Cara Mendaftar Universitas Terbuka Secara Online Melalui Internet


Pendidikan Terbuka Jarak Jauh yang kualitasnya sudah diakui adalah Universitas Terbuka. Awalnya, Universitas Terbuka dibuka hanya untuk guru SD tetapi kemudian Universitas Terbuka sudah dapat menerima umum sebagai calon mahasiswa. Mendaftar menjadi mahasiswa Universitas Terbuka pun sangat mudah. Calon mahasiswa UT dapat mendaftar Universitas Terbuka secara online melalui internet. Cara mendaftar Universitas Terbuka melalui internet pun sangat mudah.

Walaupun mudah, tentunya mendaftar UT secara online hanya dapat dilakukan pada masa pendaftaran. Di luar masa pendaftaran, kita tidak dapat mendaftar sebagai calon mahasiswa UT baik secara online maupun datang langsung ke Kampus UT yang ada di daerah-daerah.

Cara Mendaftar UT Secara Online Melalui Internet

#1 Buka website Sistem Registrasi Online UT yang beralamat di http://sro.ut.ac.id/


#2 Pilih program pendidikan yang akan didaftarkan
  1. Program Non Pendidikan Dasar / Reguler (ini yang untuk umum)
  2. Program Pendidikan Dasar (untuk guru)
  3. Program Pascasarjana
  4. Program Pendidikan Berkelanjutan
 #3 Asumsinya ingin mendaftar Program Non Pendidikan Dasar/Reguler, klik PROGRAM NON PENDIDIKAN DASAR / REGULER

#4 Pilih menu PENDAFTARAN. Klik pada tulisan Klik di sini untuk melakukan pendaftaran bagi calon mahasiswa baru

#5 Isi formulir pendaftaran lalu klik Submit/Daftar. Sebuah email berisi nomor pendaftaran dan password akan dikirim melalui email yang kita masukkan pada formulir pendaftaran.

#6 Setelah menerima email, lakukan Admisi. Klik tulisan Klik di sini pada bagian Admisi. Isikan data pribadi dan lampirkan berkas penunjang dalam format gif, jpg atau png dengan ukuran berkas maksimal 500KB:
  1. Pas Foto (formulir disediakan)
  2. Ijazah terakhir yang sudah dilegalisir
  3. Surat Pernyataan (formulir disediakan)
 #7 Setelah data pribadi diisi dan berkas penunjang diunggah, sebuah email konfirmasi dri SRO akan dikirim kepada calon mahasiswa agar menyerahkan hard copy berkas ke UPBJJ UT yang dipilih.

#8 Hadir ke Kantor UPBJJ UT yang dipilih untuk menyerahkan berkas pendaftaran yang salinan digitalnya diunggah pada langkah nomor #6. Setelah data diverifikasi, calon mahasiswa akan mendapatkan email lagi dari SRO berisi informasi NIM untuk mendaftarkan mata kuliah.

#9 Untuk mendaftarkan mata kuliah, klik pada tulisan Klik di sini pada bagian REGISTRASI MATA KULIAH. Isikan mata kuliah yang akan diambil lalu klik SIMPAN.

#10 Lakukan Pembayaran melalui ATM BRI, ATM Mandiri, SMS Banking Mandiri, Internet Banking BRI atau datang langsung ke Bank BRI atau Bank Mandiri.

Dengan mengikuti kesepuluh langkah di atas, Kawan-Kawan akan terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Terbuka dan dapat melakukan proses belajar jarak jauh.

Untuk informasi alur proses pendaftaran UT secara online dapat dilihat di sini.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 11:06:00 AM

Nice article! Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan