahkan pada pengembangan telegraph nirkabel dan radio.

Hertz lahir di Hamburg. Ia menunjukkan kelebihannya dalam bidang fisika sejak masih remaja. Hertz kemudian belajar fifika di Berlin yang diikuti dengan studi Universitas Munich selama setahun.

Saat di Berlin, kemajuannya dalam meneliti fenomena elektromagnetik berkembang pesat. Pada 1880, di usia 22 tahun, Hertz mendapatkan gelar PhD di bidang induksi elektromagnetik.

Setelah menjadi profesor di Karlsruhe Technische Hochschule pada 1885, Hertz mengganti perhatiannya pada sirkuit elektronika terbuka dan mendemonstrasikan induksi elektromagnet kepada para mahasiswanya menggunakan kondenser discharging melalui sebuah loop terbuka.

Pada saat melakukan hal tersebut, Hertz mengetahui adanya fenomena yang tidak terantisipasi, yaitu munculnya kilatan-kilatan cahaya di dekat loop yang lain. Pada 1888, ia dapat mendemonstrasikan bahwa emisi elektromagnet yang berhubungan dengan kilatan-kilatan cahaya itu bertingkah seperti gelombang.

Penemuannya itu secara efektif mengklarifikasi dan mengembangkan teori cahaya elektromagnet yang telah diungkapkan oleh ahli fisika Inggris bernama James Clerk Maxwell pada 1884 bahwa gelombang elektromagnet dapat ditranmisikan dan diterima.

Nama Hertz kemudian diabadikan untuk satuan frekuensi radio dan listrik sebagai Hz, kHz, dan MHz.

Hertz meninggal di Bonn pada 1894 dan dimakamkan di Ohlsdorf, Hamburg.

Related Posts

Google Doodle HUT ke-155 Heinrich Hertz
4/ 5
Oleh

2 comments

Rabu, Februari 22, 2012 2:56:00 PM delete

inget mama ku nich,kalau nyebut goole pasti doodle ekhh tahunya ada ya doodle itu.

Reply
avatar