Cara Membuat Screen Shot dengan Snipping Tool

Saat ngeblog kadang kita perlu membuat tangkapan layar (screen shot) untuk memberikan ilustrasi atas topik yang sedang kita bahas. Umumnya, yang sering membuat tangkapan layar adalah blogger yang sering membuat panduan atau tutorial. Kali ini saya akan memberikan panduan cara membuat screen shot dengan Snipping Tool.

Banyak cara yang dipergunakan untuk membuat tangkapan layar. Cara lama yang dipergunakan oleh pengguna Windows adalah dengan menggunakan fungsi Print Screen yang disediakan oleh sistem operasi Windows. Untuk mengakses Print Screen dengan menekan tombol PrtSc. Sayangnya, fungsi Print Screen hanya bisa menangkap display layar secara penuh, tanpa kastemisasi sama sekali. Pengguna Windows kemudian menggunakan bantuan aplikasi untuk membuat screen shot. Salah satu aplikasi untuk membuat tangkapan layar yang terkenal adalah SnagIt. Saya termasuk yang memakai SnagIt sejak lama.

Mungkin Microsoft memandang penting fitur untuk membuat tangkapan layar sehingga Microsoft menyediakan alat untuk membuat tangkapan layar itu dalam sistem operasi Windows sejak Windows 7. Alat itu bernama Snipping Tool yang ditandai dengan gambar gunting dan lingkaran sebagai ikon aplikasinya.

ikon snipping tool

Apa Saja Model Tangkapan Layar Yang Bisa Dibuat dengan Snipping Tool

Snipping Tool dapat digunakan untuk membuat 4 jenis tangkapan layar, yaitu free form (potongan bentuk bebas), rectangular snip (potongan bentuk persegi), window snip (tangkapan jendela aktif), dan full-screen (layar penuh).

4 model tangkapan layar dengan snipping tool

Contoh tangkapan layar memakai mode free-form seperti gambar berikut. Untuk mode yang lain bisa dicoba sendiri.

Contoh tangkapan layar memakai mode free-form

Alat Penyunting Gambar yang Tersedia di Snipping Tool

Snipping Tool menyediakan 3 alat untuk menyunting gambar yang ditangkap dengan Snipping Tool yaitu Pen Tool, Highlighter Pen dan Eraser. Alat itu ditandai dengan ikon berupa gambar bolpen, stabilo dan penghapus.

alat penyunting gambar di Snipping Tool

Cara Meluncurkan Snipping Tool dari Windows 7

Untuk meluncurkan Snipping Tool dari Windows 7, klik tombol Start > All Programs > Accessories > Snipping Tool

cara meluncurkan snipping tool

Tips dari saya, untuk memudahkan penggunaan, ada baiknya Snipping Tool dipin ke Task Bar/Quick Launch. Tujuannya agar kita bisa meluncurkan Snipping Tool dengan cepat. Hal in sangat berguna bagi yang sering membuat screen shot.

Cara Membuat Screen Shot dengn Snipping Tool

Cara membuat tangkapan layar dengan Snipping Tool sangat mudah. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

#1 Luncurkan Snipping Tool dengan cara yang sudah dijelaskan di atas.

#2 Klik New untuk membuat tangkapan layar baru. Atau klik tanda panah ke bawah untuk memilih salah satu dari 4 mode tangkapan layar yang akan dibuat.

pilih salah satu dari 4 mode tangkapan layar yang akan dibuat

#3 Pilih bagian yang akan dijadikan tangkapan layar apakah itu bentuk bebas, persegi, jendela aktif atau layar penuh

#4 Pergunakan alat untuk menyunting apabila ingin menyunting gambar hasil tangkapan layar.

gambar tangkapan layar yang disunting dengan Snipping Tool

#5 Setelah selesai, klik Save As. Tipe file untuk menyimpan dapat dipilih berupa gambar PNG, GIF, JPG atau file single HTML (MHT).

#6 Selesai. Untuk membuat gambar tangkapan layar lain tinggal ikuti kembali langkah-langkah yang sudah dijelaskan.

Memang Snipping Tool memiliki banyak keterbatasan tetapi untuk membuat screen shot yang sederhana, alat yang disediakan oleh Microsoft itu sudah lebih dari cukup dan sangat bermanfaat. Saya sendiri sering menggunakan Snipping Tool saat sedang perlu membuat tangkapan layar.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 10:42:00 AM

Nice article! Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan