Masya Alloh, Inilah 29 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Kenanga merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki nama latin Cananga odorata. Tanaman yang berasal dari keluarga annonaceae ini dapat tumbuh dengan cepat, tumbuhan ini memiliki tinggi rata-rata mencapai 12 meter.

Bunga yang biasa kita jumpai di hutan-hutan maupun di pekarangan rumah warga ini memiliki beberapa kandungan senyawa alami seperti asam bensoat, geraniol, farnesol, geraniol, bensin asetat, eugenol,  kadinen, linalool, sadrol, serta pinen. Selain itu, bunga kenanga juga dikenal sebagai penghasil minyak yang cukup tinggi, akan tetapi kandungan minyak tersebut gampang sekali menguap.

Jenis bunga satu ini sering diolah menjadi minyak esensial dengan sejuta manfaat untuk tubuh. Jurnal Hindawi menjelaskan bahwa bunga kenanga merupakan salah satu tanaman yang dieksploitasi secara besar-besaran untuk minyak atsiri yang merupakan bahan baku penting untuk industri wewangian dan kosmetik.

Berikut 29 manfaat bunga kenanga untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Sebagai aromaterapi.

Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam bunga kenanga dapat dijadikan sebagai bahan alternatif untuk pembuatan parfum aromaterapi. Kandungan minyak tersebut dipercaya mampu membantu dalam pengaturan kelenjar adrenalin, yang terdapat dalam sistem syaraf yang.

Pada akhirnya dapat memberikan efek seperti timbulnya perasaan tenang, senang, serta menghilangkan perasaan panik, gelisah, maupun marah.

2. Pereda Stres dan Depresi.

Manfaat bunga kenanga juga bisa dirasakan oleh Kawan-kawan saat sedang shock karena dapat mengurangi stress dan memperlambat detak jantung. Biasanya manfaat ini bisa dirasakan seseorang setelah diubah menjadi minyak esensial.

Selain meredakan gejala stress, aroma bunga kenanga juga sangat baik bagi seseorang yang menderita depresi. Karena aroma yang dikeluarkan dari minyak bunga kenanga diyakini dapat menyeimbangkan kembali energi dan memberikan efek tenang.

Manfaat bunga kenanga ini banyak digunakan dalam pengobatan kuno untuk melawan suasana hati yang tertekan.

3. Digunakan sebagai Antiseptik.

Bunga kenanga yang sudah diubah menjadi minyak esensial juga bisa digunakan sebagai antiseptik. Kandungan yang ada di dalam bunga kenanga, dipercaya dapat melindungi luka luar dari virus, bakteri dan jamur.

Selain itu minyak bunga kenanga juga sering digunakan untuk proses penyembuhan luka yang sudah diinfeksi. Kawan-kawan, jangan lupa untuk selalu menyediakan minyak bunga kenanga di rumah ya.

4. Afrodisiak yang Baik.

Afrodisiak adalah istilah untuk berbagai jenis makanan, minuman, ramuan atau obat yang dipercaya dapat meningkatkan birahi. Manfaat bunga kenanga sebagai afrodisiak ini sering ditemukan di Eau de toilettes dan parfum karena aromanya yang kuat dan dapat merangsang perhatian dari lawan jenis.

Aroma bunga kenanga juga diyakini dapat meningkatkan libido dan daya tarik Kawan-kawan. Di beberapa wilayah Asia, bunga kenanga juga sering digunakan dalam upacara pernikahan untuk melambangkan cinta.

Jika ingin merasakan bunga kenanga sebagai afrodisiak, Kawan-kawan bisa mencampur minyak esensial bunga kenanga dengan mawar, neroli atau melati.

5. Membuat Tidur Lebih Nyenyak.

Manfaat bunga kenanga yang utama adalah memberikan efek rileks pada tubuh. Kawan-kawan yang memiliki gangguan tidur atau insomnia. Sifat menenangkan yang ada di dalam bunga kenanga dapat mengurangi efek kecemasan sehingga Kawan-kawan bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Untuk mendapatkan manfaat bunga kenanga, Kawan-kawan hanya perlu meneteskan beberapa minyak esensial dari bunga kenanga ke bantal. Setelah itu, lihat reaksinya Kawan-kawan pasti akan lebih mudah memejamkan mata.

6. Menyembuhkan Sakit Kepala.

Jika Kawan-kawan merasa sakit kepala, cobalah untuk merebus kembang kenanga dan jahe yang telah diiris masing-masing +/- 15 gram bersama dengan 400 cc air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa separuhnya. Segeralah untuk meminum ramuan tersebut selagi masih dalam kondisi hangat.

7. Membantu Menyembuhkan Malaria.

Penyakit malaria ternyata juga dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari rebusan bunga kenanga yang telah dikeringkan +/- 3 kuntum dengan air bersih sebanyak 200 cc. Setelah agak dingin saring lalu minum.

8. Menghilangkan Sesak Nafas (Asma).

Gangguan sesak nafas yang terjadi akibat asma dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari rebusan kembang kenanga sebanyak 15 gram dengan 200 cc air hingga airnya hanya tersisa +/- 100 cc saja. Lakukan hal tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

9. Membantu Menyembuhkan Bronkitis.

Bronkitis atau peradangan pada saluran pernafasan dapat diatasi dengan menggunakan ramuan yang berasal dari kembang kenanga yang direbus bersama dengan umbi bunga lili yang telah kering dengan beberapa cc air. Rebus hingga kadar air rebusan hanya tinggal separuhnya saja. Konsumsi ramuan tersebut selagi masih hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

10. Membantu Menyembuhkan Batuk Rejan.

Batuk rejan atau yang biasa disebut dengan pertusis dapat diatasi dengan mengkonsumsi secara teratur ramuan yang berasal dari rebusan kembang kenanga, umbi dari bunga lili yang telah dikeringkan, serta kulit jeruk mandarin dengan beberapa cc air bersih. Rebus hingga air hanya tinggal separuhnya saja. Konsumsi ramuan tersebut selagi hangat.

11. Membantu Menyembuhkan Pneumonia.

Pneumonia adalah infeksi atau radang yang terjadi pada kantung udara di paru-paru. Kantung udara bisa berisi cairan atau nanah, menyebabkan batuk berdahak atau bernanah, demam, menggigil, dan kesulitan bernapas.

Di kawasan Pulau Mariana Utara bunga kenanga dan batangnya digunakan untuk mengobati pneumonia.

12. Mengatasi Ganguan Saluran Pencernaan.

Manfaat bunga kenanga juga bisa dirasakan saat Kawan-kawan memiliki masalah dengan saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan salah satu kandungan bunga kenanga dapat memberikan efek tenang dapat memperlancar saluran pencernaan Kawan-kawan.

Tak hanya itu, sifat anti inflamasi atau peradangan dan tinggi kandungan serat membuat bunga kenanga menjadi salah satu obat ampuh untuk mengatasi gangguan di saluran pencernaan, termasuk infeksi. Kawan-kawan hanya perlu menghirup munyak esensial dari bunga kenanga saat mengalami gangguan pencernaan.

13. Membantu Mengatasi Asam Urat.

Asam urat adalah bentuk arthritis umum dan kompleks yang dapat menyerang siapa saja. Gejalanya ditandai dengan serangan nyeri yang tiba-tiba dan parah, bengkak, kemerahan dan nyeri pada persendian, seringkali persendian di pangkal jempol kaki.

Masalah ini dapat diatasi dengan minyak esensial berbahan bunga kenanga. Cara ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat di India. Orang India juga mencoba manfaat bunga kenanga untuk mengatasi sakit kepala dan peradangan pada mata.

14. Membantu Mengatasi Rematik.

Penyakit rematik, termasuk sebagian besar bentuk artritis dan spondyloarthropathies (kondisi radang tulang belakang), biasanya menyakitkan, kronis, dan progresif, yang berarti semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Walaupun penyakit ini kebanyakan diderita oleh lansia, tetapi tidak sedikit Kawan-kawan yang masih muda juga mengalami masalah ini. Kawan-kawan tidak perlu khawatir lagi, karena masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan minyak bunga kenanga.

Selain membantu mengatasi rematik, mengoleskan minyak bunga kenanga juga dapat memberikan efek relaksasi pada Kawan-kawan

15. Membantu Penyembuhan Penyakit Kuning.

Menurut seorang pengembang Kesehatan Masyarakat di RS Bethesda, Yogyakarta, yang bernama R. Broto Sudibyo menyatakan bahwa, manfaat bunga kenanga dapat digunakan untuk membantu mengobati penyakit kuning biasa yang tidak disebabkan oleh hepatitis. Ramuan kembang kenangan tersebut hampir tidak memiliki efek samping apapun.

Caranya adalah dengan cara menyeduh +/- 3 kuntum kembang kenanga dengan air panas. Tunggu beberapa waktu hingga air seduhan tersebut menjadi dingin. Selanjutnya penderita penyakit kuning bisa meminum air seduhan tersebut +/- 1/3 gelas sebanyak 3 kali dalam sehari.

16. Untuk Mengatasi Hepatitis.

Hepatitis merupakan salah satu penyakit menular yang cukup berbahaya. Selain dengan menggunakan bantuan medis, sangatlah penting untuk melakukan pengobatan alternatif guna mengatasi gangguan tersebut. Salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari air rebusan kembang kenanga sebanyak 30 gram dengan 20 gram temulawak dan 15 gram bangle dalam 600 cc air.  Setelah air rebusan tinggal separuh dan masih dalam kondisi hangat, minum segera ramuan tersebut.

17. Mencegah Bau Badan.

Bau badan yang tidak sedap dapat diatasi dengan mengkonsumsi ramuan yang berasal dari bunga kenanga sebanyak 15 gram dan gula batu secukupnya dalam 600 cc air bersih hingga air rebusan hanya tersisa separuhya saja. Setelah disaring segeralah untuk mengkonsumsi ramuan tersebut.

18. Untuk Mengatasi Gangguan Keputihan.

Keputihan yang sangat mengganggu juga dapat diatasi dengan menggunakan ramuan yang berasal dari air rebusan bunga kenanga yang dicampur dengan kulit buah delima sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

19. Untuk Mengatasi Gangguan Saluran Kencing.

Ramuan yang berasal dari rebusan manfaat bunga kenanga sebanyak 20 gram, daun kumis kucing, sambiloto, serta daun sendok masing-masing sebanyak 30 gram yang direbus dengan 1 liter air bersih hingga airnya hanya tersisa separuhnya. Konsumsi ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.

20. Untuk Mengatasi Demam Saat Nifas.

Seorang wanita yang sedang dalam masa nifas kerap kali mengalami gangguan kesehatan seperti timbulnya demam. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan ramuan yang berasal dari kembang kenanga yang ditumbuk halus bersama dengan bahan lainnya seperti kembang turi merah, jahe, kunyit, kencur, serta asam.

Setelah halus tambahkan sedikit garam dan air bersih lalu terapkan ramuan tersebut sebagai tapal di perut atau juga bisa dioleskan sebagai obat gosok pada daerah punggung. Lakukan hal ini secara rutin 2 kali dalam sehari.

21. Membantu Mengatasi Penyakit Eczema.

Eczema atau eksim adalah kondisi yang menyebabkan kulit meradang, gatal, pecah-pecah dan kasar. Penyebab umum masalah ini adalah dermatitis atopik.

Beberapa masalah eksim dapat dikurangi dengan memberikan minyak esensial bunga kenanga. Karena sifat anti inflamasi dapat membantu meredakan iritasi kulit dan kemerahan serta mengobati eksim pada kulit.

22. Membantu Mengatasi Scabies.

Bunga kenanga juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan scabies atau yang biasa dikenal dengan sebutan penyakit kudis. Caranya adalah dengan cara mengoleskan hasil tumbukan +/- 50 gram kembang kenanga yang dipanaskan sebentar dengan minyak goreng pada kulit yang terkena gangguan tersebut.

23. Membantu Mengatasi Kulit Kering.

Ekstrak bunga kenanga yang memiliki warna hijau kekuning-kuningan biasanya digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan sabun. Biasanya digunakan untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit kita. Hal ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang memiliki jenis kulit yang kering.

24. Sebagai Bahan Luluran.

Sejak zaman dahulu, manfaat kembang kenanga telah banyak digunakan berbagai kalangan masyarakat, terutama bagi keluarga bangsawan sebagai bahan untuk perawatan tubuh, misalnya saja luluran maupun masker. Yaitu dengan cara memanfaatkan kandungan minyak yang terdapat dalam kembang kenanga untuk membantu mendapatkan kulit maupun wajah yang halus dan lembut.

25. Mengatasi Jerawat.

Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Hal ini menjadi penyebab timbulnya komedo putih, komedo atau jerawat. Jerawat paling umum terjadi di kalangan remaja, meski menyerang orang-orang dari segala usia.

Banyak cara untuk mengobati jerawat, salah satunya dengan mencoba manfaat bunga kenanga. Bahkan, beberapa orang percaya bahwa kandungan yang ada di dalam bunga kenanga dapat menyembuhkan jenis jerawat membandel dan disertai dengan kemerahan.

Kawan-kawan hanya perlu mengoleskan minyak bunga kenanga pada area kulit berjerawat untuk membantu mengeringkan jerawat membandel. Selain itu, mengoleskan minyak bunga kenanga juga bisa mengurangi efek kemerahan, membunuh bakteri dan memudarkan bekas jerawat di wajah.

26. Mencerahkan dan Meregenerasi Kulit.

Kawan-kawan juga bisa merasakan manfaat bunga kenanga untuk kecantikan kulit. Caranya, Kawan-kawan hanya perlu mencampurkan minyak bunga kenanga dengan lulur sebelum diaplikasikan pada tubuh. Setelah itu, Kawan-kawan oleskan ke seluruh tubuh sambil dipijat dan digosok dengan lembut.

Rajin mengaplikasikan campuran minyak bunga kenanga dan lulur pada kulit dapat membantu mencerahkan, meregenerasi dan membuat kulit lebih lembut. Selain itu, penambahan minyak bunga kenanga juga dapat mengurangi terjadinya iritasi pada kulit.

27. Mengatasi Gangguan Kulit Akibat Jamur.

Bunga kenanga mengandung senyawa linalool yang memiliki anti bakteri, anti jamur dan anti inflamasi. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa senyawa linalool sangat efektif untuk meredakan infeksi jamur Candida albicans.

Candida albicans adalah jamur yang dapat menyebabkan infeksi kulit, infeksi mukosa, atau infeksi sistemik, terutama pada pasien dengan gangguan kekebalan atau neutropenik.

28. Merawat Kulit Kepala Kering.

Kulit kepala kering terjadi ketika kulit kepala tidak memiliki cukup minyak untuk dilumasi. Seperti masalah kulit kering lainnya, hal ini dapat menyebabkan gatal, pengelupasan, dan iritasi. Hal ini juga dapat menyebabkan rambut terlihat kering, karena minyak dari kulit kepala membantu merawat rambut.

Jika Kawan-kawan mengalami masalah kulit kepala kering, Kawan-kawan bisa mencoba manfaat bunga kenanga. Karena bunga kenanga yang sudah diekstrak dipercaya mampu merangsang produksi minyak di kulit kepala. Sehingga, produksi minyak di rambut dapat kembali normal dan rambut bisa kembali lembap ya Kawan-kawan.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, Kawan-kawan bisa mencari shampoo yang mengandung ekstrak bunga kenanga. Kemudian aplikasikan ke kepala minimal satu kali sehari ya Kawan-kawan agar kelembaban kulit kepala bisa terjaga dan rambut selalu indah.

29. Menghaluskan Rambut.

Setiap wanita pasti ingin memiliki rambut halus dan indah ya Kawan-kawan. Biasanya Kawan-kawan akan melakukan apa saja demi mendapatkan rambut yang indah karena bagaikan mahkota bagi setiap wanita.

Nah Kawan-kawan, kalau ingin memiliki rambut halus dan berkilau, bisa mencoba manfaat bunga kenanga. Karena selain membantu mengatasi kulit kering, bunga kenanga juga dapat membantu menghaluskan rambut Kawan-kawan.

Cara juga cukup mudah, Kawan-kawan hanya perlu mengaplikasikan ekstrak bunga kenanga ke rambut secara rutin. Jangan lupa untuk memilih bunga kenanga yang sudah tua ya Kawan-kawan agar mendapat hasil yang lebih memuaskan.

Efek Samping dari Bunga Kenanga.

Walaupun memiliki banyak manfaat, tetapi bunga kenanga juga mengandung allergen seperti isoeugeniol. Senyawa ini disebutkan dapat menyebabkan iritasi pada kulit bagi orang yang rentan terhadapnya.

Selain itu, ekstrak bunga kenanga juga harus dijauhkan dari binatang peliharaan. Karena terdapat kadungan racun yang berbahaya bagi anjing dan kucing, sehingga Kawan-kawan harus menjauhkan dari peliharaan agar mereka tidak menghirup atau menjilatnya.

Bunga kenanga dianggap aman bila digunakan sebagai bahan tambahan makanan. Namun, jika Kawan-kawan alergi terhadap bahan-bahannya, sebaiknya harus dihindari.

Demikianlah manfaat bunga kenanga untuk kesehatan dan kecantikan berserta efek sampingnya yang dikumpulkan dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Komentar