Tips Memperbaiki Kusen Kayu Keropos

Sudah melakukan perawatan agar kusen kayu rumah minimalis tetap awet namun ternyata kusen itu masih juga keropos karena dimakan rayap? Apabila tidak segera diperbaiki maka kerusakan akan semakin melebar. Sebab, rayap masih tinggal dan memakan kusen kayu tersebut. Untuk membantu Anda agar tidak bingung bagaimana cara memperbaiki kusen kayu yang rusak, berikut ini diberitahukan langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk  memperbaiki kusen kayu :
1. Perhatikan   seberapa besar kerusakan pada kusen Anda. Apabila kerusakan dalam skala kecil,  maka kusen tidak perlu dilepas. Sedangkan untuk kerusakan yang merata atau lebih dari setengah dari keseluruhan bagian kusen, maka Anda harus melepas kusen.
2. Persiapkan alat yang dibutuhkan seperti: gergaji, pahat, meteran, garisan siku, kayu penyiku, waterpass, angkur, palu dan paku. Dengan alat yang lengkap Anda akan lebih cepat dalam proses pemasangan sambungan.
3. Potong bagian kusen yang rusak lalu ukur berapa panjang dan lebar kerusakan kusen itu. Jangan lupa untuk memberi obat pembasmi rayap. Hal ini bertujuan agar rayap tidak memakan lagi kayu kusen dan sambungan.
4. Ukur lalu potong  kayu penambal atau sambungan dengan ukuran ditambah dua sampai tiga centimeter dari bagian kayu yang rusak. Lebih baik Anda menggunakan kayu sambungan yang sama bentuk dan jenis dengan kayu kusen.
5. Tempelkan kayu penambal dengan rapih. Gunakan waterpass untuk mengetahui rata atau tidak antara kayu sambungan dengan kusen. Paku sambungan kusen tersebut. Apabila bagian yang rusak dekat dengan tembok maka lebih baik Anda menggunakan angkur sebagai penguat kusen. Bila perlu pasang penyiku pada kusen agar tidak merubah posisi kusen pada saat memperbaiki kusen.
6. Samarkan warna sambungan dengan kusen memakai cat. Anda juga bisa menggunakan plitur dan pernis agar kusen terlihat alami dan mengkilap. Anda bisa melihat kusen kayu jendela atau pintu rumah Anda kokoh seperti baru.
Semoga dengan cara di atas Anda bisa memperbaiki kusen yang keropos.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan