Goa Jatijajar Goa Kapur yang Eksotis di Kebumen

Halo Kawan-Kawan, apakah Kawan-Kawan pernah mendengar tentang Goa Jatijajar? Goa Jatijajar adalah tempat wisata gua kapur di Kabupaten Kebumen yang sangat eksotis. Lokasi Gua Jatijajar tepatnya berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Gua Jatijajar ini dekat dengan Gua Petruk dan Pantai Logending atau Pantai Ayah.

Penanda Obyek Wisata Goa Jatijajar/FaceKebumen.com
Menurut informasi dari FaceKebumen, Goa Jatijajar ditemukan oleh seorang petani pemilik tanah di atas Goa Jatijajar tersebut. Petani yang bernama Jayamenawi tersebut awalnya sedang merumput lalu terperosok ke dalam lubang dan pingsan. Setelah siuman, petani itu baru menyadari bahwa ia terperosok jatuh ke dalam gua melalui lubang ventilasi udara yang ada di atap gua.

Karena belum pernah berkunjung ke lokasi wisata gua tersebut, kami sekeluarga memutuskan untuk berwisata ke Gua Jatijajar pada Sabtu, 27 Desember 2014. Kami berangkat dari Sleman, DIY, pukul 08:00 WIB. Jalur yang kami tempuh adalah melewati Jl. Daendels yang menyusuri Pantai Selatan Pulau Jawa. Sayangnya, banyak terdapat kerusakan di sepanjang Jl. Daendels sehingga perjalanan kami agak sedikit terhambat. Sekitar pukul 12 siang kami baru tiba di lokasi wisata Gua Jatijajar.

Hujan yang menyambut kedatangan kami di Gua Jatijajar membuat kami tidak dapat berfoto-foto di luar Gua Jatijajar. Dengan dua buah payung yang kami bawa dan menyewa payung tambahan yang banyak disewakan di lokasi wisata Goa Jatijajar kami pun segera menuju ke Goa Jatijajar.

Mulut Gua Jatijajar terletak di ketinggian lereng bukit pasir. Setelah masuk melalui pintu gerbang, kami harus berjalan naik ke pintu gua menyeberangi sungai yang muncul sari sungai bawah tanah yang juga dapat ditemui di dalam gua kemudian menaiki anak tangga. Mulut Gua Jatijajar sangat lebar sehingga puluhan orang dapat tertampung di mulut gua itu.

Pintu Masuk Gua Jatijajar
Pintu Masuk Gua Jatijajar
Untuk menyusuri Gua Jatijajar, dari pintu masuk gua kita disediakan jembatan untuk menuju ruang pertama yang cukup luas. Ada lubang di sisi yang sejajar dengan pintu masuk gua. Setelah itu, kita akan mengikuti anak tangga ke bawah. Di ruangan berikutnya, kita dapat melihat lubang ventilasi di atap gua. Selanjutnya kita akan turun lagi ke lokasi di mana kita dapat melihat sungai bawah tanah. Ada dua area di mana kita dapat melihat sungai bawah tanah yaitu Sendang Mawar dan Sendang Kantil.

Setelah melewati Sendang Mawar dan Sendang Kantil kita akan menyusuri gua yang menyempit kemudian kita akan menaiki anak tangga ke arah pintu keluar. Pintu keluar Gua Jatijajar berada pada sisi lereng pegunungan kapur yang sama dengan pintu masuknya. Panjang Gua Jatijajar dari pintu masuk sampai pintu keluar sekitar 250 meter. Di dalamnya kita dapat melihat keindahan ukiran kapur yang dibuat oleh alam.

Saya membuat video waktu menyusuri Gua Jatijajar. Sayangnya, karena pencahayaan kurang bagus, keindahan Gua Jatijajar yang sesungguhnya belum kelihatan dari video tersebut. Saya sarankan Kawan-Kawan untuk berkunjung sendiri ke Gua Jatijajar untuk dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalalmit di dalam Gua Jatijajar tersebut.


Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 11:06:00 AM

Nice article! Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan