Tahukah Kamu Biji Ketapang Bisa Dimakan Begitu Saja Tanpa Dimasak?

Buat kebanyakan orang pohon ketapang mungkin hanya dilihat sebagai pohon perindang saja. Padahal, hampir semua bagian dari pohon ketapang dapat dimanfaatkan. Pepagan dan daun-daunnya dapat dipakai untuk menyamak kulit, kayunya dipakai sebagai penutup lantai, dan biji buah ketapang dapat dimakan atau dipakai di kue-kue sebagai pengganti almond.

Berikut sebagian informasi mengenai ketapang dai Wikipedia:
Ketapang atau katapang (Terminalia catappa) adalah nama sejenis pohon tepi pantai yang rindang. Lekas tumbuh dan membentuk tajuk indah bertingkat-tingkat, ketapang kerap dijadikan pohon peneduh di taman-taman dan tepi jalan. Selain nama ketapang dengan pelbagai variasi dialeknya (misalnya Bat.: hatapang; Nias: katafa; Mink.: katapiĕng; Teupah: lahapang; Tim.: ketapas; Bug.: atapang; dll.), pohon ini juga memiliki banyak sebutan seperti talisei, tarisei, salrisé (Sulut); tiliso, tiliho, ngusu (Maluku Utara); sarisa, sirisa, sirisal, sarisalo (Mal.); lisa (Rote); kalis, kris (Papua Barat); dan sebagainya.

Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dikenal dengan nama-nama Bengal almond, Indian almond, Malabar almond, Singapore almond, Tropical almond, Sea almond, Beach almond, Talisay tree, Umbrella tree, dan lain-lain.
Informasi selengkapnya dapat dibaca di Wikipedia (jendela baru), saya tidak ingin menuliskan ulang. Di sini saya akan menceritakan bahwa biji buah ketapang dapat dimakan langsung. Tidak beracun dan rasanya seperti kacang tanah.

pohon buah ketapang
Buah Ketapang
Buah ketapang berbentuk bulat telur gepeng dan bersayap sempit di sisinya. Buah muda berwarna hijau dan setelah tua berubah menjadi kuning. Kulitnya keras menyerupai tempurung kelapa.

Saat kecil dulu keluarga saya pernah tinggal di dekat Candi Borobudur. Kami mengontrak rumah di sana karena Ayah saya dulu bekerja di Proyek Pemugaran Candi Borobudur. Di belakang rumah tetangga ada sebuah pohon ketapang besar. Saya sering bermain di bawah pohon ketapang itu sambil memecahkan buah ketapang kering untuk saya makan.
buah ketapang kering
Buah Ketapang Kering
Buah ketapang kering itu saya pecahkan dengan menggunakan batu sebagai pemukul. Alasnya juga batu. Caranya, buah ketapang kering saya letakkan di atas batu berpermukaan datar lalu saya pukul dengan batu yang saya pegang sampai pecah tempurungnya. Setelah tempurungnya pecah, bijinya saya ambil dan saya makan. Enak. Enak seperti kacang tanah.
biji buah ketapang
Biji Buah Ketapang
Biji buah ketapang bentuknya gepeng panjang. Mirip dengan bentuk buahnya.

Biji buah ketapang itu yang saya makan langsung setelah saya pecahkan dari cangkangnya. Tidak beracun. Menurut info dari Wikipedia, inti bijinya yang kering jemur menghasilkan minyak berwarna kuning hingga setengah dari bobot semula. Minyak ini mengandung asam-asam lemak seperti asam palmitat (55,5%), asam oleat (23,3%), asam linoleat, asam stearat dan asam miristat. Biji kering ini juga mengandung protein (25%), gula (16%), serta berbagai macam asam amino.

Ada kandungan gizinya juga ternyata. Paling tidak, yang mudah kita pahami, biji ketapang itu mengandung protein dan gula. Dus, memakannya bisa menambah asupan protein kita.

Memang sih, kelihatannya kita "nggragas" kalau makan biji buah ketapang. Saya sih cuek saja. Ada sumber protein nabati yang bisa didapatkan gratis dari alam ya saya sikat saja.

Berikut ada video tentang biji ketapang yang bisa dimakan. Penulis skenario, sutradara dan aktornya saya sendiri :))



Di Taman Mini Indonesia Indah banyak pohon ketapang. Waktu saya ajak keluarga saya ke sana, anak saya saya ajak duduk di bawah pohon ketapang dan makan biji ketapang. Asyik-asyik saja berwisata sambil bermain dan mengajarkan tentang biji ketapang yang bisa dimakan.

Apabila melihat biji ketapang silakan pecahkan cangkangnya dan makan bijinya. Cobalah agar Kamu bisa membuktikan apakah yang saya sampaikan di kiriman ini dan juga di video di atas benar atau tidak.

Apabila di sekitar Kamu banyak pohon ketapang dan buahnya berserakan tanpa dimanfaatkan mengapa tidak Kamu kumpulkan dan kamu ambil bijinya. Kan Kamu bisa menjualnya ke produsen kue!

Bravo!

Komentar

  1. jadi ingat jaman SD dulu.sering cari buah ketapan buat dimakan bijinya, kebetulan pohon ketapangnya di sekolahan.kalau sekarang cari daunnya buat ikan cupang hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata ada juga pemakan biji ketapang yang lain, hehehe

      Hapus
    2. iya bro masa kecil yang menyenangkan ternyata yang dimakan banyak gizinya

      Hapus
    3. Ternyata banyak jg yg prnh ngalami makan biji ketapang yg utk dapatinya penuh perjuangan prosesnya dgn menumbuk pake batu...aku dl tinggal di dekat pantai yg banyak pohon ketapangnya

      Hapus
  2. terima kasih infonya gan....jadi nambah wawasan baru ne..

    BalasHapus
  3. Trimakash info nya gan, sangant membantu saya. Tap saya mash kesulita dalam memisahkan daging buah dengan bijinya, serngkali pecah. Mohon sharenya lebih detail gan, krn saya mau mencoba perkecambahan dari bji ketapang. Trimakasih gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba dengan nut cracker atau tang pemecah biji kenari

      Hapus
  4. Kaget saya bacanya.. Wah saya jadi pengen nyoba.. Terimakasih yaa

    BalasHapus
  5. Makanan waktu masih kevil sekarang sudah males mexahinnya

    BalasHapus
  6. Thanks for sharing your information, its great and i appreciated about it!

    BalasHapus
  7. Suka cari itu dulu waktu kecil biji ketapang langsung dimakan tanpa dimasak juga.

    BalasHapus
  8. Maaf tau info yg jual biji ketapang sperti itu ga gan/sist? Urgent
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada video yang di youtube itu ada yang komentar mencari pemasok biji ketapang, beliau juga menjual biji ketapang

      Hapus
    2. Silahkan kak kami menjual biji Ketapang . Wa 081282298723

      Hapus
  9. Keras Ahhhh...Bikin Sakit Gigi Makan nya Hahahhahah

    BalasHapus
  10. di tmptku bnyk,kt org2 itu bracun jd gk ada yg brani konsumsi

    BalasHapus
  11. terimakasih informasi tentang biji ketapang.. hehe

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah, enak. Baru sekarang ibu tahu.mksh infonya

    BalasHapus
  13. Dulu wkt kecil di maluku ikut di daerah ayah kerja di dekat mess disana ada pohon ketapang gede bgt aku suka mecahin buah keyapang kering.. Enak kek kenari

    BalasHapus
  14. Kulit buah Ketapang yg udah kuning kok enak dan manis cuma agak licin. Dan banyak berserakan buah Ketapang bekas kelelawar terutama warnanya yg udah kuning

    BalasHapus
  15. Terimakasih infonya bermanfaat.

    BalasHapus

Posting Komentar