Akses GIF WhatsApp Diblokir Mengapa Akses GIF Telegram Tidak?

GIF di WhatsApp Diblokir Kemkominfo

Hari ini, Selasa, 7 November 2017, akses ke fasilitas pencarian gambar bergerak berformat GIF pada aplikasi perpesanan instan WhatsApp telah diblokir oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kominfo.

Pemblokiran dilakukan dengan menutup akses ke enam domain dan subdomain milik tenor, yaitu tenor.com, api.tenor.com, blog.tenor.com, qa.tenor.com, media.tenor.com dan media1.tenor.com.

Pemblokiran yang dilakukan oleh Kemkominfo itu serupa dengan pemblokiran yang dilakukan terhadap telegram web pada Juli 2017 yang lalu. Silakan baca Telegram Web Diblokir? Ini Solusi untuk Membuka Akses Telegram Web yang Diblokir.

Selain efektif memblokir akses ke situs tenor pada aplikasi WhatsApp di ponsel, pemblokiran itu juga manjur pada WhatsApp versi desktop. Sore ini Kombor.com mencoba mencari GIF via WhatsApp dekstop dan sudah tidak bisa.


Mengapa GIF pada Telegram Tidak Diblokir?

Pemerintah memang sudah memblokir akses ke penyedia konten GIF yang dipakai WhatsApp, yaitu tenor. Akan tetapi, mengapa akses GIF pada aplikasi perpesanan instan telegram tidak diblokir oleh Kemkominfo? Apakah cara kerja Kemkominfo itu menunggu laporan masyarakat dulu baru bertindak atau Kemkominfo secara aktif melakukan pengawasan terhadap produk-produk tekonologi informasi dan telematika yang bisa diakses oleh masyarakat?

Apabila akses ke penyedia konten GIF di WhatsApp diblokir, sudah semestinta akses ke penyedia konten GIF pada aplikasi telegram dan aplikasi-aplikasi lainnya yang kemungkinan besar dapat diakses oleh anak-anak – apabila ada – juga diblokir oleh Kemkominfo.

Tenor.Com Diblokir Tapi Giphy.Com Tidak

tampilan giphy.com

Penyedia konten GIF bukan hanya tenor,com saja. Ada lagi Giphy.com yang juga menjadi penyedia konten GIF yang dipakai oleh aplikasi perpesanan instan.

Serupa dengan pertanyaan mengapa hanya untuk WhatsApp saja pemblokiran akses ke penyedia konten GIF itu sedangkan akses aplikasi telegram ke penyedia konten GIF tidak diblokir, maka patut juga dipertanyakan mengapa hanya akses ke tenor.com saja yang diblokir sedangkan akses ke giphy.com tidak diblokir?

Sampai dengan kiriman ini dipublikasikan, Kombor.com masih bisa mengakses konten GIF pada aplikasi telegram messenger maupun membuka giphy.com menggunakan peramban komputer.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan