Pengalaman 4 Bulan Memakai OnePlus One

Kawan-Kawan, kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya memakai smartphone Android OnePlus One selama empat bulan. Untuk mengetahui alasan saya memilih OnePlus One silakan ikuti di Zenfone 2 VS OnePlus One, Pilihan Saya Jatuh ke OnePlus One.

OnePlus One saya akuisisi pada Juni 2015 yang lalu. Saya membeli via Lazada. Begitu OnePlus One saya terima, saya langsung upgrade OS bawaannya yaitu Cyanogen OS agar saya bisa memakai versi Android yang baru.

Kesan Memakai OnePlus One

Memakai hp android dengan RAM 3GB tentu beda dengan memakai yang hanya memiliki RAM 1GB. Kesan saya waktu baru pindah dari Lenovo S920 ke OnePlus One adalah hp bikinan Negeri Tirai Bambu OnePlus One dipakainya ngacir. Enteng banget untuk buka-buka aplikasi. Hal itu sangat wajar mengingat saya pindah dari hp dengan RAM 1GB ke RAM 3GB.

Kamera OnePlus One baik kamera utama maupun kamera depan sangat sering saya pakai. Kamera utama menurut saya kualitasnya lumayan. Kamera depan yang memiliki wide angle saya nilai bagus. Hasil jepretan untuk selfie selain lebih lebar angle-nya juga kualitas gambarnya jernih. Bukan hanya untuk mengambil gambar, kamera depan pun sering saya pakai untuk merekam video kalau saya sedang narsis. Banyak video saya di saluran YouTube saya yang saya rekam menggunakan kamera OnePlus One. Jujur saja, untuk lokasi dengan pencahayaan kurang, hasil video menjadi kurang terang seperti contoh pada video di bawah. Saya sih maklum saja, namanya juga merekam dengan hp.


Kapasitas ROM 64GB memberi ruang penyimpanan yang sangat lega. Saya jadi bisa memasang banyak aplikasi dan tidak khawatir ruang penyimpanan segera penuh karena saya sering menggunakan kamera untuk mengambil gambar dan video.

Baterai lumayan lah. Cukup untuk menunjang aktivitas saya selama kerja. Dengan penggunaan yang cukup intensif bisa bertahan 12 - 15 jam. Kalau untuk stand by saja saya belum pernah mencoba. Hehehe, jari gatel kalau nggak oles-oles layar hp.

Untuk pengalaman bermain game saya tidak bisa memberi kesan karena saya tidak pernah bermain game di hp. Saya bukan orang yang suka main game :(

OnePlus One Lemot

OnePlus One saya tidak selalu ngacir. Saya juga punya pengalaman OnePlus One saya lemot dan membuat jengkel. Setelah saya analisis, saya menyimpulkan bahwa aplikasi BBM yang membuat OnePlus One saya lemot. Ada lebih dari 500 kontak dan sekitar 20-an grup di BBM saya. Saya kira aplikasi BBM itu lah yang menguras RAM hp OnePlus One saya. Akhirnya, aplikasi BBM saya copot karena saya juga sudah tidak terlalu sering menggunakannya.

Benar saja, setelah aplikasi BBM saya copot, OnePlus One saya ngacir lagi.

Update OS

Cyanogen OS yang saya pakai di OnePlus sudah 3 kali memberikan update, 2 kali upgrade dan 1 kali security patch. Versi Cyanogen OS yang saya pakai bisa dilihat di gambar di bawah. Terakhir mendapat patch update via OTA pada 1 November 2015.


Oxygen OS

Untuk OnePlus 2, OnePlus tidak lagi menggunakan Cyanogen OS tetapi Oxygen OS. OnePlus One juga bisa diganti OS-nya dari Cyanogen OS ke Oxygen OS tetapi saya masih tetap memakai Cyanogen OS.

OnePlus One Beli Di Mana?

OnePlus One bisa dibeli di Lazada.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

2 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, November 12, 2015 7:03:00 AM

ponsel bagus ini..
cuma harganya masih diatas rata2

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, November 13, 2015 1:06:00 PM

Harga di atas rata-rata hp Cina lain yang speknya di bawahnya. Dengan spek seperti itu, One+ 1 hanya separonya Samsung.

Untuk versi yang lebih murah tunggu OnePlus X masuk Indonesia.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan