Senin, Februari 19, 2018

Google Menghapus Tombol View Image pada Hasil Pencarian Gambar Google Image Search

google menghapus tombol visit image pada hasil pencarian gambar google image


Pada 15 Februari 2018, Google melakukan perubahan pada pencarian gambar. Perubahan yang kedengarannya kecil tetapi akibatnya sebenarnya besar, yaitu; Google menghapus tombol ‘Visit Image’ pada hasil pencarian gambar.


Biasanya, apabila kita mencari gambar kemudian mengklik salah satu gambar pada halaman hasil pencarian gambar maka akan ada tombol Visit, Visit Image dan Share. Untuk versi lain ada yang Visit, Visit Image, Save, View Saved, dan Share. Akan tetapi, sejak 15 Februari 2018 lalu, kita tidak akan pernah melihat tombol Visit Image lagi.


Google mengumumkan perubahan itu melalui cuitan di akun Twitter @searchliaison sebagai berikut:






Tombol Search by Image juga dihilangkan oleh Google. Tombol Search by Image ini muncul saat kita membuka sebuah gambar. Akan tetapi, untungnya Google masih mengijinkan kita untuk melakukan pencarian balik gabar (reverse image search) dengan cara menggeret sebuah gambar ke bar pencarian dan Google akan menampilkan gambar-gambar yang terkait saat kita mengklik salah satu gambar pada hasil pencarian.


Penghapusan tombol Visit Image itu merupakan sebagai tindak lanjut dari kesepakatan antara Google dengan Getty Images yang merancang keseimbangan antara kebutuhan pengguna dan kepentingan pemublikasi gambar. Memang, dengan adanya tombol Visit Image, pencari gambar bisa langsung membuka gambar yang dipilih tanpa harus mengunjungi halaman web di mana gambar itu di pasang. Di satu sisi, hal itu sangat menguntungkan bagi pencari gambar tetapi di sisi lain kurang menguntungkan bagi penayang gambar. Bisa saja gambar itu disematkan di halaman web yang digunakan untuk menayangkan iklan. Dengan pencari gambar langsung menuju ke gambar maka ada peluang mendapatkan penghasilan iklan milik penayang gambar yang hilang.


klik kanan hasil pencarian gambar google image


Kabar baik lainnya, Google tidak menghapus menu View Image pada saat kita mengklik kanan gambar hasil pencarian melalui peramban desktop.

Related Posts

Google Menghapus Tombol View Image pada Hasil Pencarian Gambar Google Image Search
4/ 5
Oleh