Cara Semai Kangkung Hidroponik Tanpa Rockwool

Umumnya, para pelaku hidroponik melakukan penyemaian benih kangkung menggunakan media tanam baik itu rockwool atau pun cocopeat. Cara menyemai kangkung yang paling sering dilakukan memang menggunakan media tanam. Akan tetapi, ada cara menyemai kangkung yang tidak menggunakan rockwool atau media tanam lainnya.

Cara menyemai kangkung tanpa rockwool cukup menggunakan potongan pipa PVC 3/4 inci yang dipotong-potong sepanjang 2 cm. Potongan pipa PVC tersebut kemudian diletakkan di meja semai NFT yang memiliki air nutrisi yang mengalir. Setelahnya, biji kangkung sebanyak 8 - 10 butir dimasukkan ke dalam potongan pipa PVC tersebut.

Melakukan penyemaian kangkung tanpa media tanam akan menghemat biaya media tanam. Hasil semai kangkung tanpa rockwool pun sebagus apabila menggunakan rockwool.

Silakan putar video di bawah untuk lebih jelasnya.


Sebagai bonus, di bawah ini video tentang cara melakukan pindah tanam semaian kangkung hidroponik dari meja semai ke meja pembesaran.

Nah Kawan-Kawan, mudah-mudahan kiriman ini dapat memberikan gambaran yang jelas kepada Kawan-Kawan semua tentang cara semai kangkung hidroponik tanpa rockwool.

Komentar