Ma Syaa Allah! Inilah 30 Manfaat Daun Dadap Untuk Kesehatan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kawan-kawan, video ini akan mengulas mengenai manfaat daun dadap, efek samping dan cara mengolahnya. Silakan disimak baik-baik ya.;

Kawan-kawan, dadap atau cangkring atau erytrina variegata merupakan sejenis tanaman yang biasa digunakan sebagai pagar hidup maupun tanaman pelindung. Tanaman ini bisa dijumpai di hutan-hutan pantai di Afrika timur, india, Asia Tenggara, sampai ke benua Australia.

Dadap mempunyai nama latin yaitu Erythrina subumbrans, sedangkan nama sinonim yaitu Erythrina lithosperma Miq, Erythrina hypophorus Boerl, dan Eryhtrina secundiflora.

Diberbagai daerah, dadap serep mempunyai nama yang berbeda beda, seperti dijawa dikenal dadap serep, Masyarakat Melayu mengenalnya sebagai dadap minyak, Di Sunda dikenal dengan dadap cangkring, di Jawa tengah dikenal dengan dadap lenagan dan godong towo, sedangkan masyarakat Madura mengenalnya dengan dhadahak cangkring. Ada juga yang menyebut dadap ayam, dadap laut, theutheuk, dalungdung, deris, galala itam, dapdap, andorogat, th’ong banz, thong baan, thong laang laai, thong phueak, penglay-kathit, indian coral tree, tiger’s claw, arbre au corail, arbre immortel, dan lain-lain.

Kandungan nutrisi;

Sebelum menjelaskan manfaat daun dadap serep bagi tubuh, tidak kalah penting untuk mengetahui kandungan zat dalam daun dadap serep (Erythrina orientalis).

Sebuah penelitian yang dilaporkan ditahun 1980 menyatakan bahwa bagian dari pohon ini yaitu batang, daun, buah, serta akar dadap memiliki kandungan racun yang disebut sebagai asam hidrosianida dan eritrina.  Namun, dalam biji dadap terkandung alkaloid eritrina dan hipaforin.

Selain itu daun pada bagian daun memiliki kandungan protein dan nitrogen yang sangat tinggi. Selain senyawa tersebut, daun dadap juga memiliki kandungan seperti Alkaloid, Flavonoid, Erythrina, Arithramina, Aritradin, Erisofina, Hypaphorina, Agen anti-inflamasi, Anti-Piretik, Fhaseollin, 8-Prenyldaizein, Shinpterocarpin, Alpinumisoflavon, 4-O-Methyl licoflavanone, senyawa yang mendinginkan, dan senyawa yang membersihkan darah.

Beberapa senyawa yang baik bagi kesehatan, diantaranya Saponin, Flavonoida, Polifenol, Alkaloida Payudara dan Tannin.;

Berikut Ini Manfaat Daun Dadap Untuk Kesehatan:

1. Anti Peradangan;

Manfaat daun dadap untuk menyembuhkan peradangan telah dipakai masyarakat daerah Marabahan. Selain itu pengobatan herbal India dan China menggunakan daun dadap untuk mengobati nyeri sendi, biasanya dibuat menjadi jus daun dadap.

Studi yang dilakukan oleh Anwar dkk 2013, menyimpulkan bahwa infusa daun dadap ayam mempunyai aktivitas antiinflamasi pada mencit yang diinduksi karagenin. Infusa daun dadap ayam mempunyai kemampuan penghambatan radang dibanding kontrol negatif sebesar 54,72%.;

2. Antibakteri;

Manfaat daun dadap yang selanjutnya adalah dapat bertindak sebagai antibakteri, daun dadap mampu membasmi bakteri merugikan karena kandungan senyawa saponin dan senyawa Alkaloid yang ada didalamnya.

Dikutip dari Liana 2010, senyawa alkaloid pada tumbuhan berperan sebagai antibakteri karena dapat mengganggu pembentukan penyusunan peptidoglikan pada sel bakteri, sehingga lapisan dinding sel tidak terbentuk secara utuh dan menyebabkan kematian.

Khasiat daun dadap serep sebagai antibakteri telah dibuktikan oleh penelitian, dimana Ekstrak Etanol Daun Dadap Serep mempunyai efektivitas antibakteri terhadap pertumbuhan bakteri Salmonella typhi. Kadar hambat minimum yakni terjadi pada konsentrasi 50.000 ppm.

Selain penelitian diatas, khasiat daun dadap serep untuk membasmi bakteri juga telah dibuktikan oleh penelitian Rahman dkk 2018, dimana Ekstrak etanol daun dadap serep memiliki aktivitas antibakteri terhadap Escherichia coli.;

3. Sumber Antioksidan;

Seperti yang kita ketahui, bahwa radikal bebas merupakan penyebab dari penyakit mematikan yakni kanker, tekanan oksidatif yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan produksi radikal bebas dalam tubuh meningkat.

Hal tersebut berkibat dibutuhkannya tambahan antioksidan yang cukup untuk menanggulangi tekanan oksidatif yang tinggi sehingga dampak dari kerusakan sel sebagai akibat dari reaksi radikal bebas dapat diturunkan. Senyawa flaonoid dapat berperan sebagai antioksidan.

Flavonoid adalah golongan polifenol terbesar dan sangat efektif digunakan sebagai antioksidan. Potensi flavonoid sebagai antioksidan dikarenakan adanya gugus hidroksil yang dimiliki flavonoid akan terikat pada cincin aromatik yang menyebabkan adanya penangkapan radikal bebas dari reaksi pengoksidasi lemak.

Dalam daun dadap terdapat senyawa flavonoid, itulah mengapa ada manfaat daun dadap sebagai antioksidan, seperti yang telah dibuktikan oleh penelitian Chotimah 2019, Total kadar flavonoid ekstrak etanol daun dadap sebanhak 70%.;

4. Memperkuat Imunitas;

Daun dadap bermanfaat untuk membantu memperkuat imunitas tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa senyawa flavonoid yang ditemukan pada daun dadap sering memiliki aktivitas antibiotik terhadap beberapa strain bakteri Staphylococcus dan Streptococcus.;

5. Menurunkan demam;

Di Indonesia, daun dadap serep cukup sering dijadikan sebagai obat untuk mengatasi demam. Hal tersebut dipengaruhi oleh sifat antipiretik di dalamnya, yang juga dibuktikan pada Jurnal MEDFARM Farmasi dan Kesehatan, dengan daun dadap diformulasikan dalam bentuk hidrogel. Pada jurnal ini, disebutkan bahwa daun dadap mengandung saponin, flavonoid, polifenol, tanin, dan alkaloida. Zat-zat tersebut membuat tanaman ini memiliki fungsi sebagai antimikroba, antiinflamasi, antipiretik, serta antimalaria. Karenanya, daun dadap dapat menurunkan suhu tubuh saat demam.;

6. Mengatasi Demam Tifoid;

Pengertian dari demam tifoid adalah infeksi seisetemik akut, penyebabnya adalah bakteri salmoella entericaserotype typhi. Menurut data dari WHO, setiap tahunnya diperkirakan terdapat 21 juta kasus dengan 1-4 % kasus berakhit dengan kematian atau sekitar 216.00 kematian setiap tahunnya.

Manfaat daun dadap serep untuk mengatasi demam tifoid disebabkan karena khasiatnya yang berperan sebagai antibakteri yang dapat membunuh bakteri salmonella entericaseritype typhi.

Demam sendiri adalah salah satu gangguan kesehatan yang hampir pernah dirasakan oleh setiap orang. Demam ditandai dengan kenaikan suhu tubuh di atas suhu tubuh normal yaitu 36 hingga 37 derajat celcius. Gejalanya adalah tubuh menggigil dan terjadi kemerahan pada permukaan kulit. Infeksi virus dan bakteri adalah penyebab utama dari demam.

Tumbuhan yang mempunyai aktivitas antipiretik atau antidemam adalah tumbuhan yang bermanfaat untuk menurunkan panas. Salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai antipiretik adalah daun dadap, manfaat daun dadap sebagai penurun demam anak disebabkan karena terdapat kandungan flavonoid didalamnya.;

7. Mengatasi Asam Urat;

Asam urat adalah hasil pembuangan dari pemecahan purin yang terkandung dalam DNA dari sel sel tubuh yang rusak dan diet protein, asam urat larut dalam air dan dikeluarkan oleh ginjal. Jika produksi berlebih serta kurangnya pengeluaran asam urat maka akan menyebabkan hiperurisemia.

Selain itu asam urat disebabkan oleh enzim xantin oksidae yang berperan mengkatalisi oksidasi hipoxantin dan menjadi asam urat, dalam daun dadap terkandung senyawa yang mampu menghambat encim xantin oksidae, maka dari itulah mengapa ada manfaat daun dadap untuk asam urat.;

8. Mengandung Senyawa Antikanker;

Manfaat daun dadap serep yang tak kalah menakjubkan adalah mampu mencegah kanker. Penelitian dari Universitas Airlangga membuktikan bahwa dadap serep memiliki kemampuan sebagai antioksidan dan antikanker.

Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan, bahwa daun dadap serep tidak dapat menyembuhkan kanker, akan tetapi mampu mencegahnya berkat kandungan aktif senyawa antioksidan. Selain itu, senyawa ini juga berfungsi menekan radikal bebas dalam tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi keriput, mencegah penyakit saraf, kanker, dan penyakit jantung koroner.;

9. Mencegah Kanker Payudara;

Kanker adalah penyakit yang menempati peringkat kedua sebagai penyebab kematian. Penderita kanker di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat dan kanker payudara merupakan hal yang menakutkan bagi wanita.

Manfaat daun dadap untuk payudara dapat berperan untuk mencegah kanker payudara, karena seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa dalam daun dadap serep terkandung senyawa ntioksidan yang berperan sebagai antikanker.

Menurut penelitian Herlina dkk 2012, dalam daun dadap terkandung senyawa isoflavonoid dan steroid yang menunjukan aktivitas antikanker terhadap sel kanker payudara T47D secara in vitro.;

10. Antimalaria;

Setiap tahunnya lebih dari satu juta manusia di seluruh dunia meninggal akibat terinfeksi malaria dan diperkirakan hampir setengah dari populasi dunia berisiko terinfeksi malaria, dengan tingkat kematian tertinggi antara lain terjadi pada anak anak di bawah umur lima tahun.

Tumbuhan dadap ayam terutama daun dan batangnya telah lama dipercaya masyarakat Indonesia untuk mengatasi malaria. Manfaat daun dadap ayam sebagai anti malaria telah dibuktikan oleh penelitian Herlina dkk 2008, dimana dalam penelitian tersebut diisolasi senyawa triterpenoid pentasiklik daun dadap ayam, dan terbukti memiliki aktivitas antimalaria.

Dalam penelitian lanjutan oleh Herlina dkk 2012, juga menyebutkan bahwa senyawa turunan triterpenoid pentasikliki glikosida dari daun dadap ayam menunjukkan aktivitas sebagai antimalaria.;

11. Mencegah Infeksi Usus;

Daun dadap serep dapat mencegah terjadinya infeksi pada usus. Kandungan senyawa di dalamnya berperan penting untuk mencegah terjadinya infeksi usus. Bahkan daun dadap serep juga mampu mengatasi gangguan lambung dan meredakan perut mulas.

Cara mencegah infeksi usus dengan daun dadap serep sangatlah mudah. Kita hanya perlu menumbuk daun dadap serep yang masih segar bersamaan dengan daun sosor bebek. Kemudian letakkan pada permukaan perut. Gunakan secara rutin sampai perut kembali sehat.;

12. Mengatasi Insomnia;

Manfaat daun dadap serep bagi kesehatan yang berikutnya bisa menjadi obat untuk mengatasi insomnia. Gangguan tidur yang satu ini cukup membuat penderitanya kewalahan. Dalam kondisi yang semakin parah, penderita insomnia akan mengalami sakit kepala dan mengganggu aktivitas.

Jika Kawan-Kawan mengalami kondisi serupa, cobalah untuk mengonsumsi daun dadap serep secara rutin. Kawan-kawan cukup mengonsumsi air rebusan daun dadap atau mengonsumsinya secara langsung dan teratur. Efeknya, tubuh akan terasa lebih tenang dan rileks, sehingga tidur pun bisa jadi lebih nyenyak. Manfaat ini juga bisa menjadi alternatif sebagai pengobatan alami dan bukan obat kimia.;

13. Mengatasi Rematik;

Manfaat daun dadap serep yang selanjutnya ialah mampu mengatasi rematik. Gejala penyakit peradangan sendi ini bisa dirasakan dengan adanya rasa nyeri sendi, kaku hingga bengkak. Apabila rematik tak segera diatasi dengan pengobatan, maka dapat menimbulkan gangguan pada kulit, paru-paru hingga jantung.

Kawan-Kawan juga bisa mengatasinya dengan pengobatan alami, salah satunya pakai daun dadap serep. Hal ini lantaran kandungan senyawa aktif pada daun dadap serep mampu memberi efek antiinflamasi untuk meredakan rasa nyeri pada persendian. Caranya mudah sekali, cukup panaskan daun dadap serep di atas api kecil, kemudian tempelkan pada bagian sendi yang nyeri.;

14. Menurunkan Kadar Kolesterol;

Kolesterol jahat yang berlebihan di dalam tubuh dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit utamanya penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Mengonsumsi daun dadap bisa menurunkan kolesterol tinggi. Sayuran ini bisa mengeluarkan kolesterol jahat dari dalam tubuh, sehingga akan membantu menjaga kesehatan jantung kita.;

15. Menjaga Kadar Gula Darah;

Ini adalah manfaat daun dadap serep bagi Kawan-Kawan yang ingin menghindari diabetes. Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes mellitus. Karena diabetes adalah salah satu penyakit paling berbahaya, mengkonsumsi daun dadap serep adalah tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan karena daun dadap serep akan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.;

16. Membantu Mengatasi Cacingan;

Minum air rebusan daun dadap yang dicampur dengan madu bisa membunuh cacing pita, cacing gelang dan cacing kremi. Senyawa dalam daun tersebut bisa mematikan cacing, sehingga patogen tersebut bisa dikeluarkan secara alami saat buang air besar. Minumlah air rebusan daun dadap setiap hari pada pagi hari saat perut kosong untuk mendapatkan manfaat yang optimal.;

17. Membantu Mengatasi Disentri;

Disentri merupakan sebuah infeksi yang terjadi pada usus yang dapat menimbulkan diare yang disertai darah dan lendir. Untuk pencegahan penyakit ini, sebaiknya selalu menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan dengan sabun, serta mengkonsumsi makanan yang sehat.

Untuk pengobatan disentri dapat dilakukan dengan cara yang alami yaitu dengan mengkonsumsi ramuan campuran daun dadap yang telah dihaluskan dan dicampurkan dengan minyak yang berasal dari manfaat buah jarak (kasteroli). Caranya, campurkan sari daun tersebut dengan minyak jarak, lalu diminum.;

18. Mengobati Perut Mulas;

Cara alami mengatasi perut mulas bisa kita lakukan dengan menerapkan tumbukan daun dadap yang dicampur dengan daun sosor bebek pada permukaan perut.  Atau bisa juga dengan menempelkan daun dadap yang telah dilayukan di atas api kecil pada bagian perut.;

19. Meluruhkan Dahak saat Batuk;

Tak hanya bagian daunnya, kulit kayu pohon dadap juga bermanfaat untuk kesehatan salah satunya meluruhkan dahak saat batuk. Kulit kayu tanaman dadap serep mengandung senyawa kimia alkaloid, eritradina, eritrina, eritramina, hipaforina, dan erisovina.

Sebagaimana obat pada umumnya, dadap serep memiliki rasa yang pahit namun cukup efektif mengatasi batuk berdahak dan mempermudah pengeluaran dahak.;

20 . Melancarkan Menstruasi;

Jika memiliki masalah menstruasi, itu berarti terjadi penumpukan darah kotor dalam rahim yang bisa mengganggu kesuburan. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, cobalah untuk rutin mengkonsumsi daun dadap beserta dengan bunganya sebagai sayuran.;

21. Meredakan Nyeri Haid;

Wanita kerap mengalami rasa nyeri pada saat datang bulan. Agar tidak bergantung pada obat berbahan kimia, Kawan-Kawan bisa mengonsumsi daun dadap untuk meredakan nyeri tersebut. Selain adanya zat-zat yang bisa mengurangi nyeri, daun dadap juga mengandung antimikroba yang bisa mencegah timbulnya masalah karena bakteri. Jadi, masalah jerawat, terutama saat menstruasi, atau masalah yang mungkin terjadi di area genital juga bisa teratasi.

Ingatlah bahwa salah satu penyebab utama nyeri adalah siklus haid yang tidak lancar dan tidak teratur. Untuk mengatasi masalah ini, konsumsi air rebusan dari daun dadap sampai akhir menstruasi.;

22. Mengobati Sakit Kepala atau Pusing;

Pusing merupakan suatu gangguan kesehatan yang dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas harian. Tak jarang pula kita harus menghentikan aktivitas tersebut hingga beberapa saat lamanya. Untuk membantu mengatasinya, ada baiknya menerapkan remasan daun dadap ke dahi sebagai pengobatan alami.;

23. Relaksasi Otot;

Sebuah studi tentang manfaat penggantian daun Dadap menunjukkan bahwa ekstrak daun Dadap dapat menyebabkan penekanan sistem saraf pusat, seperti relaksasi otot simpatolitik dan simpatomimetik

Ingat bahwa sistem saraf simpatik juga disebut sebagai sistem adrenergik, karena dulu sering dianggap bahwa adrenalin adalah neurotransmitter yang memasok otot polos. Sekarang neurotransmitter dikenal sebagai noradrenalin.

Obat-obatan yang meniru efek noradrenalin disebut sebagai obat adrenergik atau simpatomimetik.;

24. Mengobati Sakit Gigi;

Khasiat lainnya dari daun dadap adalah dapat mengobati sakit gigi dan pilek. Senyawa faseollin dan senyawa 8-prenyldaizein dalam daun dadap cukup aktif sebagai antioksidan, bahkan lebih aktif daripada vitamin C.;

25. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut;

Hal yang mengejutkan dari daun dadap adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Selain dapat mengurangi risiko jerawat, kandungan pada daun dadap serep juga bisa membuat kulit tampak cerah. Rambut pun akan terlihat lebih berkilau, tebal, dan tidak mudah rontok. Untuk perawatan rambut, Kawan-Kawan hanya perlu menumbuk beberapa lembar daun dadap serep yang masih segar, lalu oleskan ke rambut. Kemudian, diamkan beberapa saat dan bilas sampai bersih.;

26. Mengatasi Nyeri Sendi;

Di India, China, dan Negaranegara Asia Tenggara, batang dan daun dadap ayam digunakan untuk berbagai macam pengobatan tradisional seperti pengobatan infeksi dan nyeri sendi.;

27. Mencegah Penuaan Dini;

Penyebab proses penuaan dan penyakit degeneratif adalah pembentukan radikal bebas dan reaksi oksidasi pada biomolekul yang berlangsung sepanjang hidup, penyebabnya adalah paparan polusi, radiasi dan cahaya ultraviolet.

Dalam daun dadap terkandung senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, antioksidan tersebut dapat mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Karena alasan tersebutlah mengapa ada manfaat daun dadap untuk wajah yakni mencegah penuaan dini.;

28. Mencegah Keguguran;

Keguguran tentu saja merupakan hal yang tidak diinginkan oleh pasangan suami istri. Karena hal ini bisa menunda impian mereka untuk segera menimang momongan. Manfaat daun dadap memiliki khasiat untuk mencegah keguguran ini. Caranya adalah dengan memborehkan tebal-tebal daun ramuan daun dadap yang telah ditumbuk pada bagian perut.;

29. Melancarkan ASI;

Seperti yang kita ketahui, asi merupakan sumber nutrisi penting bagi bayi yang baru lahir, dimana ia harus mendapatkan asi eksklusif sampai usianya menginjak 6 bulan, lalu dilanjutkan sampai ia berusia 2 tahun. Hal itu bertujuan untuk memberikan kekebalan tubuh baginya.

Namun terkadang kita menjumpai hal yang sebaliknya dimana para bayi tersebut harus berhenti mendapatkan nutrisi yang penting bagi pertumbuhannya dan beralih ke susu formula. Salah satu masalahnya karena jumlah produksi asi yang semakin menurun, atau sama sekali asi tidak keluar.

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa memanfaatkan tanaman disekitar kita seperti daun dadap, yaitu dengan cara menggunakan daun dadap yang masih muda sebagai sayuran maupun lalapan.;

30. Membantu Menyuburkan Pria;

Spermatozoa adalah sel kelamin jantan yang memiliki bulu cambuk dan dihasilkan dalam spermatogenesis. Untuk dapat membuahi sel telur, syarat yang harus dipenuhi spermatozoa adalah bahwa kualitas spermatozoa harus baik. Kualitas spermatozoa adalah salah satu unsur penting untuk tingkat kesuburan pria.

Manfaat daun dadap ayam untuk pria adalah mampu membantu kesuburan pria, seperti yang dikutip dari penelitian Tjiphanata 2017, menyimpulkan bahwa dari hasil penelitiannya didapat bahwa ekstrak daun Dadap Ayam secara statistik dapat mempengaruhi bentuk morfologi spermatozoa secara signifikan.;

Efek Samping Daun Dadap:

Mengonsumsi daun dadap secara berlebihan dikhawatirkan akan menimbulkan beberapa efek samping seperti peningkatan asam lambung, berkurangnya kepadatan tulang (osteoporosis), atau bahkan masalah pada pembuluh darah.;

Cara Mengolah Daun Dadap Serep:

Ambil sekitar 5 lembar daun dadap dan rebus dengan dua gelas air. Masukkan dua sendok madu ke dalam air mendidih. Kawan-Kawan bisa meminumnya di pagi atau sore hari.;

Selain memasak, Kawan-Kawan juga bisa mengunyah daun Dadap secara langsung. Jika Kawan-Kawan merasa tidak nyaman dengan metode ini, rebuslah daun dadap terlebih dahulu.;

Cara lain untuk memakai daun Dadap adalah melumatkannya. Ambil beberapa daun muda, remas atau hancurkan, lalu Kawan-Kawan bisa menempel di dahi. Cara ini bisa dilakukan jika demam.;

Jika Kawan-Kawan merasa gatal, koreng, atau luka ringan lainnya, Kawan-Kawan juga bisa langsung menempelkannya pada permukaan. Selain itu, manfaat Daun dadap juga berguna untuk mengompres perut saat persalinan, kram menstruasi atau mulas.;

Cara Lainnya:

Siapkan beberapa lembar daun dadap muda dan segar dan cuci sampai bersih.

Siapkan 2 hingga 3 gelas air, lalu tempatkan dalam panci,

Masukkan daun dadap yang sudah dibersihkan ke dalam panci

Kemudian panaskan sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas air,

Tuang dalam gelas.

Anda bisa mencampurnya dengan gula batu atau madu yang cukup,

Obat herbal dadap sudah siap untuk diminum.;

Cara Mengolah Daun Dadap untuk Mengatasi Demam;

Untuk mengatasi demam dengan manfaat daun dadap, pertama siapkan beberapa gram kulit serta cabang muda dadap serep diremas atua bisa juga ditumbuk, sedikit adas dan pulosari, seduh semua bahan tersebut dengan segelas air. Minum ramuan ini 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.;

Cara Mengolah Daun Dadap untuk Meredakan Nyeri Haid;

Manfaat daun dadap serep untuk mengobati nyeri haid bisa didapatkan dengan cara mengolahnya sebagai berikut. Pertama siapkan sekitar 15 gram daun dadap, kemudian cuci terlebih dahulu lalu tumbuk. Pakai tumbukan tadi sebagai param pada bagian perut yang sakit kemudian dibalut.;

Kawan-Kawan semua, itulah tadi ulasan mengenai manfaat daun dadap, efek samping dan cara mengolahnya. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Komentar