Penyimpanan Online Aman dan Menjaga Privasi Sebagai Alternatif untuk Google Drive

logo google drive
Di zaman komputasi awan (cloud computing) saat ini, penyimpanan awan (cloud storage) juga sama populernya. Bahkan antara komputasi awan dan penyimpanan awan itu ada hubungan yang erat saling terkait. Yang lebih menakjubkan, penggunaan penyimpanan awan saat ini juga erat hubungannya dengan pengguna perangkat bergerak (mobile device). Layanan penyimpanan awan yang sangat terkenal salah satunya adalah Google Drive yang merupakan produk dari Google. Google Drive sangat terkenal karena layanan penyimpanan online ini -- seperti produk Google lainnya - dipaket dengan sistem operasi Android yang juga merupakan sistem operasi bergerak milik Google. Google Drive sangat mudah dipakai tetapi dari sisi privasi agak kurang. Bagi sebagian orang, privasi itu sangat penting sehingga mereka perlu mencari dan memakai alternatif penyimpanan online yang aman dan menjaga privasi.

Adakah alternatif penyimpanan online sebagai pengganti Google Drive?

Tentu saja ada. Di bawah ini adalah daftarnya:
  • Tresorit – Opsi penyimpanan awan yang ramah pengguna dan berbasis di Swiss.
  • ownCloud – Platform awan open source dan self-hosted yang dikembangkan di Jerman.
  • Nextcloud – Nextcloud juga sebuah open source, self-hosted file sharing dan platform kolaborasi yang berbasis di Jerman.
  • Sync – Berbasis di Kanada, Sync menawarkan solusi penyimpanan awan yang aman dan terenkripsi untuk bisnis dan pribadi.
  • Syncthing – Ini adalah platform penyimpanan awan yang terdesentraisasi, open source an berbasis peer to peer.
Kok DropBox tidak masuk padahal sangat populer? Ya memang DropBox sangat populer tetapi dari sisi privasi bukan yang paling bagus.

Komentar