Rekomendasi Software Text To Speech Berbahasa Indonesia dengan Suara Damayanti

tangkapan layar text to speech software balabolka

Rekomendasi Software Text To Speech Berbahasa Indonesia dengan Suara Damayanti.

Kamu tipe orang yang senang mendengar daripada membaca dan ingin ada yang membacakan buku, dokumen, email, atau berita untukmu? Kamu tentu membutuhkan piranti lunak yang bisa membacakan semua teks itu untukmu. Piranti lunak itu disebut text to speech.

Dalam skenario lainnya, Kamu ingin membuat video yang dilengkapi dengan narasi suara tetapi Kamu tidak pede untuk merekam suaramu sendiri atau lingkungan di studiomu tidak memungkinkan bagimu untuk merekam suara tanpa ada gangguan-gangguan bunyi-bunyian yang lain? Untuk kasus ini Kamu juga butuh text to speech software.

Kalau Kamu amati, banyak video di YouTube yang memiliki narasi berbahasa Indonesia memakai suara seorang wanita yang di hampir semua video suaranya muncul, itulah suara Damayanti. Suara yang sangat terkenal di dunia teks ke wicara karena sampai saat ini untuk teks ke wicara bahasa Indonesia baru ada dua suara yang sudah direkam yaitu suara Pak Arry Akhmad  Armand yang mengembangkan piranti lunak teks ke wicara dalam bahasa Indonesia pertama kali dengan piranti lunak yang diberi nama IndoTTS dan Ibu Damayanti.


Karena IndoTTS tidak bisa Kang Kombor instal di Windows 10, untuk bisa memakai piranti lunak yang memakai suara Pak Arry Akhmad  Armand itu Kang Kombor harus melakukan pencarian di internet. Setelah hanya memakai Panopreter Basic untuk mendengarkan teks ke wicara bahasa Inggris akhirnya Kang Kombor menemukan kiriman blog yang mengulas cara instalasi piranti lunak eSpeak yang memakai suara Pak Armand. Silakan baca saja kiriman blog itu di sini.

Kemudian untuk suara Damayanti, Kang Kombor baru menemukan setelah membaca di situs web Panopreter mengenai suara jenis apa yang bisa dipakai di piranti lunak itu. Panopreter bisa membaca semua jenis basis data suara yang memakai Microsoft SAPI 5. Sapi apa pula itu? Sapi Jawa atau Sapi Madura? Hhhh…

Berbekal kata kunci SAPI 5 dan Damayanti voice akhirnya Kang Kombor menemukan vocalizer damayanti yang sudah dalam format Microsoft SAPI 5 di sini. Vocalizer ini tinggal diinstal dan bisa dipakai dengan Panopreter Basic yang gratis. Akan tetapi, ada piranti lunak gratis pembaca teks ke wicara yang lain yang antarmukanya lebih menarik dari Panopreter Basic. Namanya Balabolka. Namanya lucu tapi bisa membantumu membacakan teks dalam bahasa Indonesia.

Sebagai hadiah karena Kamu sudah membaca sampai pragraf akhir ini, rekomendasi Kang Kombor apabila Kamu mencari software text to speech bahasa Indonesia dengan suara Damayanti, unduh saja Balabolka dan vocalizer Damayanti.

Komentar

  1. Saya sering mencari Text to Speech Indonesia. Yang paling bagus ya Damayanti ini (suara perempuan). Saya mencari suara laki-laki tapi belum dapat. Yang terbaru, dari Microsoft adalah suara Aditya. Namun anehnya belum bisa digunakan dengan aplikasi Text Aloud atau Balabolka. Apa ada info lebih lanjut untuk Indonesian Male Text to Speech?

    BalasHapus
  2. kang masih ada vocalizer damayanti yg format microsoft sapi 5 ga ?
    mau didonlot kok no longer available

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di sini https://drive.google.com/file/d/1oba47D9IOO0Kfqahoy3XiEnVHHbiKP1O/view

      Hapus
  3. kang adanya cuma yang Damayanti aja ya? yang suara laki-laki bahasa Indonesia ada gak?

    BalasHapus
  4. https://www.kobaspeech.com/en/kobaspeech-2/downloads-kobaspeech-2

    BalasHapus
  5. Terima kasih utk TTS Damayanti-nya. sdh berhari hari sy cari yg bhs Indonesia baru ketemu di sini dan berfungsi dng baik bareng Balabolka. Sukses dan tengkiu utk sharing ilmunya

    BalasHapus
  6. ini yang dari dulu dicari, good laah

    BalasHapus
  7. halo bang. ada ga ya vocalizer selain damayanti, aku liat kemaren di prosa.ai cuma penawaran aja kaga ada nama yang udah di kemas dalam bentuk file microsotf / aplikasi. bagus itu buat bantu membaca, klo damayanti menurut ku masih terlalu bot banget, kurang expresive.. kalo ada update disini ya bang, terimaklasih

    BalasHapus
  8. Saya baru tau kalau itu suara damayanti, wkwkwk. thank kang kombor.

    BalasHapus
  9. assalamu'alaikum kak aditiya
    mau tanya......
    cara ubah suara ke bahasa indonesia kalau aplikasi portable bagaimana yaaaaaaa
    terimakasih
    saya suka aplikasinya

    BalasHapus

Posting Komentar