Masya Alloh, Inilah 26 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Apple cider vinegar atau yang sering disebut cuka apel adalah fermentasi dari buah apel yang dihancurkan. Cuka apel sudah cukup sering digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan.

Di dalamnya terdapat kandungan asam asetat, asam gallic, katekin, pektin, asam folat, kalium, fosfor dan biotin.

Selain itu, cuka apel juga mengandung vitamin (A, B, B1, B2, B6, C , E), kalium, potasium dan magnesium.

Komponen-komponen tersebut menjadikannya memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri. Sehingga, selain untuk bahan makanan, banyak manfaat lain khususnya untuk kesehatan.

Ada banyak manfaat cuka apel yang mungkin belum Anda ketahui. Ternyata cuka apel bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut manfaat cuka apel untuk kesehatan:

1. Mmbantu Mengatasi Tekanan Darah Tinggi.

Pada manfaat yang disediakan pada buah apel sendiri memang sangat mampu untuk menstabilkan tekanan darah yang akan melancarkan peredaran darah. Khasiatnya tidak berubah meskipun buah apel tersebut sudah difermentasi menjadi cuka.

2. Membantu Meredakan Penyakit Rematik.

Permasalahan persendian seperti rematik biasanya terjadi karena endapan zat asam disekitar sendi sehingga mengganggu kekuatan tulang. Kandungan magnesiumnya berfungsi sebagai perekat yang melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang dalam tubuh yang juga mampu melawan gejala penyakit osteoporosis atau tulang rapuh.

3. Mendetoksinasi racun dalam tubuh.

Cuka apel sangat penting untuk membuang racun dalam tubuh, cuka apel memiliki kandungan yang sangat baik untuk membantu tubuh membuang berbagai racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

4. Menurunkan Kolesterol.

Ternyata, kandungan asam asetat di dalam cuka apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Sehingga, dengan menurunnya kadar kolesterol akan menurunkan juga risiko dari berbagai gangguan organ yang disebabkan oleh komplikasi dislipidemia.

5. Membantu Menghindari Risiko Penyakit Jantung.

Penelitian telah membuktikan bahwa sari cuka apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam objek tikus. Hal ini membawa hasil positif juga terhadap manusia karena sari cuka apel mengandung antioksidan asam chlorogenic yang telah terbukti untuk menjaga kandungan kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi. Proses ini sangat penting untuk menghindari penyakit jantung.

6. Membantu Menurunkan Gula Darah.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Universitas Arizona, menyatakan bahwa cuka apel membantu untuk meningkatkan sensitivitas insulin dari penderita diabetes.

Sehingga, cuka apel disebut dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap ada di batas normal. Jika ingin menggunakannya tetapi Anda masih mengonsumsi obat-obatan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

7. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan.

Untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti diare dan infeksi bakteri, Anda bisa mencampurkan cuka apel dan air lalu diminum. Kandungan pektin pada cuka apel dikatakan mampu membantu menenangkan usus yang kejang.

8. Membantu Menghilangkan Bau Mulut.

Sifat antibacteria pada cuka apel mampu membantu mengatasi masalah pada bau mulut. Asam yang terkandung juga dapat membantu menghilangkan plak gigi dan membunuh bakteri yang ada di mulut.

Cara penggunaan nya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan air dan berkumur dengan cairan tersebut setelah gosok gigi.

9. Membantu Gigi Tampak Lebih Putih.

Untuk mendapatkan manfaat dari cuka apel sebagai pemutih gigi, berkumurlah dengan cuka apel. Namun beri jarak 30 menit dari waktu selesai menyikat gigi.

Karena, bagi beberapa orang kandungan asam asetat pada cuka apel bersifat korosif. Yang mungkin saja akan membuat lapisan enamel pada bagian terluar gigi akan terkikis.

10. Membantu Atasi Radang Tenggorokan.

Karena mengandung sifat antibakteri, cuka apel dianggap dapat membantu mengatasi sakit pada tenggorokan.

Kandungan di dalamnya dipercaya mampu memperbaiki gejala peradangan pada tubuh. Cuka apel yang digunakan pada makanan mampu membantu membunuh berbagai kuman yang ada di tubuh manusia.

11. Mengurangi Risiko Kanker.

Kandungan yang ada pada cuka apel dipercaya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa sari dari cuka apel mampu memperlambat pertumbuhan tumor ganas. Masih diperlukan lagi banyak penelitian skala besar untuk manfaat cuka apel satu ini.

12. Mengurangi Risiko Penyakit Batu Empedu.

Batu empedu terbentuk salah satunya disebabkan oleh kadar kolesterol yang berlebihan. Kandungan yang terdapat pada cuka apel dapat membantu menekan kadar kolesterol pada tubuh.

Sehingga selain menurunkan kadar kolesterol, besar kemungkinan untuk mengurangi kemungkinan terbentuknya batu empedu.

13. Membantu Menurunkan Berat Badan.

Kandungan asam asetat yang terdapat pada cuka apel mampu membantu bakar lemak, meningkatkan metabolisme tubuh dan menekan nafsu makan.

Mengonsumsi cuka apel sebanyak 1 - 2 sendok makan setiap hari selama 12 minggu bisa membantu menurunkan berat badan hingga 1,2 - 1,7 kilogram.

Untuk merasakan manfaat ini, tentunya Anda juga harus menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang.

14. Meredakan Gejala Asam Lambung.

Penyakit refluks gastroesophageal atau yang dikenal dengan asam lambung ini adalah kondisi dimana aliran asam lambung balik dari perut ke dalam kerongkongan dan menyebabkan gejala seperti mual, mulas dan bersendawa.

Meminum cuka apel dapat membantu menghilangkan gejala asam lambung. Untuk merasakan manfaatnya, cukup larutkan cuka apel dengan 200 ml air dan minum sebelum makan.

15. Membantu Mengatasi Masalah Bau Badan.

Ada masalah pada bau badan? Coba gunakan cuka apel sebagai alternatif. Tuangkan pada kapas dan oleskan secukupnya di ketiak Anda.

Pada awalnya akan tercium bau cuka yang cukup kuat. Namun, setelah aroma hilang, cuka apel ini akan membantu tubuh Anda tetap dalam keadaan wangi dan pede.

16. Membantu Mengatasi Bau Kaki.

Bau kaki dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Faktor yang menyebabkan kondisi ini biasanya adalah bakteri dan jamur.

Selain karena sepatu yang kotor, produksi keringat tubuh yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab bau kaki tak sedap.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan cuka apel. Campurkan air hangat dan setengah cangkir cuka apel, lalu rendam kaki menggunakan cairan tersebut.

17. Membantu Mengatasi Eksim.

Melansir situs National Eczema, mencampurkan cuka apel dengan air yang cukup, bisa membantu menghasilkan toner yang aman untuk kulit terutama bayi.

Toner tersebut dapatmembantu mengatasi eksim. Mengaplikasikan cairan cuka apel ke tubuh, dipercaya dapat membantu mengurangi eksim tanpa membuat kulit kering.

18. Mengobati Infeksi Jamur Kulit.

Manfaat ini untuk si kecil yang masih bayi. Ketika bayi bertumbuh, Si Kecil mungkin rentan terhadap beberapa infeksi karena sistem kekebalannya yang masih belum berkembang dengan sempurna.

Karena itu, infeksi jamur pun sering terjadi. Manfaat cuka apel lain untuk bayi adalah dapat mengobati infeksi jamur dengan menggunakan cuka apel yang diencerkan.

Untuk merasakan manfaatnya, cara penggunaanya sama dengan mengatasi eksim. Campur dengan air, lalu aplikasikan tipis pada kulit bayi.

19. Membersihkan rambut

Kandungan cuka apel yang bersifat residu bisa merontokkan kotoran rambut yang berasal dari produk kimia seperti gel atau hair sprey. Gunakan cuka rambut untuk pembilas rambut saat keramas agar kotoran terkelupas kulit kepala menjadi bersih.

20. Sebagai Toner kulit

Cuka apel bisa mengatasi peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat. Gunakan cuka apel pada daerah kulit yang berjerawat, kemudian usap dengan kain lembut seperti penggunaan toner saat membersihkan muka.

21. Membantu Mengatasi Jerawat.

Asam asetat yang terkandung pada cuka apel mampu membantu melawan jerawat. Cuka apel bisa dimanfaatkan sebagai toner yang mampu menyeimbangkan pH kulit.

Selain itu, cairan cuka apel mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dan minyak berlebih pada wajah. Memang penelitian untuk ini belum cukup kuat. Namun sudah banyak yang merasakan khasiat dari cuka apel untuk meredakan jerawat hormonal.

22. Mengatasi Mual Pada Ibu Hamil.

Cuka apel bisa dijadikan sebagai obat mual di pagi hari pada ibu hamil karena sifat pH-nya yang netral. Sehingga mampu bantu mengatasi asam lambung yang menjadi penyebab perempuan hamil sering merasa mual di pagi hari.

23. Mencegah Mulas Pada Ibu Hamil.

Perasaan mulas pada ibu hamil terjadi selama trimester kedua ketika isi lambung bergerak kembali ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi.

Biasanya ini terjadi karena tekanan yang diberikan oleh bayi yang sedang tumbuh di saluran pencernaan.

Sebuah studi pada 2016 menemukan bahwa manfaat cuka apel yang tidak dipasteurisasi dapat membantu orang dengan mulas yang tidak dapat diobati oleh antasid yang dijual bebas.

Ibu hamil dapat mengonsumsi satu sendok makan cuka apel dicampur dalam air untuk mencegah mulas.

24. Membantu Mencegah ISK dan Jamur Pada Ibu Hamil.

Manfaat cuka apel untuk kehamilan salah satunya adalah sering direkomendasikan untuk membantu membersihkan infeksi saluran kemih (ISK). Hal yang sama telah dikatakan tentang infeksi jamur.

Kedua hal ini dapat menjadi kondisi yang sering dialami ibu hamil. Cuka apel mengandung enzim dan mineral yang bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab ISK.

Dikutip dari Journal of Medicinal Plant Studies, cuka beras membantu membersihkan infeksi saluran kemih karena bakteri, meskipun mungkin cuka beras memang tidak sama dengan cuka apel.

Ibu hamil hanya perlu mencampurkan satu hingga dua sendok makan cuka sari apel dalam segelas air dan minumlah hingga dua kali sehari.

25. Mengatur Aliran Darah Pada Ibu Hamil.

Ibu hamil biasanya akan mengalami pembengkakan tangan, kaki, dan varises karena sirkulasi darah yang buruk. Manfaat cuka apel ini membantu memudahkan aliran darah, sehingga meringankan kondisi ini.

Ibu hamil bisa mencampur cuka apel dengan lotion biasa dan gunakan pada bagian yang sakit.Selain itu, bisa juga membuat krim buatan sendiri dengan mencampurkan setengah gelas cuka apel, setengah wortel dan tiga sendok makan gel lidah buaya.

Untuk ramuan yang bisa diminum, ambil dua hingga tiga sendok makan cuka apel dan campur dengan secangkir air hangat bersama dengan madu.

26. Meredakan Pilek Bayi.

Menurut Nutrition Journal, manfaat cuka apel untuk bayi dapat meredakan pilek pada bayi karena kandungan asam dalam cuka apel dapat menipiskan lendir di tenggorokan bayi, sehingga membantu mempercepat keluarnya lendir dari sistem pernapasan Si Kecil.

Melonggarkan dahak dapat membantu Si Kecil merasa lebih baik.

Peringatan! Gunakan Cuka Apel Secukupnya!

Dari banyak manfaat cuka apel untuk kesehatan, perlu dicatat bahwa cuka apel tidak bisa dikonsumsi secara berlebih.

Jika ingin menggunakan cuka apel, disarankan untuk memulai dari dosis terkecil yaitu sekitar 1 sendok teh dan hindari dosis lebih dari 2 sendok makan.

Setelah menggunakan cuka apel, jangan lupa untuk kumur-kumur menggunakan air putih agar tidak ada kandungan asam yang menempel pada gigi.

Karena efek samping dari penggunaan cuka apel adalah bisa menyebabkan kerusakan gigi. Enamel gigi bisa terkikis dan membuat gigi menjadi lebih sensitif karena kandungan asamnya.

Mengonsumsi cuka apel tanpa mencampurkannya dengan air juga bisa menimbulkan rasa panas dan tidak nyaman pada kerongkongan. Adapun efek samping lainnya adalah:

  1. Penurunan kadar gula darah berlebih dan menyebabkan hipoglikemia.
  2. Badan terasa lemas.
  3. Merasa pusing.
  4. Menurunkan kesadaran sampai pingsan.

Demikian manfaat cuka apel untuk kesehatan yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Untuk menghindari efek samping yang justru merugikan kesehatan diri, pastikan Anda menggunakan cuka apel secara tidak berlebih dan konsultasi langsung dengan dokter jika ada keluhan yang tidak wajar.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Komentar