Mengambil Bibit Pepaya California Red Lady

Minggu (8 Februari 2015) siang saya mengambil bibit pepaya California Red Lady di toko pertanian di Pedukuhan Ngemplak, Desa Caturharjo, Sleman. Bibit pepaya itu saya pesan sebulan sebelumnya sebanyak 1 kemasan.

Bibit pepaya California Red Lady 1 kemasan itu jadi 46 batang. Saya mengambil bibit pepaya itu pada umur 1 bulan. Tingginya bervariasi, ada yang sekitar 20 cm ada juga yang 10 cm.

Oh ya, harga bibit pepaya California Red Lady 1 kemasan di toko itu Rp60.000,- dan jasa penyemaian Rp1.000,- per batang tergantung 1 kemasan jadi berapa banyak. Buat saya jasa penyemaian tidak terlalu mahal karena selama sebulan yang punya toko merawat bibit itu.

Selesai mengambil bibit pepaya saya hanya punya waktu 2 jam dari pukul 14:00 WIB ke pukul 16:00 WIB karena saya harus segera menuju ke stasiun kereta untuk kembali ke Jakarta. Dus, waktu yang hanya 2 jam itu saya harus manfaatkan sebaik-baiknya.

Kalau hanya menanam saja cepat. Toh saya memang tidak sempat membuat lubang tanam dan bibit pepaya itu saya tanam langsung di tanah pekarangan tanpa sebelumnya membuat lubang tanam. Yang harus disiasati adalah cara melindungi bibit pepaya California Red Lady itu agar tidak dimakan ayam daunnya. Pekarangan belakang rumah saya jadi satu dengan pekarangan belakang milik Kangmas saya yang memelihara ayam. Sebelumnya saya coba tanam 4 batang bibit pepaya yang tumbuh dari biji pepaya yang dibuang. Ternyata bibit pepaya itu gundul tanpa ada daunnya sama sekali. Dus, saya harus mencari cara.

Akhirnya, saya putuskan untuk melindungi bibit pepaya itu dengan membuat penutup samping dari plastik. Kebetulan saya punya cukup banyak plastik pelapis karung kapur. Waktu yang saya butuhkan paling lama adalah memotong dan membelah bamboo untuk penegak plastik pelindung itu. Untung di pekarangan ada bambu yang sudah ditebang sehingga saya tinggak menggergaji sepanjang kira-kira 1 meter dan membelah menjadi 8 bagian.

Dengan waktu hanya 2 jam dan dalam keadaan hujan lebat saya menggergaji dan membelah bamboo lalu menanam bibit pepaya California Red Lady itu serta langsung mengerudungi dengan plastik. Alhamdulillah dari 46 batang bibit pepaya California Red Lady itu saya berhasil menanam 20 batang. Sisanya tinggal saya teruskan 2 minggu lagi saat saya mudik ke kampong.

Saya senang dengan pepaya jenis California karena ukuran buahnya tidak terlalu besar dengan daging buah yang tebal dan tidak cepat menjadi lunak. Tunggu kisah perkembangan pertumbuhan bibit pepaya Californa Red Lady itu 2 minggu ke depan. Semoga pelindungnya cukup kuat melindungi bibit pepaya itu dari ayam-ayam yang berkeliaran.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 10:54:00 AM

Nice article! Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan