RIM Meluncurkan PlayBOOK 2.0 OS

Tidak banyak memang orang yang membeli dan menggunakan PlayBOOK, perangkat tablet buatan RIM. Orang-orang memilih untuk membeli iPad atau tablet Android. Akan tetapi, RIM ternyata tidak berhenti. RIM baru saja meluncurkan sistem operasi PlayBOOK 2.0 OS. Rilis baru PlayBOOK OS ini mengikutkan dua hal yang diminta oleh para pengguna, yaitu email yang terintegrasi dan ketersediaan aplikasi Android.

playbook_white11

Rilis terbaru PlayBOOK 2.0 OS ini dapat diunduh secara gratis oleh pengguna PlayBOOK dan akan otomatis dipasang pada perangkat baru.

Berikut isi baru PlayBOOK 2.0 OS:

Klien email yang terintegrasi

Pada PlayBOOK OS versi sebelumnya, untuk dapat menggunakan email, pemakai PlayBOOK harus memiliki perangkat Blackberry. Hal yang tentu saja menjengkelkan bagi pengguna. Buat apa memiliki dua perangkat untuk sesuatu yang seharusnya dapat diberikan oleh sebuah perangkat sekelas komputer tablet?

Pada PlayBOOK OS yang baru, RIM memungkinkan penggunanya untuk mengakses email pribadi dan email pekerjaan melalui PlayBOOK yang dimilikinya. Inbox PlayBOOK pun kini dapat dipergunakan oleh pengguna untuk menerima pesan dari media sosial seperti facebook, twitter dan linkedin. Untuk Google+ belum jelas apakah dapat ditambahkan atau tidak.

Aplikasi Android

Hal yang sangat penting untuk pengembang perangkat tablet adalah ketersediaan konten untuk dipergunakan pada perangkat. RIM belum mapan dengan hal ini tetapi RIM berharap untuk dapat menyediakan aplikasi baik melalui aplikasi yang tersedia di katalog App World tetapi juga membuka akses bagi pengguna untuk memilih aplikasi Android.

Video Store

RIM menyediakan toko video yang berisi sekitar 10.000 video berupa film dan pertunjukan TV yang dapat dibeli atau disewa. Toko Video ini pada awalnya hanya akan tersedia untuk pasar Amerika Serikat. Untuk negara-negara lain akan ditambahkan kemudian.

Konektivitas dengan Blackberry

Salah satu pengembangan perangkat keras yang menarik adalah fitur bagi pengguna Blackberry untuk menghubungkan Blackberrynya dengan PlayBook dan menggunakan keyboard Blackberry untuk mengetik di PlayBOOK.

Fitur Enterprise

Bagi pengguna enterprise, pada rilis baru PalyBOOK OS ini beberapa fitur produktivitas ditambahkan. Diantaranya adalah fitur untuk mencetak dokumen dan mengatur berkas melalui jaringan korporat. Dengan adanya pihak ketiga yang ikut mengembangkan area ini, akan menarik apakah RIM mampu menarik lebih banyak korporasi untuk menggunakan PlayBOOK.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

5 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Februari 22, 2012 5:49:00 AM

harganya berapa tuh kang ???

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Februari 22, 2012 6:44:00 PM

Saya tetap pilih Tablet Android, ah. :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Februari 25, 2012 1:57:00 AM

harga playbook kan sempat dibanting sepauh harga sebelumnya tapi tetap saja nggak banyak yang beli. sekitar 3,5jutaan kalau nggak salah ya, setelah dibanting.

eh, tapi tetap saja waktu masih pakai OS 1 nggak banyak yang beli. entah setelah OS 2 ini keluar.

update OS nya sendiri gratis kalau sudah punya playbook.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Februari 25, 2012 1:58:00 AM

kalau disuruh memilih memang lebih memilih android sih

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 8:52:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan