Uang NKRI dan Gambar Pahhlawan Baru di Uang Kertas dan Uang Logam Rupiah

Bank Indonesia akan mengeluarkan uang NKRI. Uang NKRI adalah uang yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan RI dan Gubernur Bank Indonesia. Selama ini, uang Rupiah hanya ditandatangani oleh Gubernur BI. Sejalan dengan rencana peluncuran Uang NKRI itu, desain uang kertas dan uang logam Rupiah juga akan berubah karena akan ada gambar pahlawan baru yang akan menggantikan gambar pahlawan yang lama yang ada di pecahan uang kertas dan uang logam Rupiah, kecuali untuk pecahan uang Rp100000 yang tidak akan berubah.

Pada 5 September 2016, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama Pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Berikut hal-hal yang ditetapkan dalam Keppres tersebut seperti dikutip dari halaman resmi Setkab:

a. Gambar Pahlawan Nasional Dr. (HC) Ir. Soekarno dan Dr (HC) Drs. Mohammad Hatta sebagai gambar utama pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 100.000 (seratus ribu rupiah)
b. Gambar Pahlawan Nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah)
c. Gambar Pahlawan Nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 20.000 (dua puluh ribu rupiah)
d. Gambar Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah)
e. Gambar Pahlawan Nasional Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 5.000 (lima ribu rupiah)
f. Gambar Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 2.000 (dua ribu rupiah)
g. Gambar Pahlawan Nasional Tjut Meutiah sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 1.000 (seribu rupiah)
h. Gambar Pahlawan Nasional Mr. I Gusti Ketut Pudja sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 1.000 (seribu rupiah)
i. Gambar Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 500 (lima ratus rupiah)
j. Gambar Pahlawan Nasional Dr. Tjiptomangunkusumo sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 200 (dua ratus rupiah)
k. Gambar Pahlawan Nasional Prof.Dr.Ir. Herman Johanes sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 100,00 (seratus rupiah).

Detik Finance telah membuat ilustrasi yang menjelaskan perubahan tersebut. Silakan simak di bawah ini.

uang NKRI dan gambar pahlawan baru

Dengan uang NKRI itu nanti tidak akan ada lagi guyonan seorang kakek tua dikeroyok 13 laki-laki gagah membawa pedang, hehehe…
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

3 komentar

Click here for komentar

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan