Breaking News
Loading...
Thursday, April 26, 2012

Cara Membuat Kolam Terpal Batako

7:23:00 PM

Kolam terpal batako
Kawan-Kawan tentu sudah tidak asing lagi dengan kolam terpal. Kolam terpal adalah kolam yang dibuat di atas permukaan tanah baik digali atau tidak dan digelari terpal untuk menjaga air tetap berada di dalam kolam. Kolam terpal sudah banyak diaplikasikan untuk melakukan budidaya lele. Bahkan, di wilayah Pengasih, Kulon Progo, kolam terpal dipergunakan untuk membudidayakan ikan gurame.
Aplikasi kolam terpal di Pengasih, Kulon Progo, berhasil menyulap lahan yang tidak produktif dan tidak subur menjadi sentra budidaya ikan air tawar.
Kolam terpal di Kulon Progo dibuat dengan menggali tanah kemudian digelari terpal. Di tempat lain, kolam terpal dibuat di atas permukaan tanah dengan dibuat pagar penahan menggunakan bambu. Tentu saja masingmasing cara ada kekurangan dan kelebihannya. Tinggal kita mau memilih yang mana.
Kang Kombor ingin berbagi pengetahuan untuk membuat kolam terpal batako. Kolam terpal batako adalah kolam terpal yang dinding pagarnya dibuat dengan batako bersusun.
Cara Membuat Kolam Terpal Batako Ukuran 3 m x 4 m
#1 Siapkan batako sebanyak kurang lebih 250 buah
#2 Siapkan terpal ukurn 4 m x 5 m
#3 Ratakan permukaan tanah yang akan dibuat kolam terpal batako
#5 Ukur panjang dan lebar kolam yang akan dibuat. Panjang 4 m dan lebar 3m
#6 Susun batako diluar batas 3 m x 4 m yang telah ditandai. Batako disusun dengan cara ditidurkan sebanyak 4 tumpukan. Bagian sudut dibuat simpang susun agar kuat.
kolam terpal batako belum dipasang terpal
#5 Setelah kotak kolam batako selesai, pasang terpal yang sudah disiapkan. Tata terpal dengan rapi. Bagian ujung yang tersisa dilipat ke arah batako untuk ditindih lagi dengan batako.
#6 Isi terpal dengan air kira-kira 5 cm – 10 cm tingginya untuk membantu merapikan bagian pinggir bawah dan sudut-sudut kolam.
#7 Setelah terpal terpasang rapih, di atas lipatan terpal dipadang lagi batako untuk menjaga agar ikan tidak melompat.
#8 Isi kolam dengan air sampai sebatas terpal (4 tumpukan batako). Dengan cara ini, batas terpal dapat berfungsi sebagai lubang pembuang kelebihan air. Air yang berlebih akan keluar dari sela-sela batako yang ditumpuk persis di atas lipatan terpal. Dus, kita tidak perlu membuat lubang pembuangan air.
kolam terpal batako sudah dipasang terpal dan diisi air
Nah, kini Kawan-Kawan sudah akan punya sebuah kolam terpal batako berukuran 3 m x 4 m. Kolam terpal batako itu dapat diisi lele atau gurame. Dapat dipergunakan untuk menambah penghasilan atau pun sekedar memelihara ikan untuk konsumsi sendiri.
Kelebihan kolam terpal batako ini adalah terpal menjadi lebih awet dan kolam lebih lama dipergunakan. Batako tentu lebih awet dari pada bambu kan?
Selain itu, pinggiran kolam terpal batako pun dapat dijadikan tempat menaruh pot bunga. Pinggiran kolam di samping batako pun dapat diberi tanah dan ditanami tanaman hias atau rumput. Setiap kali kolam diisi penuh, kelebihan air akan menyirami tanaman di pinggir kolam. Apabila permukaan yang dibuat benar-benar rata (sebaiknya di-water pass) maka tanaman di seluruh pinggiran kolam akan rata tersirami. Untuk yang di atas ya tetap harus disiram apabila musim kemarau.
Oh ya, untuk gambar kolam terpal batako di atas, Kang Kombor membuat 2 kotak kolam ukuran 2 m x 3 m. Terpal yang dipakai adalah terpal ukuran 4 m x 6 m. Kang Kombor takut apabila kolam dibuat langsung ukuran 3 m x 5 m maka dinding susunan batako tidak akan kuat menahan beban tekanan air dan ambruk. Nanti bukan kita yang panen ikan melainkan para tetangga…

40 comments:

  1. Jadi, batakonya cuman ditumpuk aja tanpa disemen?

    Nanti kalo udah panen, traktir saya gurame bakar, ya, Kang :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya. batako hanya ditumpuk saja. dus, kalau suatu saat bosan dengan kolamnya tinggak diangkat saja batakonya.

      bakar sendiri saja ya guramenya :D kalau traktir kan mesti ke tempat yang jual gurame bakar...

      Delete
  2. aku kalo miara ikan suka kesian kalo harus di makan..
    jadinya yang seneng ya tetangga, wong ikannya dikasih ke mereka..:D

    ReplyDelete
  3. nyimak aja sob. . nice post. . ditunggu kunjungan baliknya. . :-)

    ReplyDelete
  4. Jadi keinget tetangga kost yang bikin kolam terpal tapi pake kayu. Ukuran 1x2 meter, diisi sama bibit lele dumbo 500 biji. Bukannya berkembang biak dengan baik, si lele malah bertarung satu sama lain. Dan setelah 5 bulan berselang, tinggal 10 biji aja yang masih hidup. Kasian kasian kasian... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... mestinya 200 ekor saja nebarnya. terus jangan sampai lapar. lele dumbo itu kanibal. kalau lapar, yang kecil dimakan sama yang besar.

      lebih baik capai menyortir seminggu sekali. kolam nggak cukup satu.

      Delete
  5. info keren. Passs butuh, passs google nyodori post ini. Makasih kang. Sukses slalu

    ReplyDelete
  6. Ikut pendapat kang,
    luas kolam nggak menyebabkan bertambahnya tekanan air pd dinding batako. Tekanan air bertambah bergantung ketinggian air. Jadi asal tinggi air tetap 4 batako, berapa luaspun kolam mestinya ngg bikin ambruk kolam. Kalau ngg salah menurut hukum pascal gitu, ya kang. Kalau salah maapin yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin juga, mas/mbak. saya nggak ngerti fisika :)

      Delete
  7. Mr. Kombor.. suhu airnya bagaimana apakah cukup cocok untuk pelihara lele..? perlukah aerator...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang punya saya sih cocok saja tidak perlu aerator

      Delete
  8. Kang Kombor, batako diganti bata merah kuat nggak ya kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bata merah nyusunnya digunakan sisi pendeknya yang nempel ke terpal

      Delete
  9. Apik mas bos, pas lagi butuh nih info, skalian ijin copas ya, boleh ya hehehehe, tenang aja sumber tetap aku lampirkan, hehehe

    ReplyDelete
  10. nitip iklan ya.
    jual benih/bibit lele jenis terbaru jenis masamo, lebih unggul dari sangkuriang. harga berkisar dari 100 s/d 225.
    hub 085786271090, batang, jateng

    ReplyDelete
  11. Simple banget ya kang cara buatnya..,

    ReplyDelete
  12. makasih infonya kang sangat bermanfaat bisa dicoba dihalaman blakang tanpa harus gali tanah..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. genteng bekas pun bisa dipakai membuat kolam terpal kok

      Delete
  13. Keren banget kang kombor, nanti kalo saya pulang kampung ke wates saya juga mau bikin kayak gitu kang. kira2 biaya bikin kolamnya habis berapa ya kang?

    salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau batako memang cukup mahal jatuhnya karena harga batakonya. di sini harga batako sekitar Rp1750. terpal ukuran 4x5 ketebalan A3 Rp90000. Jadi kolam terpal ukuran 3m x 4m saya merusak dompet saya sebanyak Rp527500.

      Kalau mau lebih hemat pakai bambu saja.

      Delete
  14. Airnya pake air PDAM ya pak kombor sirkulasi atau harus ganti brp lama..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai air sumur. Air saya ganti separuhnya minimal seminggu sekali.

      Apabila dibuat sirkulasi tentu lebih hemat air.

      Delete
  15. oo yaa pak kombor kolam model gini nyamuk bisa berkembang biak gak yah kalo ada ikan nya??
    btw kolamnya jd ruang cukup pake terpal 4x5 m yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. apabila ada ikan, nyamuk tidak akan berkembang biak karena larva nyamuk akan dimakan ikan.

      ukuran terpal bergantung pada ukuran kolam yang akan dibuat, baik panjang x lebar x tingginya. sebagai contoh, terpal 4m x 5m saya jadikan 3m x 4m x 0,5m.

      Delete
  16. wah simple n bisa dibuat sendiri . .kira2 kebutuhan batako permeter berapa buah ya pak, sy pengen buat jg ukuran 2 x 1 diisi ikan hias gt pak . .trus terpal A3 bisa tahan brp tahun pak kira2

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kebutuhan batako bergantung ukuran batakonya. saya sendiri menggunakan batako ukuran 17 cm x 8 cm. terpal a3 yang diaplikasikan di kolam terpal batako menurut perhitungan saya bisa sampai 2 tahun atau bahkan lebih asal seluruh permukaan terpal terendam air. yang membuat tidak awet terpal adalah apabila ada permukaan yang bergantian terkena sinar matahari dan hujan.

      Delete
  17. mo tanya ni mas...bibit ikan lele masmo/sangkuriang berapa ya per ekor dan bisa dapat dimana...makasih sebelumnya mas....sukses selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dari salah satu komentar di atas:

      "nitip iklan ya.
      jual benih/bibit lele jenis terbaru jenis masamo, lebih unggul dari sangkuriang. harga berkisar dari 100 s/d 225.
      hub 085786271090, batang, jateng"

      Delete
  18. bagus, kebetulan saya lagi butuh kolam yang tepat untuk melihara ikan lele. eh mas KOMBOR, btw, terpal yang digunakan terpal jenis apa ya? pasti kan terpalnya yang ga tembus air,.. makasi sebelumnya,

    ReplyDelete
  19. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  20. tulisan yg lugas dan praktis.
    utk tinggi air 70 cm apa perlu penyangga tambahan?
    ditggu jwbx
    mtnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya diberi penyangga tambahan, pak. untuk tinggi muka air 70 cm paling tidak ada 8 batako yang ditumpuk. alternatifnya, batakonya dipasang dengan semen seperti bikin dinding supaya lebih kuat atau bagian kolam yang sekitar 30 cm digali ke bawah.

      Delete
  21. TOKO HANDPHONE TERBESAR TERLENGKAP TERMURAH TERPERCAYA NABILA SHOP Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo Nabila Shop Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com
    Ready Stock! Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
    Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000
    Ready Stock ! BlackBerry Curve 9360 Apollo Rp.950.000,-

    ReplyDelete
  22. Kebetulan saya suka pelihara ikan, dan info ini pasti berguna sekali.


    toko bunga

    ReplyDelete

 
Toggle Footer