Selasa, Februari 14, 2017

Blusukan ke Kali Kuning yang Telah Tercemar Limbah Pabrik Tekstil

Kali Kuning, begitu kami menyebut sungai yang melewati pedukuhan kami di sisi Timur, mulai dari pinggir Jalan Magelang di sisi Utara sampai ke lokasi yang disebut Grenjeng di sisi Selatan.

Lokasi di Kali Kuning yang disebut GrenjengKali Kuning ini hanya sungai kecil. Entah di mana mata airnya, Kang Kombor malah belum pernah menyusuri. Namun, muara Kali Kuning ini berupa tempuran atau pertemuan dengan Kali Nyoho di Pedukuhan Nambongan, Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, yang hasil pertemuannya menjadi Kali Kontheng (Konteng).

Kali Kuning di sisi Selatan dari Jalan Magelang bisa dikataka sudah tidak ada ikannya karena sejak berdirinya pabrik tekstil di Medari, Kali Kuning sudah dialiri limbah pabrik yang meracuni ikan-ikan yang berhabitat di Kali Kuning. Kang Kombor masih mengalami masa-masa pembuangan limbah itu di mana limbah berwarna keputihan. Kami menyebut limbah itu dengan “sludah”. Apabila Kali Kuning disludah, itu artinya sedang dialiri limbah dari pabrik tekstil. Saat itu kami akan ke Kali Kuning untuk memunguti ikan-ikan yang teler karena keracunan limbah.


Saat ini, limbah dari pabrik tekstil tidak lagi berwarna putih melainkan kecoklatan. Kebetulan saat Kang Kombor blusukan ke Kali Kuning, sedang ada limbah yang dibuang ke sungai. Silakan saksikan saja pada tiga video di bawah ini.

Related Posts

Blusukan ke Kali Kuning yang Telah Tercemar Limbah Pabrik Tekstil
4/ 5
Oleh

1 comments: