Cara Membuat Monitor CRT Komputer Bekas Menjadi TV

Masih ingat kasus Pak Kusrin pembuat TV dari monitor komputer bekas di Karanganyar Jawa Tengah yang digrebek polisi karena usahanya tidak memiliki ijin tetapi akhirnya berakhir bahagia karena dia dibantu untuk memperoleh ijin dan memperoleh sertifikasi? Nah, kalau Kawan-Kawan punya monitor komputer tabung tidak terpakai, Kawan-Kawan juga bisa membuat TV dari monitor bekas itu. Bahkan, bukan hanya monitor CRT, apabila Kawan-Kawan punya monitor LCD/LED pun bisa dijadikan televisi. Caranya tidak serumit pembuatan televisi dari monitor seperti yang dilakukan Pak Kusrin. Cara ini sangat mudah.

Untuk membuat monior komputer bekas CRT menjadi pesawat televisi atau mau memanfaatkan monitor LCD/LED sebagai pesawat televisi, Kawan-Kawan cukup membeli External TV Tuner. Ada setidaknya dua merek yang beredar di pasar, yaitu Gadmei dan Advance.

Advance TV Tuner ATV-318B
Advance TV Tuner

Advance TV Tuner adalah alat yang dapat mengubah monitor tabung (CRT) maupun LCD komputer menjadi sebuah televisi jika anda sedang tidak menggunakan komputer. Perangkat ini juga mendukung resolusi tinggi hingga 1920x1200 dan format layar lebar (widescreen) untuk monitor LCD. Uniknya TV Tuner ini tersedia Video dan Audio input dari konektor tipe RCA sudah familiar tersedia di toko elektronik.

TV Tuner ini juga menyediakan kanal Video masukan dari konektor tipe RCA dan S-Video yang dapat digunakan untuk input kamera CCTV, VCD/DVD Player, Game Console (PS/PS2) dan lain-lain. TV Tuner ini juga menyediakan kanal keluaran video RCA untuk dihubungkan ke TV konvensional dan tidak ketinggalan keluaran Audio 3,5 mm untuk dipasangkan ke speaker/headset terpisah, yang tentunya juga sudah tersedia loud speaker di dalam alat ini.

Gadmei TV Tuner 3810E
Gadmei TV Tuner 3810E

Gadmei TV Tuner TV3810E merupakan tv tuner yang bisa di gunakan pada monitor pc seperti CRT (monitor tabung) atau LCD. TV Tuner TV3810E didukung resolusi layar yang lumayan tinggi mulai dari 800x600 dan 1024x768 dilengkapi juga dengan chip pencari sinyal TV provfesional (DPTV). TV Tuner TV3810E frekuensinya sudah ditingkatkan ke 60Hz. selain itu produk ini juga memiliki desain yang sangat menarik dan di lengkapi dengan built in speaker.

Mempunyai frekuensi phse lock (PLL) yang berguna untuk menstabilkan penerimaan sinyal, fungsi penuh remote control IR , fungsi urutan nomor  channel memudahkan pengguna mengubah urutan channel sesuai keinginan. Mempunyai gambar 3D yang jernih di lengkapi juga dengan fungsi kalkulator/kalender/permainan /dan on/off power otomatis menggunakan alarm selama 24 jam. TV Tuner TV3810E mempunyai input power DC 5V-600mA, input RF 47-870 MHz, dan input video 1Vp-p (PAL /NTSC). TV Tuner TV3810E mempunyai output frekuensi horizontal sebesar 37KHz-48KHz, dan frekuensi vertikal sebesar 60Hz.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan