Masya Alloh, Inilah 16 Manfaat Anggrek Merpati untuk Kesehatan

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Kawan-kawan, spesies anggrek yang terkenal dengan keindahan dan keharumannya dan memiliki banyak varian salah satunya adalah anggrek merpati. Dinamai anggrek merpati karena bunganya berwarna putih dan terlihat seperti sekumpulan merpati yang sedang terbang. Pemilik nama latin dendrobium crumenatum ini dapat dikenali dari bagian sepal dan petalnya yang berwarna putih. Demikian pula dengan warna labellum atau lidahnya yang juga berwarna putih dengan sedikit warna kekuningan yang membuatnya semakin cocok dinamai anggrek merpati.

Tidak seperti beberapa spesies anggrek lainnya yang terancam langka, anggrek merpati dapat ditemukan dengan mudah di berbagai daerah di Asia seperti Indonesia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Tumbuhan ini bersifat epifit sehingga meskipun hidup menumpang pada beberapa jenis tumbuhan lain namun ia tidak mengambil makanan dari inangnya tersebut.

Seperti anggrek hitam, anggrek merpati tidak hanya cantik dan harum namun juga bermanfaat untuk membantu dalam penyembuhan beberapa jenis penyakit. Hal ini karena anggrek merpati memiliki kandungan beberapa senyawa seperti kardenolin, polifenol, alkaloid mikelarbina dan liriodenina, serta flavonoid.

Berikut manfaat anggrek merpati untuk kesehatan:

1. Membantu Mengatasi Penyakit Kanker Otak.

Kanker atau tumor ganas yang menyerang otak membuat penderitanya mengalami gejala-gejala seperti mudah mengantuk, lelah berlebihan, muntah, serta gangguan berjalan, penglihatan, dan bicara. Anggrek merpati dipercaya mampu membantu mengatasi penyakit kanker otak. Caranya adalah dengan meminum air perasan bunga, batang, akar, dan daun anggrek merpati yang sebelumnya telah dicuci bersih dan ditumbuk sehingga sari patinya keluar.

2. Membantu Mengatasi Batuk Kering.

Meskipun secara umum batuk kering dapat sembuh dengan sendirinya namun penyakit ini sungguh menyiksa karena membuat tenggorokan terasa sakit. Jika enggan mengonsumsi obat-obatan medis anda dapat mencoba minum air perasan sekitar 50 gram anggrek merpati yang sebelumya sudah dicuci bersih dan ditumbuk. Dengan rutin meminum ramuan ini 3 kali sehari maka batuk kering akan berangsur membaik.

3. Membantu Mengatasi Batuk Rejan dan Batuk Berdahak.

Selain membantu mengatasi batuk kering, anggrek merpati juga dapat membantu mengatasi batuk rejan dan batuk berdahak. Caranya: ambil 6 sampai 9 kuntum bunga anggrek Merpati, 20 gram jahe, 30 gram kulit jeruk mandarin kering direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 500 cc, tambahkan madu secukupnya dan diminum.

4. Membantu Mengatasi Bronkitis atau Radang Saluran Pernapasan.

Timbulnya bronkitis disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran pernapasan sehingga terjadi peradangan. Seseorang yang menderita penyakit ini biasanya mengalami gejala batuk yang disertai lendir berwarna hijau atau kuning abu-abu, sesak napas, dada terasa sakit, demam ringan, kelelahan, hidung beringus, dan tenggorokan terasa sakit. Untuk mengatasi penyakit ini kita juga dapat memanfaatkan anggrek merpati. Caranya dengan membuat rebusan dari daun anggrek merpati sebanyak 25 gram, kulit jeruk mandarin yang sudah kering sebanyak 10 gram, dan umbi bunga lili sebanyak 10 gram. Semuanya direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 2 per 3 nya. Tambahkan madu dan minum saat masih hangat.

5. Melegakan Dada Terasa Sesak.

Ada sebagian orang yang terkadan merasa dadanya sesak. Anggrek merpati dapat membantu melegakan dada yang terasa sesak. Caranya: ambil 25 gram bunga anggrek Merpati direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu airnya diminum selagi hangat.

6. Membantu Mengatasi Rematik.

Rematik merupakan penyakit yang menyerang persendian dan ketika kambuh terasa sakit, nyeri, serta diiringi oleh keluhan lainnya seperti  demam sehingga sangat mengganggu kelancaran aktivitas sehari-hari. Untuk meringankan penyakit ini anda dapat mengonsumsi air rebusan anggrek merpati. Caranya dengan merebus 60 gram anggrek merpati yang sudah dicuci bersih dengan air sebanyak 400 ml selama lebih kurang 15 menit. Air rebusan ini kemudian disaring dan diminum ketika telah dingin. Untuk mendapatkan manfaatnya air rebusan ini sebaiknya dikonsumsi secara rutin 2 kali sehari.

7. Membantu Mengatasi Peradangan.

Pembengkakan, rasa panas, dan nyeri merupakan beberapa gejala terjadinya radang sebagai tanda bahwa kekebalan tubuh sedang bereaksi terhadap infeksi dan iritasi. Ini membuktikan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang bekerja. Meskipun demikian peradangan tetap harus diatasi untuk menghilangkan dampak atau rasa sakitnya salah satunya dengan mengonsumsi air perasan anggrek merpati. Dengan melakukannya secara rutin 3 kali sehari radang yang anda rasakan akan berangsur pulih.

8. Membantu Mengatasi Pembesaran Prostat.

Untuk membantu mengatasi pembesaran prostat, ambil 20 gram daun anggrek Merpati kering, 20 gram daun kumis kucing segar, dan 10 gram daun sendok segar direbus dengan air 500 cc hingga tersisa 400 cc, lalu airnya diminum selagi hangat.

9. Membantu Mengatasi Jerawat.

Jerawat yang tumbuh di wajah atau bagian tubuh lainnya sangat mengganggu penampilan sehingga orang akan berusaha menghilangkannya secepat mungkin dengan berbagai cara baik secara alami atau dengan memanfaatkan obat-obatan medis. Untuk cara alami bisa dengan menggunakan olahan bunga anggrek merpati untuk mengatasi jerawat yang bisa didapatkan dari produk yang berbentuk pelembab atau toner.

10. Membantu Mengobati Sakit Pada Telinga.

Anggrek merpati juga kerap dimanfaatkan untuk mengobati sakit pada telinga. Caranya dengan menjadikan ramuan anggrek melati sebagai obat tetes pada telinga.

11. Membantu Mengatasi Kolera.

Buruknya sanitasi biasanya menjadi penyebab mewabahnya penyakit kolera di suatu tempat. Orang yang menderita penyakit ini akan mengalami diare yang sangat parah hingga dapat menyebabkan dehidrasi dan jika tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan kematian. Oleh karena itu penting untuk menangani penderita kolera secara cepat dan tepat seperti menggunakan manfaat oralit sehingga penderita terhindar dari dehidrasi. Selain itu bisa juga dengan memanfaatkan ramuan dari anggrek merpati.

12. Membantu Mengatasi Bau Badan dan Ketiak.

Memiliki aroma tubuh yang kurang sedap mungkin tidak terdengar berbahaya. Namun gangguan ini sungguh mengganggu kepercayaan diri seseorang. Selain dengan menerapkan pola hidup bersih, mandi dua kali sehari, dan menggunakan deodoran kita juga dapat memanfaatkan anggrek merpati untuk mengatasi hal ini. Caranya dengan merebus anggrek merpati dan menggunakannya sebagai air mandi.

13. Membantu Mengatasi Keputihan.

Pada dasarnya keputihan merupakan sesuatu yang normal dan umumnya terjadi sebelum dan sesudah menstruasi serta memiliki karakteristik seperti berwarna bening, tidak berbau, serta tidak menimbulkan rasa gatal. Namun jika keputihan sudah memperlihatkan tanda-tanda tidak normal seperti berwarna kekuningan atau kehijauan, disertai rasa gatal, berbau, serta terjadi terus-menerus maka hal ini patut diwaspadai sebagai keputihan yang tidak normal. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan mengonsumsi air rebusan dari campuran 40 gram anggrek merpati, kulit delima kering sebanyak 10 gram, serta 50 gram jali. Air rebusan diminum ketika masih hangat sementara jalinya dimakan.

14. Membantu Mengatasi Sinusitis.

Sinusitis adalah peradangan di lapisan sinus, yang umumnya ditandai dengan pilek, hidung tersumbat, dan nyeri di area wajah. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh virus atau alergi yang memicu sinus untuk menghasilkan lendir lebih banyak. Lendir yang terlalu banyak bisa menumpuk dan menyumbat saluran hidung.

Anggrek merpati dapat digunakan untuk membantu mengatasi sinusitis. Caranya: ambil 30 gram bunga anggrek Merpati, 20 gram daun mint, 10 gram jahe, 1 batang daun bawang putih direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 400 cc air, lalu airnya diminum untuk 2 sampai 3 kali sehari masing-masing 200 cc.

15. Membantu Mengatasi Masalah Vertigo.

Vertigo adalah rasa berputar dan pusing saat seseorang berdiri atau bahkan duduk. Kondisi ini biasanya menandakan adanya gangguan keseimbangan. Banyak yang menganggapnya sebagai rasa pusing biasa, meskipun seseorang dengan vertigo seringkali merasa hampir pingsan. Vertigo dapat terjadi dengan sangat tiba-tiba dan pada beberapa kasus, berlangsung hingga hitungan hari.

Anggrek merpati dapat membantu mengatasi masalah vertigo. Caranya: ambil 5 sampai 9 kuntum bunga anggrek Merpati kering direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

16. Membantu Mengatasi Perut Kembung.

Perut kembung terkadang sangat mengganggu. Apalagi apabila disertai kesulitan kentut. Untuk itu, kembung tidak boleh disepelekan. Untuk membantu mengatasi kebung dengan anggrek merpati caranya adalah dengan mengambil 6 kuntum anggrek Merpati, 5 gram kulit jeruk keprok atau jeruk mandarin kering, 2 butir kapulaga, 10 gram jahe direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 400 cc, kemudian disaring dan diminum selagi hangat.

Kawan-kawan, demikianlah 16 manfaat anggrek merpati untuk kesehatan yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Anggrek merpati sangat mudah tumbuh. Oleh karena itu jika anda melihat tanaman ini di sekitar anda sebaiknya jangan dibuang atau ditebang. Lebih baik dibiarkan atau dipelihara sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung dimanfaatkan.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.


Komentar