Video Koleksi Museum Bahari Jakarta

Halo Kawan-Kawan! Pada Kamis siang (19 Desember 2019) sampai Sabtu pagi (21 Desember 2019) Kang Kombor berada di Penjaringan, Jakarta Utara. Kesempatan yang baik itu Kang Kombor manfaatkan untuk berjalan-jalan di sekitar tempat Kang Kombor numpang menginap. Alhamdulillah, lokasi menginap Kang Kombor berada di dekat Pelabuhan Sunda Kelapa dan juga Museum Bahari Jakarta.

Jumat pagi Kang Kombor berencana jalan-jalan ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Sebelum tiba di Pelabuhan Sunda Kelapa, Kang Kombor berdiri di sebuah menara yang ternyata adalah Menara Syahbandar Pelabuhan Sunda Kelapa yang dulu dipergunakan oleh syahbandar pelabuhan untuk mengawasi seluruh kegiatan di kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Tidak jauh dari Menara Syahbandar, tepatnya di seberang jalan terdapat gedung tua peninggalan VOC berupa sebuah gedung yaitu Galangan VOC. Sesuai namanya, gedung ini dulunya merupakan sebuah galangan tempat menyimpan dan memperbaiki kapal-kapal VOC baik kapal besar maupun kecil. Galangan VOC didirikan pada sekitar 1628. Galangan VOC pernah beberapa kali berubah fungsi seperti menjadi kantor, gudang serta bengkel pembuat peta, kompas dan jam pasir. Galangan VOC pun pernah menjadi sebuah restoran yang sempat jaya tetapi kemudian mati suri.

Nah, masuk ke Jl. Pasar Ikan, kita akan menemukan Museum Bahari Jakarta. Di dalam museum bahari ini terdapat koleksi benda-benda atau artefak yang berhubungan dengan dunia kemaritiman atau dunia bahari. Menara Syahbandar di mulut Jl. Pasar Ikan juga merupakan bagian dari Museum Bahari Jakarta.

Kang Kombor tidak akan menuliskan koleksi Museum Bahari Jakarta pada kiriman ini tetapi Kawan-Kawan dapat melihatnya dari video di bawah ini agar lebih jelas.



Komentar