Pisang Raja Sewu, Pisang Yang Tandan Buahnya Bisa Menyentuh Tanah Karena Panjangnya

Melihat pisang kepok, pisang ambon, pisang raja, pisang nangka, pisang susu atau pisang tanduk bisa dikatakan sebagai sesuatu yang biasa. Namun, melihat pisang langka yang satu ini, orang bisa dibuat heran. Namanya pisang Raja Sewu. Bisa juga disebut Pisang Seribu atau Gedhang Sewu. Nama sewu atau seribu diberikan karena buah yang dihasilkan oleh pohon pisang Raja Sewu sangat banyak. Tandan buah Raja Sewu sangat panjang hingga ujungnya bisa menyentuh tanah.

Saya melihat pisang Raja Sewu itu pada 6 Juni 2015 yang lalu di Pedukuhan Jetis, Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemiliknya bernama Pak Doni, seorang pedagang buah yang rumahnya persis di pinggir Jl. Demang Ronggowarsito.

Sebenarnya Pedukuhan Jetis adalah pedukuhan tempat saya tinggal tetapi karena hanya setiap dua minggu sekali saya pulang ke sana, saya tidak terlalu memperhatikan. Baru pada Sabtu itu saya melihat penampakan pisang yang unik yang tandannya menjuntai ke bawah sangat panjang.

foto pisang raja sewu
Pisang Raja Sewu itu panjang tandannya kira-kira sudah mencapai 165 cm. Kalau dibandingkan, sudah setinggi postur tubuh saya.
kang kombor dan pisang raja sewu
Menurut cerita Pak Doni, banyak orang yang sudah memesan anakan dari pohon Pisang Raja Sewu itu untuk ditanam sebagai hiasan. Walaupun buahnya bisa dimakan tetapi ukuran buahnya yang kecil-kecil kurang ekonomis untuk dimakan. Pak Doni sendiri mengaku menanam Pisang Raja Sewu itu untuk hiasan saja.

Di bawah ini video untuk Pisang Raja Sewu tersebut.

Komentar


  1. HOT PROMO : TOGEL ONLINE TERPERCAYA
    ▶ Bonus New Member 10Rb dengan syarat Minimal Deposit 50rb
    ▶ BONUS Setiap DEPOSIT 2%
    ▶ Referal Terbesar : 2% !! Seumur Hidup
    ▶ Discount terbesar dari 29% – 66%
    ▶ Roda Keberuntungan ( Bonus Spin dari Total Betting ) NEW

    ▶ Pin BBM : D1A279B6/7B83E334(Full)
    ▶ Skype : Poin.4D
    ▶ WhatsApp : +85598291698
    ▶ Wechat : +85598291698
    ▶ Line : +85598291698
    poin4d.com

    BalasHapus

Posting Komentar