Berkunjung ke Penangkaran Buaya di Tritip Balikpapan

Sebenarnya perjalanan ke Balikpapan ini sudah lama Kang Kombor lakukan tetapi Kang Kombor belum mengisahkan perjalanan itu di sini. Ya, perjalanan mengunjungi penangkaran buaya di Tritip, Balikpapan.

Perjalanan ke Balikpapan itu Kang Kombor lakukan pada 11 - 12 April 2018. Sudah lama bukan? Hehehe...

Kang Kombor berangkat dari Jakarta ke Balikpapan menggunakan pesawat udara dengan relasi Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Perjalanan memakan waktu lebih kurang 3 jam 30 menit. Dari Bandara Soekarno - Hatta pukul 08:40 WIB dan tiba di Bandara Sepinggan pukul 12:10 WIB.

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan (Dok pribadi)


Di Balikpapan Kang Kombor menginap di Aston Balikpapan Hotel & Residense yang posisinya di pinggir pantai sehingga pengunjung hotel ini bisa menikmati pemandangan pantai dari areal hotel.

Oh ya, apabila Kawan-Kawan akan melakukan perjalanan ke Balikpapan, untuk mencari tiket pesawat, Kawan-Kawan bisa menggunakan fitur tiket pesawat dari Pegipegi. Cara pemakaian fitur pencarian tiket pesawat Pegipegi sangat mudah. Kawan-Kawan tinggal buka website Pegipegi dan pilih tab Pesawat. Lalu Kawan-Kawan tinggal mencari tiket pesawat Jakarta-Balikpapan. Nanti akan muncul banyak pilihan alternatif pesawat dan jadwal keberangkatannya. Tidak hanya pesawat, reservasi hotel di Balikpapan pun bisa dilakukan dengan layanan Pegipegi.

Balik ke kisah perjalanan Kang Kombor, pada hari pertama Kang Kombor hanya putar-putar menikmati pemandangan kota Balikpapan. Di antaranya pergi ke Restoran Dandito yang terkenal akan kepitingnya dan malam harinya nongkrong di Lotus Cafe pada malam harinya. Lotus Cafe ini tempat nongkrong yang asyik yang berada persis di pinggir pantai.

Kunjungan ke penangkaran buaya di Tritip, Balikpapan, Kang Kombor lakukan pada 12 April 2018 pagi. Penangkaran buaya yang Kang Kombor kunjungi adalah Penangkaran Buaya CV. Surya Raya.

penangkaran buaya tritip balikpapan
Penangkaran Buaya CV. Surya Raya, Tritip, Balikpapan (Dok Pribadi)


Di penangkara buaya ini kita bisa melihat kandang-kandang penangkaran buaya mulai dari buaya yang masih kecil sampai pada buaya yang sudah besar. Di kandang buaya yang besar, kita bisa memberi makan buaya dengan ayam yang sudah mati. Ayamnya dapat dibeli dari pengelola penangkaran buaya. Dari seluruh kegiatan di penangkaran buaya di Tritip itu, memberi makan buaya adalah kegiatan yang paling mengesankan. Saking mengesankannya, Kang Kombor sampai membuat video khusus tentang pengalaman memberi makan buaya di penangkaran buaya di tritip. Kedua video itu bisa dilihat di bawah ini.

Video pertama:


Video kedua:


Setelah puas melihat-lihat kandang-kandang penangkaran buaya, kita bisa membeli suvenir yang dibuat dari kulit buaya dan juga tangkur buaya! Wow, tangkur buaya! Gunanya untuk apa? Wah, kalau soal gunanya tangkur buaya silakan googling sendiri ya, hehehe...

Tangkur buaya di CV. Surya Raya, Tritip, Balikpapan (Dok Pribadi)

Di luar penangkaran ada kantin yang juga menyediakan sate buaya. Untuk yang bisa makan sate buaya, tidak ada salahnya untuk mencicipi sate buaya di sana. Kang Kombor tidak bisa menceritakan seperti apa rasa sate buaya karena Kang Kombor tidak bisa makan sate buaya.

Seru banget perjalanan ke penangkaran buaya itu. Asli nggak rugi mengunjunginya.

Dan pada 12 April 2018 malam, Kang Kombor pun kembali ke Jakarta. Kali ini penerbangan dari Balikpapan menuju Jakarta. Perjalanan dari wilayah waktu tengah Indonesia ke wilayah waktu barat Indonesia.

Sebuah perjalanan yang sangat mengesankan.

Komentar