Cara Membuat Kolam Terpal Batako

Kolam terpal batako
Kawan-Kawan tentu sudah tidak asing lagi dengan kolam terpal. Kolam terpal adalah kolam yang dibuat di atas permukaan tanah baik digali atau tidak dan digelari terpal untuk menjaga air tetap berada di dalam kolam. Kolam terpal sudah banyak diaplikasikan untuk melakukan budidaya lele. Bahkan, di wilayah Pengasih, Kulon Progo, kolam terpal dipergunakan untuk membudidayakan ikan gurame.
Aplikasi kolam terpal di Pengasih, Kulon Progo, berhasil menyulap lahan yang tidak produktif dan tidak subur menjadi sentra budidaya ikan air tawar.
Kolam terpal di Kulon Progo dibuat dengan menggali tanah kemudian digelari terpal. Di tempat lain, kolam terpal dibuat di atas permukaan tanah dengan dibuat pagar penahan menggunakan bambu. Tentu saja masingmasing cara ada kekurangan dan kelebihannya. Tinggal kita mau memilih yang mana.
Kang Kombor ingin berbagi pengetahuan untuk membuat kolam terpal batako. Kolam terpal batako adalah kolam terpal yang dinding pagarnya dibuat dengan batako bersusun.
Cara Membuat Kolam Terpal Batako Ukuran 3 m x 4 m
#1 Siapkan batako sebanyak kurang lebih 250 buah
#2 Siapkan terpal ukurn 4 m x 5 m
#3 Ratakan permukaan tanah yang akan dibuat kolam terpal batako
#5 Ukur panjang dan lebar kolam yang akan dibuat. Panjang 4 m dan lebar 3m
#6 Susun batako diluar batas 3 m x 4 m yang telah ditandai. Batako disusun dengan cara ditidurkan sebanyak 4 tumpukan. Bagian sudut dibuat simpang susun agar kuat.
kolam terpal batako belum dipasang terpal
#5 Setelah kotak kolam batako selesai, pasang terpal yang sudah disiapkan. Tata terpal dengan rapi. Bagian ujung yang tersisa dilipat ke arah batako untuk ditindih lagi dengan batako.
#6 Isi terpal dengan air kira-kira 5 cm – 10 cm tingginya untuk membantu merapikan bagian pinggir bawah dan sudut-sudut kolam.
#7 Setelah terpal terpasang rapih, di atas lipatan terpal dipadang lagi batako untuk menjaga agar ikan tidak melompat.
#8 Isi kolam dengan air sampai sebatas terpal (4 tumpukan batako). Dengan cara ini, batas terpal dapat berfungsi sebagai lubang pembuang kelebihan air. Air yang berlebih akan keluar dari sela-sela batako yang ditumpuk persis di atas lipatan terpal. Dus, kita tidak perlu membuat lubang pembuangan air.
kolam terpal batako sudah dipasang terpal dan diisi air
Nah, kini Kawan-Kawan sudah akan punya sebuah kolam terpal batako berukuran 3 m x 4 m. Kolam terpal batako itu dapat diisi lele atau gurame. Dapat dipergunakan untuk menambah penghasilan atau pun sekedar memelihara ikan untuk konsumsi sendiri.
Kelebihan kolam terpal batako ini adalah terpal menjadi lebih awet dan kolam lebih lama dipergunakan. Batako tentu lebih awet dari pada bambu kan?
Selain itu, pinggiran kolam terpal batako pun dapat dijadikan tempat menaruh pot bunga. Pinggiran kolam di samping batako pun dapat diberi tanah dan ditanami tanaman hias atau rumput. Setiap kali kolam diisi penuh, kelebihan air akan menyirami tanaman di pinggir kolam. Apabila permukaan yang dibuat benar-benar rata (sebaiknya di-water pass) maka tanaman di seluruh pinggiran kolam akan rata tersirami. Untuk yang di atas ya tetap harus disiram apabila musim kemarau.
Oh ya, untuk gambar kolam terpal batako di atas, Kang Kombor membuat 2 kotak kolam ukuran 2 m x 3 m. Terpal yang dipakai adalah terpal ukuran 4 m x 6 m. Kang Kombor takut apabila kolam dibuat langsung ukuran 3 m x 5 m maka dinding susunan batako tidak akan kuat menahan beban tekanan air dan ambruk. Nanti bukan kita yang panen ikan melainkan para tetangga…

Komentar

  1. Jadi, batakonya cuman ditumpuk aja tanpa disemen?

    Nanti kalo udah panen, traktir saya gurame bakar, ya, Kang :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya. batako hanya ditumpuk saja. dus, kalau suatu saat bosan dengan kolamnya tinggak diangkat saja batakonya.

      bakar sendiri saja ya guramenya :D kalau traktir kan mesti ke tempat yang jual gurame bakar...

      Hapus
  2. aku kalo miara ikan suka kesian kalo harus di makan..
    jadinya yang seneng ya tetangga, wong ikannya dikasih ke mereka..:D

    BalasHapus
  3. nyimak aja sob. . nice post. . ditunggu kunjungan baliknya. . :-)

    BalasHapus
  4. Jadi keinget tetangga kost yang bikin kolam terpal tapi pake kayu. Ukuran 1x2 meter, diisi sama bibit lele dumbo 500 biji. Bukannya berkembang biak dengan baik, si lele malah bertarung satu sama lain. Dan setelah 5 bulan berselang, tinggal 10 biji aja yang masih hidup. Kasian kasian kasian... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... mestinya 200 ekor saja nebarnya. terus jangan sampai lapar. lele dumbo itu kanibal. kalau lapar, yang kecil dimakan sama yang besar.

      lebih baik capai menyortir seminggu sekali. kolam nggak cukup satu.

      Hapus
  5. info keren. Passs butuh, passs google nyodori post ini. Makasih kang. Sukses slalu

    BalasHapus
  6. Ikut pendapat kang,
    luas kolam nggak menyebabkan bertambahnya tekanan air pd dinding batako. Tekanan air bertambah bergantung ketinggian air. Jadi asal tinggi air tetap 4 batako, berapa luaspun kolam mestinya ngg bikin ambruk kolam. Kalau ngg salah menurut hukum pascal gitu, ya kang. Kalau salah maapin yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin juga, mas/mbak. saya nggak ngerti fisika :)

      Hapus
  7. Mr. Kombor.. suhu airnya bagaimana apakah cukup cocok untuk pelihara lele..? perlukah aerator...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang punya saya sih cocok saja tidak perlu aerator

      Hapus
  8. Kang Kombor, batako diganti bata merah kuat nggak ya kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bata merah nyusunnya digunakan sisi pendeknya yang nempel ke terpal

      Hapus
  9. Apik mas bos, pas lagi butuh nih info, skalian ijin copas ya, boleh ya hehehehe, tenang aja sumber tetap aku lampirkan, hehehe

    BalasHapus
  10. nitip iklan ya.
    jual benih/bibit lele jenis terbaru jenis masamo, lebih unggul dari sangkuriang. harga berkisar dari 100 s/d 225.
    hub 085786271090, batang, jateng

    BalasHapus
  11. Simple banget ya kang cara buatnya..,

    BalasHapus
  12. makasih infonya kang sangat bermanfaat bisa dicoba dihalaman blakang tanpa harus gali tanah..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. genteng bekas pun bisa dipakai membuat kolam terpal kok

      Hapus
  13. Keren banget kang kombor, nanti kalo saya pulang kampung ke wates saya juga mau bikin kayak gitu kang. kira2 biaya bikin kolamnya habis berapa ya kang?

    salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau batako memang cukup mahal jatuhnya karena harga batakonya. di sini harga batako sekitar Rp1750. terpal ukuran 4x5 ketebalan A3 Rp90000. Jadi kolam terpal ukuran 3m x 4m saya merusak dompet saya sebanyak Rp527500.

      Kalau mau lebih hemat pakai bambu saja.

      Hapus
  14. Airnya pake air PDAM ya pak kombor sirkulasi atau harus ganti brp lama..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai air sumur. Air saya ganti separuhnya minimal seminggu sekali.

      Apabila dibuat sirkulasi tentu lebih hemat air.

      Hapus
  15. oo yaa pak kombor kolam model gini nyamuk bisa berkembang biak gak yah kalo ada ikan nya??
    btw kolamnya jd ruang cukup pake terpal 4x5 m yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. apabila ada ikan, nyamuk tidak akan berkembang biak karena larva nyamuk akan dimakan ikan.

      ukuran terpal bergantung pada ukuran kolam yang akan dibuat, baik panjang x lebar x tingginya. sebagai contoh, terpal 4m x 5m saya jadikan 3m x 4m x 0,5m.

      Hapus
  16. wah simple n bisa dibuat sendiri . .kira2 kebutuhan batako permeter berapa buah ya pak, sy pengen buat jg ukuran 2 x 1 diisi ikan hias gt pak . .trus terpal A3 bisa tahan brp tahun pak kira2

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kebutuhan batako bergantung ukuran batakonya. saya sendiri menggunakan batako ukuran 17 cm x 8 cm. terpal a3 yang diaplikasikan di kolam terpal batako menurut perhitungan saya bisa sampai 2 tahun atau bahkan lebih asal seluruh permukaan terpal terendam air. yang membuat tidak awet terpal adalah apabila ada permukaan yang bergantian terkena sinar matahari dan hujan.

      Hapus
  17. mo tanya ni mas...bibit ikan lele masmo/sangkuriang berapa ya per ekor dan bisa dapat dimana...makasih sebelumnya mas....sukses selalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini dari salah satu komentar di atas:

      "nitip iklan ya.
      jual benih/bibit lele jenis terbaru jenis masamo, lebih unggul dari sangkuriang. harga berkisar dari 100 s/d 225.
      hub 085786271090, batang, jateng"

      Hapus
  18. bagus, kebetulan saya lagi butuh kolam yang tepat untuk melihara ikan lele. eh mas KOMBOR, btw, terpal yang digunakan terpal jenis apa ya? pasti kan terpalnya yang ga tembus air,.. makasi sebelumnya,

    BalasHapus
  19. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  20. tulisan yg lugas dan praktis.
    utk tinggi air 70 cm apa perlu penyangga tambahan?
    ditggu jwbx
    mtnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya diberi penyangga tambahan, pak. untuk tinggi muka air 70 cm paling tidak ada 8 batako yang ditumpuk. alternatifnya, batakonya dipasang dengan semen seperti bikin dinding supaya lebih kuat atau bagian kolam yang sekitar 30 cm digali ke bawah.

      Hapus
  21. Kebetulan saya suka pelihara ikan, dan info ini pasti berguna sekali.


    toko bunga

    BalasHapus
  22. berarti agar tidak ambruk, dan tanpa menggali tanah, maka berapa kedalaman air yang diperbolehkan? makasih sblmnya atas sharing ilmunya :)

    BalasHapus
  23. Oh iya maaf satu pertanyaan lagi, jika batako tersebut di semen, dan kedalam air yg diinginkan 70 cm, tanpa gali tanah, kira2 lebar pinggir kolam (batako) berapa dan dengan ketinggian batako minimal berapa? maaf jika banyak tanya .. hehehe..karena jadi antusias bikin kolam terpal batako setelah baca tulisan Anda, bagus dan sangat inspiratif. :)
    saya tunggu jawabannya. makasih.

    BalasHapus
  24. Karena jawaban Anda, "sebaiknya diberi penyangga tambahan, pak. untuk tinggi muka air 70 cm paling tidak ada 8 batako yang ditumpuk. alternatifnya, batakonya dipasang dengan semen seperti bikin dinding supaya lebih kuat atau bagian kolam yang sekitar 30 cm digali ke bawah." di atas, saya kurang paham dgn istilah "8 batako ditumpuk", karena ukuran batako macam2. masih bingung. maaf

    BalasHapus
  25. Mantaps gan...
    kalau butuh terpalnya buat kolam, bisa dtempat kami gan
    PT slp semarang
    arif - 081575680202

    BalasHapus
  26. Trimakasih artikelnya mas, sangat membantu dan bermanfaat.

    BalasHapus
  27. Hii...thankfulness post helped remind me of my ability to evaluate while others do not take advantage of this gift..

    BalasHapus
  28. kang..kalo batakoditumpuk aja..apa ga runtuh..? apa tidak di semen pasangan...??

    BalasHapus
  29. Thank you for the report. I have read through it and find that it is written well and answers the question posed.

    BalasHapus
  30. Very interesting subject, appreciate it for posting.

    my web site : 바카라
    (mm)

    BalasHapus
  31. Cara membuat kolam ikan dari terpal batako sangat menginspirasi, terima kasih mas.

    BalasHapus
  32. I do believe all of the concepts you’ve presented for
    your post. They are very convincing and will certainly work.
    Nonetheless, the posts are too brief for novices. Could you please
    lengthen them a bit from subsequent time? Thanks for the post.국내경마


    5JIYANGWOOK

    BalasHapus
  33. Thank you The foreign visitors need to apply for Kenya online visa application online. That offers them fast and secure visa services. You also can check the al information regarding to visa here to get in the Kenya

    BalasHapus
  34. This is a topic that’s near to my heart… Many thanks!!! Indian visa online for US citizens, US citizens are eligible to apply for the Indian eVisa. The process is completely online and there is no need to submit the paperwork in person to any Indian Embassy or Consulate.

    BalasHapus
  35. Kebetulan mau buat kolam ikan sederhana di rumah.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Great article! It's really useful and informative. With the new updates, it's very innovative and interesting. Thanks. Travelers have a question: do US citizens need visa to go to India? The answer is yes. Indian tourist visa is available in the type of 30days, 1 year and 5 years visa also which is easy to get and track by Online process.

    BalasHapus

  38. Hii sir, Many people ask, How to apply for an Indian e visa? You can read about applying for Indian e visa eta through on our website.

    BalasHapus
  39. Hello sir this is my first time commenting anywhere. When I read this article I thought I could also comment because of this great post.. Many people ask Turkey visa requirement.You can read all Turkey e visa requirements via our page we provide all info about evisa Turkey info. You can check on our visa to Turkey blog and read all the information here.

    BalasHapus
  40. Hello, I wanted to write a little information related to Visa. Are you interested in traveling to a country? Yes, you can e visa apply online. You can fill out your visa application form online through our Visacent website within 5 to 10 minutes. We offer visas to citizens of over 190 countries. You can read more information about visas through our website.





    BalasHapus
  41. This write-up is truly instructive! Your exceptional talent in making this intricate subject transparent is truly commendable. The thorough research and relatable examples guarantee accessibility and enlightenment for all readers.

    BalasHapus

Posting Komentar