Berkunjung ke Lokasi Wisata Alam Kalibiru di Kulon Progo

Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta
Jumat (25/3/2016) Kang Kombor, Yu Kombor dan Dhenok berkunjung ke lokasi Wisata Alam Kalibiru yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Wisata Alam Kalibiru ini berada di atas Waduk Sermo yang juga sering dikunjungi sebagai lokasi wisata oleh para wisatawan lokal. Kang Kombor menuju Kalibiru dari Sleman melewati Jl. Wates. Untuk menuju ke Kalibiru dari Jl. Wates cari petunjuk arah ke Waduk Sermo karena lokasi Wisata Alam Kalibiru sekitar 3 km dari Waduk Sermo. Untuk kendaraan kecil bisa masuk dulu ke area Waduk Sermo. Akan ada petunjuk jalan menuju Kalibiru setelah menyusuri tepi Waduk Sermo.

Kang Kombor pergi ke Puncak Kalibiru pada hari Jumat. Jangan khawatir, di atas, sebelum gerbang masuk Kalibiru ada masjid sehingga yang muslim bisa mendirikan ibadah wajib shalat Jumat pada saat berkunjung ke Kalibiru.

Oh ya, untuk berkunjung ke Kalibiru pastikan kendaraan dalam kondisi prima karena jalan menuju lokasi Wisata Alam Kalibiru itu berupa jalan kecil menanjak. Banyak tanjakan curam dan panjang. Jalannya sempit hanya cukup untuk satu mobil. Akan tetapi, Kawan-Kawan jangan khawatir, ada petugas di beberapa pos mulai dari bawah sampai atas yang akan mengatur lalu-lintas naik ke dan turun dari Puncak Kalibiru.

Suasana Puncak Kalibiru saat Kang Kombor berkunjung itu lumayan ramai. Banyak pengunjung yang berasal dari luar wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Bahkan, Kang Kombor sempat melihat sepasang turis bule di Puncak Kalibiru pada hari libur Kenaikan Isa Almasih itu. Sayangnya, karena rame, Yu Kombor dan Dhenok jadi tidak sempat berfoto di Kalibiru karena antrian spot foto sudah sangat banyak. Ada 1 spot panggung, 3 spot pohon dan 1 spot outbound yang bisa dipakai untuk berfoto. Waktu itu sudah pukul 13:30 WIB dan antrian di tiap spot ada sekitar 50 orang. Kalau menunggu, bisa sampai sore kami baru bisa dapat jatah berfoto. Padahal, masih ada rencana berkunjung ke tempat lain. Jadinya kami meninggalkan Puncak Kalibiru tanpa ada bukti berupa foto di spot foto Kalibiru. Sayang banget to...

Awal pendakian menuju Puncak Kalibiru
Awal pendakian menuju Puncak Kalibiru
Supaya jangan kaget kalau berkunjung ke Puncak Kalibiru, setelah melewati jalan menanjak menuju lokasi wisata, untuk menuju Puncak Kalibiru pun kita masih harus berjalan mendaki. Dari jalan masuk menuju loket karcis, kita mendaki sekitar 100 meter. Dari loket karcis menuju Puncak Kalibiru, kita akan mendaki lagi sekitar 100 meter. Lumayan ngos-ngosan juga naik dari bawah sampai Puncak Kalibiru. Untungnya, ngos-ngosan itu terbayar dengan pemandangan indah dari Puncak Kalibiru ke arah bawah. Di arah Selatan, kita bisa melihat Waduk Sermo. Ke arah mata angin yang lain, kita dapat melihat pemandangan perbukitan Menoreh yang hijau kebiruan.

Di bawah ini ada oleh-oleh Kang Kombor berupa tiga video saat kami berkunjung ke Kalibiru. Silakan tonton kalau pengen tahu bagaimana kami berjalan dari bawah menuju Puncak Kalibiru.






Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Mei 19, 2016 11:13:00 PM

Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Berkunjung ke Lokasi Wisata Alam Kalibiru di Kulon Progo ".
Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

Selamat meydhiwiratama dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan